Viral Video Penculikan Anak dalam Karung di Bekasi, Ini Fakta Sebenarnya

 14 Jan 2020  Arief Prasetyo

Viral Video Penculikan Anak dalam Karung di Bekasi, Ini Fakta Sebenarnya

Viral Video Penculikan Anak dalam Karung' di Bekasi, Ini Kata Polisi - Image from news.detik.com

Video anak diculik di masukkan karung gemparkan warga Bekasi

Dari video tersebut terlihat anak yang sedang bermain kemudian ada seseorang yang tiba-tiba memasukkan ke karung. Warga Bekasi digegerkan dengan viralnya video itu, namun setelah diselidiki ini yang sebenarnya terjadi.

Sebuah video tentang seorang pria yang diduga penculik anak menggegerkan warga Bekasi, Jawa Barat, dan menjadi viral di media sosial. Dalam narasinya, pelaku disebut-sebut menculik korban yang sedang bermain dan memasukkannya dalam sebuah karung.

Kasubag Humas Polres Metro Kota Bekasi Kompol Erna Ruswing memastikan informasi tersebut keliru. Erna menyebut pihak kepolisian telah mengecek ke lokasi dan bertemu dengan orang tua anak tersebut.

"Ada pernyataan (dari) Polsek Bekasi Kota, Kanit Reskrimnya mengecek ke lokasi TKP dan langsung bertemu orang tua anak tersebut, bahwa anaknya dalam (keadaan) sehat-sehat dan tidak ada permasalahan. Yang katanya dia (korban) dimasukkin dalam karung itu bohong," kata Kompol Erna dalam keterangannya, Senin (13/1/2020).

Meski begitu, Erna tidak mengetahui kejadian apa yang ada di video tersebut. Erna juga belum bisa memastikan apakah video itu adalah kejadian baru atau kejadian lama yang sengaja diviralkan kembali.

Dalam video yang beredar, tampak seorang pria bertelanjang dada sedang diinterogasi warga. Tangan pria itu terikat di belakang tubuhnya. Pria itu dituding sebagai pelaku penculikan.

"Dibawa ke Polsek aja nih. Makin banyak nih massa," sebut seseorang dalam video tersebut.​
Dalam video itu, juga terdengar suara warga lainnya.

"Lah dia ngerayu bocah pake apa?," kata seorang warga.

Kemudian salah seorang warga datang menghampiri pria diduga pelaku. Ia lantas memukul wajah pria diduga pelaku itu dengan tangan kanannya, namun langsung dicegah oleh warga lainnya.

Baca Juga:

Video itu tersebar dengan pesan berantai. Namun, dalam pesan berantai itu, disebutkan bahwa pelaku adalah seorang ibu yang membawa karung, bukan pria seperti dalam video yang beredar bersama dengan pesan berantai itu. Berikut isi pesan berantai itu:

Kronologisnya si anak habis makan lalu maen di depan rumahnya tiba-tiba udah ga ada keberadaannya, lalu ibu si anak mencarinya sehingga keadaan menjadi ramai, ada seorang ibu-ibu bawa karung dengan jalan tergesa-gesa sehingga menjadi kecurigaan para warga, pas ternyata benar saja anak tersebut sudah berada di karung yang dibawa si ibu tersebut, karna anak yg di dlm karung tersebut bergerak sehingga para warga mengejar dan si pelaku membuang karung yang berisi anak tersebut, demi menyelamatkan dirinya tetapi karna warga begitu banyak sehingga pelaku tertangkap dan diinterogasi oleh warga setempat.disaat mau di bawa ke polsek kranji lalu si ibu pelaku tersebut menunjuk se orang bapak yg sudah menunggu di kendaraan klo dia merupakan rekan nya sehingga dengan segera di kepung oleh warga dan di bawa ke polsek

Diberitahukan kepada seluruh warga kranji yang memiliki anak kecil harap berhati hati tadi telah terjadi penculikan anak di wilayah rt.04 rw.03 dan tadi penculik nya tertangkap dan pelaku berjumlah 2 orang yg 1 perempuan sebagai penculiknya 1 lagi yang menunggu di jalan dengan memakai kendaraan.

sekarang ini pelaku sudah berada di polsek kranji.demikian informasi saya sampaikan.sekali lagi harap berhati hati bagi rekan rekan yang memiliki anak kecil harap di pantau saat bermain di lingkungannya.