Awas, Makan Durian Dengan Cara ini Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Penulis Arief Prasetyo | Ditayangkan 13 Jan 2020

Awas, Makan Durian Dengan Cara ini Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Meninggal akibat makan duren - Image from kajanglako.com/

Kapan makan durian bis jadi berbahaya?

Ada sejumah kondisi yang ternyata bisa membuat makan durian menjadi berbahaya. Kapan tepatnya? Mari kita simak penjelasannya berikut ini

Di pinggir-pinggir jalan kini berjejer penjual buah dengan kulit berduri ini. Namun, beberapa orang mengatakan menyantap buah berdaging putih atau kuning itu bisa membahayakan lambung apabila dimakan dalam keadaan perut kosong.​

Menanyakan hal ini kepada akademisi dan praktisi klinis dokter Ari Fahrial Syam. Dia mengatakan bahwa hal itu tergantung dari kondisi kesehatan lambung orang tersebut.

"Kalau memang pasien sedang serangan akut, lagi sakit mag-nya kambuh, begah, itu memang tidak dianjurkan makan duren," kata Ari ditemui di Gedung IMERI FKUI Jakarta Pusat pada Jumat.

Baca Juga:

Makan Durian Berlebihan Bisa Kena Serangan Jantung

Awas, Makan Durian Dengan Cara ini Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Makan duren - Image from Facebook

Ari mengatakan, buah durian memang mengandung gas. Sehingga, tidak direkomendasikan pada orang-orang dengan kondisi tertentu. 

Namun, apabila orang tersebut memiliki kondisi lambung yang tenang, boleh-boleh saja menyantap buah dengan aroma khas nan tajam ini.

"Tapi tetap tidak boleh berlebihan. Karena tetap durian mengandung gas. Tapi kalau orangnya tenang dan baik tapi kalau makan berlebihan, memicu gasnya bisa juga jadi makin kambuh," kata pria yang juga Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo ini.

Ari mengatakan tidak ada makanan atau minuman tertentu yang harus disertakan ketika makan durian agar tubuh terhindar dari masalah. 

Namun, hindari mengonsumsi durian secara berlebihan. Lalu, hindari juga mengonsumsi buah ini dengan makanan lain tinggi kalori.

"Durian itu kan kalorinya tinggi. Jadi, ada pasien-pasien yang mengalami stroke, serangan jantung, setelah makan durian banyak," kata Ari.

Menurutnya, hal ini bisa terjadi ketika seseorang makan durian berlebihan, lalu mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam waktu singkat.

"Beban jantung jadi keras untuk bekerja, dalam kalori yang masuk tersebut. Akhirnya ya tadi, peningkatan jalur gula darah tinggi naik, bisa serangan jantung. Itu yang bahaya dari makan durian berlebihan," kata Ari menambahkan.

SHARE ARTIKEL