HP Cepet Panas? Begini Cara Mudah Mengatasinya

Penulis Arief Prasetyo | Ditayangkan 03 Jan 2020

HP Cepet Panas? Begini Cara Mudah Mengatasinya

11 Tips Ampuh Mengatasi Hp yang Cepat Panas - Image from www.internettelefonie.net

Cuman buat whatsapp saja HP sudah panas?

Gunakan saja cara ini, mudah banget pasti semuanya bisa, pasti HP yang panas bisa teratasi

Smartphone memang sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap orang, apalagi sejak diluncurkannya aplikasi android pada smartphone.

Hal ini ditunjukkan pada peran smartphone android bagi para pengguna, tak hanya berfungsi untuk melakukan komunikasi seperti handphone-handphone biasa, tetapi juga kini melakukan aktivitas-aktivitas online, browsing, chatting, gaming, dan lain sebagainya menjadi lebih simple

Baca Juga:

Kamu pun tahu bahwa hampir semua orang sudah memiliki smartphone android dari merek dan tipe yang berbeda-beda.

Namun, sebagai pengguna smartphone android, salah satu kendala yang paling sering menjadi keluhan adalah smartphone android cepat panas.
Jangan khawatir ada beberapa cara untuk mengatasi smartphone android yang cepat panas, seperti berikut ini : 

1. Jangan Terlalu Ekstrim Dalam Menggunakan Smartphone Android

Pemakaian tidak wajar pada smartphone android akan menyebabkan smartphone cepat panas, misalnya browsing, streaming, downloading, chatting, gaming, dan lain-lain dalam waktu bersamaan. 

Penggunaan ekstrim smartphone android akan banyak memakan RAM sehingga smartphone akan cepat panas.

Kamu boleh melakukan browsing, streaming, downloading, chatting, dan lain sebagainya, tetapi kamu juga perlu memperhatikan kondisi smartphonemu. 

Jangan terlalu banyak melakukan aktivitas yang bisa membebani kinerja smartphone.

2. Uninstall Aplikasi Smartphone Android Yang Tidak Diperlukan

Terlalu banyak menginstall aplikasi di smartphone android tidak hanya mengurangi kapasitas memory, tetapi juga bisa menyebabkan smartphone cepat panas. 

Misalnya, beberapa aplikasi yang bekerja saat terhubung internet atau terjadi update aplikasi secara bersamaan, maka akan menyebabkan RAM smartphone android bekerja lebih dan menyebabkan cepat panas. 

Untuk itulah, silahkan unistall beberapa aplikasi yang tidak diperlukan.

3. Matikan Aplikasi Yang Kurang Diperlukan

Adakalanya kamu membutuhkan beberapa aplikasi yang tidak setiap hari kamu gunakan. Jadi, untuk menghemat kinerja RAM smartphone android, kamu tidak perlu uninstall aplikasi-aplikasi tersebut, cukup dipaksa berhenti bekerja.

Artinya, aplikasi bisa digunakan jika hanya diperlukan saja tetapi tidak membebani kinerja RAM setiap harinya. Untuk melakukannya, kamu bisa menyetting apps pada smartphone androidmu.

4. Segera Tutup Aplikasi Yang Masih Bekerja di Balik Layar

Terkadang kamu lupa untuk menutup aplikasi-aplikasi yang sudah digunakan, aplikasi-aplikasi ini pastinya masih bekerja di balik layar. 

Nah, agar kinerja RAM tidak terbebani dan menyebabkan smartphone android cepat panas, pastikan untuk menutup setiap aplikasi sesudah kamu gunakan.

5. Sering-seringlah Melakukan Analisis Penggunaan Baterai

Selanjutlah, cobalah untuk sering mengecek kondisi baterai di smartphone androidmu dengan melakukan analisis penggunaan baterai. 

Ini sangat baik untuk mengetahui apa masalah yang menyebabkan baterai cepat terkuras dan juga penyebab smartphone cepat panas.

Biasanya, akan ada peringatan dan solusi untuk mengatasi masalah baterai, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sudah ditentukan system smartphonemu, misalnya menutup aplikasi berjalan, scanning, dan lain-lain.

Baca Juga:

6. Jangan Gunakan Smartphone Android Dalam Kondisi Charging

Ketika kamu sedang melakukan charging baterai, pastinya kondisi smartphone androidmu lebih panas dari biasanya.

Untuk itulah, jangan menambah panas ketika smartphone android dalam kondisi charging.

Selain itu, penggunaan smartphone android dalam kondisi charging juga dapat menyebabkan baterai mudah rusak dan tidak tahan lama.

7. Sebaiknya Jangan Overclock

Overclock adalah sitilah yang digunakan sebagai cara untuk meningkatkan kecepatan smartphone melebihi standar. 

Memang menarik, tetapi overclock justru menyebabkan penggunaan daya baterai lebih banyak dan menyebabkan smartphone cepat panas.

8. Putus Koneksi Internet 

Langkah ini cukup ampuh untuk meredakan panas pada smartphone android, yaitu memutus koneksi internet baik dari mobile data maupun wifi. 

Ketika smartphone android terhubung internet, pasti banyak aplikasi yang bekerja secara otomatis meskipun kamu tidak menggunakannya, misalnya Google Play Store, Google Map, GPS, aplikasi media sosial, update beberapa aplikasi secara bersamaan, dan lain-lain. 

Belum lagi jika kamu melakukan aktivitas online lainnya di smartphonemu.

Tentu saja hal itu akan menyebabkan RAM bekerja lebih maksimal dan menyebabkan panas pada smartphone android. Jika hal itu terjadi, segeralah untuk memutuskan koneksi internet pada smartphone androidmu. 

Kamu juga bisa memutus koneksi internet ketika kamu tidak menggunakan smartphone, misalnya ketika bekerja dan tidur, untuk menurunkan kinerja RAM ketika smartphone tidak digunakan.

9. Jangan Meletakkan Smartphone Android di tempat Yang Panas 

Kondisi lingkungan juga bisa menjadi penyebab smartpne android mudah panas. 

Jadi, jangan meletakkan smartphone android pada tempat yang panas karena akan berpengaruh pada kondisi panas smartphone android, misalnya meletakkan smartphone di bawah terik matahari, di dekat api, dan lain-lain.

10. Kondisi Sinyal Internet Yang Tidak Stabil

Kondisi sinyal internet tidak stabil (sinyal naik turun) juga menjadi penyebab smartphone android cepat panas. Biasanya, ini paling sering terjadi ketika kamu melakukan perjalanan, apalagi kamu sedang berada di tempat yang sulit dijangkau sinyal. 

Solusi ampuh untuk mengatasi panas karena sinyal internet tidak stabil adalah dengan memutuskan koneksi internet.

Baca Juga:

11. Istirahatkan Smartphone Untuk Beberapa Saat

Langkah paling ampuh untuk mengatasi panas pada smartphone android adalah mematikan smartphone untuk beberapa saat kemudian membukannya kembali.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb