Terungkap Penyebab Banjir Lumpur yang Menerjang 200 Rumah di Bondowoso

Penulis Arief Prasetyo | Ditayangkan 30 Jan 2020

Terungkap Penyebab Banjir Lumpur yang Menerjang 200 Rumah di Bondowoso

Banjir lumpur Bondowoso - Image from senayanpost.com

Kalau sudah begini apa masih menyalahkan orang lain?

Kalau tidak dari kita sendiri mau dari siapa lagi, kalau sudah begini tak mau disalahkan, melimpahkan kesalahan ke orang lain. 

Pemicu terjadinya banjir lumpur yang menerjang perkampungan di lereng Gunung Ijen, disebut dipicu hutan gundul akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lereng gunung itu pada medio 2019 lalu.

Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Kedaruratan BPBD Bondowoso Ayib Rasyidi mengatakan, banjir yang melanda dua dusun di Desa Sempol, Kecamatan Ijen itu, diawali dengan hujan deras yang terjadi di wilayah hulu.

Wilayah hulu yang dimaksud adalah kawasan Pegunungan Ijen. Di sana, pada Tahun 2019 kemarin terjadi kebakaran hutan dan lahan dengan dampak ratusan hektar, sehingga hutan menjadi gundul.

Baca Juga:

Terungkap Penyebab Banjir Lumpur yang Menerjang 200 Rumah di Bondowoso

banjir lumpur bondowoso - Image from facebook.com

"Hutan yang gundul di wilayah Pegunungan Ijen menjadi faktor terjadinya banjir bandang di Desa Sempol, Kecamatan Ijen," sebut Ayib, Rabu (29/1/2020) malam.

Berdasarkan data yang dimiliki BPBD Bondowoso, di kawasan Pegunungan Ijen diguyur hujan dengan intensitas lebat terjadi sejak, Selasa (28/1/2020) kemarin. Disusul dengan hujan deras yang terjadi siang tadi.

"Dari data yang kami terima di kawasan hulu, terjadi hujan lebat mulai kemarin. Ditambah hujan yang cukup deras siang tadi, sehingga tanah tergerus air dan terbawa air ke rumah-rumah warga," ungkapnya.

Akibat banjir lumpur itu, 200 hingga 250 kepala keluarga (KK) terdampak. Beberapa mengungsi ke rumah tetangga dan keluarga. 

Sementara petugas gabungan dari BPBD, Polri, TNI, Basarnas, pemerintah daerah setempat hingga relawan telah mendirikan posko tanggap bencana dan menyiapkan tempat pengungsian warga.

Tonton videonya berikut ini: 

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb