Ngeri, Make Up yang Biasa Kita Pakai Sehari-hari ini Penyebab Kanker

Penulis Arief Prasetyo | Ditayangkan 07 Feb 2020

Ngeri, Make Up yang Biasa Kita Pakai Sehari-hari ini Penyebab Kanker

Kanker akibat make up - Image from facebook.com

Pingin cantik, malah membuat kulit membusuk

Memang sih cantik itu perlu supaya suami tak lirik-lirik wanita lain, tapi jika dengan menggunakan kosmetik yang salah bisa berakibat buruk. Hati-hati pemilihan kosmetik untuk kulit. Mending pakai air wudhu lebih alami dan cantiknya juga awet

Sejak dulu hingga sekarang, baik pria maupun wanita selalu menggunakan make up alias kosmetik guna tampil lebih menawan.

Saat ini, konsumen disediakan dengan banyaknya pilihan produk kosmetik, sehingga kita tak perlu lagi khawatir.

Pasalnya, kita dapat memperhatikan komposisi produk-produk yang akan kita pakai, sehingga kita dapat meninggalkan beberapa produk yang dianggap memberikan efek alergi pada tubuh.

Kondisi ini berbeda dengan orang-orang pada abad ke 20, yakni sekitar tahun 1901-2002.

Pada abad ke-20, radium yang merupakan bahan kimia dengan tingkat radioaktivitas tinggi, banyak sekali digunakan dalam berbagai produk.

Saat itu radium digunakan dalam produk-produk mulai dari cat, makeup, perawatan spa, coklat, hingga mainan dianggap aman, meski memiliki efek berbahaya.

Hal itu jelas memberi keuntungan bagi pihak produsen, jauh sebelum diketahui konsekuensi dan bahayanya yang serius.

Ya radium juga membawa dampak, selain para konsumen, yang paling menderita paparan radium adalah para gadis yang bekerja di pabrik bersangkutan.

Baca Juga:

Terdapat Banyak Efek Mengerikan dan Menyakitkan dari Paparan Radium seperti Berikut:

1. Pembusukkan Gigi

Kondisi yang paling sering dilaporkan dari paparan radium selama paruh pertama abad ke-20 selalu melibatkan gigi dan persendian. 

Para wanita pabrik mengalami sakit di mulut, gigi mereka membusuk sampai jatuh dan harus ditarik oleh dokter gigi. Tubuh mereka membusuk dari dalam.

2. Tulang rahang copot

Banyak pekerja pabrik yang harus menjalani operasi gigi, namun saat gigi mereka dicabut, rahang yang membusuk seketika terlepas. 

Beberapa dokter berpikir bahwa rahang yang membusuk adalah karena infeksi yang terkait dengan gigi. Pada tahun 1924, seorang dokter gigi New York, Theodor Blum, adalah yang pertama menghubungkan radium rahang dengan penyakit para wanita pabrik.

3. Tulang mudah patah

Paparan radium yang berkepanjangan menyebabkan tulang semakin melemah yang memudahkannya untuk hancur atau patah. Banyak orang akhirnya menjadi cacat karena tidak dapat menopang berat badan mereka sendiri.

4. Kanker Tulang

Kanker sumsum tulang, atau multiple myeloma, terjadi pada beberapa kasus paparan radium.

5. Kematian atau kecacatan pada bayi

Menimbulkan kecacatan pada bayi pada 1925, salah seorang pekerja pabrik, bayi yang dilahirkan Albina Larice dilaporkan selalu meninggal. Perempuan lainnya, Irene Corby LaPorte bekerja mengalami tiga keguguran selama tahun 1920-an. 

loading...