6 Efek Mengerikan Pakai Skincare Palsu, Bukan Cantik Malah Bikin Jijik

Penulis Arief Prasetyo | Ditayangkan 08 Jan 2020

6 Efek Mengerikan Pakai Skincare Palsu, Bukan Cantik Malah Bikin Jijik

Putih Instan tapi Bahaya, Ini Efek Samping Pakai Krim Mengandung Merkuri - Image from www.boombastis.com

Awas bukannya cantik malah ancur

Zaman sekarang wanita ingin tampil cantik tapi maunya pakai cara instan biar cepat putih dan cantik, Mereka rela membeli alat make up dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Padahal banyak dari alat make up yang ternyata mengandung bahan berbahaya, bukan malah cantik tapi malah bikin jijik ...

Banyak sekali wanita Indonesia yang ingin punya kulit putih. Well, Ladies kulit putih bukan takaran seseorang cantik.

Kulit sehat dan bersih jauh lebih penting daripada putih. Sayangnya masih banyak yang ingin putih dengan cara instan. Karena itu krim yang mengandung merkuri masih sangat disukai dan dipakai banyak wanita.​

Ladies, krim yang mengandung merkuri memang memberikan hasil yang lebih cepat. Hanya dalam seminggu atau dua minggu, kulit sudah terlihat putih, jerawat hilang, kulit tampak halus dan pori-pori mengecil.

Hasil instant ini membuat banyak wanita puas dan merekomendasikan kosmetik yang sesungguhnya berbahaya pada orang lain. Mereka tak tahu bahwa kosmetik mengandung merkuri ini sangat mengancam kesehatan.

Sekecil apapun jumlah merkuri yang masuk ke dalam tubuh, maka akan menjadi racun. Merkuri yang dioleskan pada kulit dapat diserap kulit dan masuk ke dalam peredaran darah.

Efek samping pemakaian merkuri pada kulit adalah perubahan warna, bintik hitam, iritasi, kemerahan, bahkan kerusakan permanen susunan kulit, saraf, otak, ginjal dan gangguan perkembangan janin.

Baca Juga:

Efek jangka panjang dari merkuri adalah rusaknya ginjal dan menyebabkan kanker. Seram banget kan Ladies?

Awalnya, krim mengandung merkuri ini memang terasa manjur dan membuat kulit tampak putih dan sehat.

Tetapi lama-kelamaan, kulit dapat menghitam dan menyebabkan jerawat parah. Jangan semabrangan dalam memilih skincare Ladies. Selalu utamakan keamanannya untuk kesehatan kulit dan tubuhmu.

Tapi memang lebih baik mengetahui fakta efek mengerikan kosmetika bermerkuri sekarang juga daripada menyesal di kemudian hari. Berikut ini ulasannya :

1. Iritasi Dan Inflamasi Kulit

Efek yang paling sering ditimbulkan adalah ruam kemerahan. Wajah mungkin akan terlihat cerah, namun saat bertemu sinar matahari, wajah bisa merah seperti udang, bahkan keunguan seperti lebam.Ini bisa terjadi sebagai efek rebound di mana ketika pemakain dihentikan, kulit akan jadi kemerahan.

Selain itu, paparan sinar matahari bisa bereaksi pada kulit hingga kemerahan disebabkan oleh lapisan kulit yang sebenarnya mulai menipis. Lama kelamaan bisa terjadi iritasi dan inflamasi yang dalam beberapa kasus membuat kulit terasa panas

2. Purging

Yang lebih mengerikan adalah ketika kulit super sensitif bertemu dengan krim kosmetika bermerkuri. Akibatnya bisa menjadi purging ekstrim di mana wajah seketika muncul banyak bentol. Beberapa di antaranya bahkan berair. Selain membuat wajah rusak juga terasa tidak nyaman.

Purging tidak hanya bisa menimpa wajah yang sensitif, tapi juga pada mereka yang punya kulit normal atau kulit ‘badak’ sekalipun. Bila ini terjadi, bisa dibayangkan seberapa kuat merkuri (dan bahan kimia lainnya) yang digunakan dalam kosmetik tersebut.

3. Fakta di Balik Kulit Yang Halus

Kosmetika bermerkuri memang memiliki keajaiban berupa mencerahkan wajah dalam waktu yang relatif cepat, 1-4 minggu. Tapi, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Di balik flek hitam yang menghilang dengan cepat, bisa kembali muncul lagi dengan ukuran yang lebih besar dan warna yang lebih gelap.

Selain itu ketika kulit kelihatan sudah mulus dan cerah, sebenarnya lapisan kult Anda mulai menipis. Anda baru bisa merasakan efeknya ketika kulit mulus itu terkena sinar matahari.

Berbeda dengan kulit cerah yang sehat, kulit putih bermerkuri terlihat merah seperti iritasi sementara kulit sehat cenderung stabil dan kemerahannya wajar. Pada dasarnya kecantikan itu bukan hanya pada hasil, tapi juga proses penyehatan kulit yang benar.

Baca Juga:

4. Kanker Kulit

Ketika kulit sudah tidak mampu mengelola dan menyehatkan dirinya sendiri akibat kerusakan yang ditimbulkan kosmetika bermerkuri, kanker lebih rentan terjadi. Apalagi bila kulit terlalu lama mengalami masalah seperti luka dan infeksi.

Kanker kulit terjadi bisa dimulai dari bentolan yang mirip dengan jerawat atau keloid. Umumnya kanker kulit sebenarnya sering menyerang orang tua. Namun karena penggunaan kosmetika masa kini yang makin beragam unsurnya, membuat siapapun bisa terkena resiko penyakit ini.

5. Menyebabkan Keguguran

Sebagai wanita, waspadalah dengan efek jangka panjang merkuri. Zat ini mungkin tidak mempengaruhi kulit Anda, namun bisa jadi mengendap dalam tubuh selama bertahun-tahun dan menjadikan wanita sulit punya anak.

Hal ini karena kandungan merkuri bisa menyebabkan seorang wanita kerap keguguran. Logam berat mempengaruhi calon janin sehingga bisa menyebabkan masalah mulai dari cacat lahir hingga kematian sebelum dilahirkan. Oleh karena itu banyak yang menyarankan agar kita lebih aware dengan kosmetika yang kita gunakan.

6. Gejala Serius

Ada juga beberapa gejala serius yang bisa ditimbulkan. Meski sepele, namun kosmetika bermerkuri bisa membuat kita merasa sakit kepala, kejang-kejang, mengalami kerusakan ginjal, serta adanya kemungkinan sesak nafas berat yang menimbulkan kematian.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb