Untuk Menghapus DOSA, Allah Memberikan 5 Kesusahan Ini Kepada Manusia.

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 21 Jun 2016
Untuk Menghapus DOSA, Allah Memberikan 5 Kesusahan Ini Kepada Manusia.
Penghapus dosa
Setiap manusia dibumi pasti tidak luput dari dosa, bahkan dikisahkan nabi Adam as karena dosanya (terbujuk rayu setan), diturunkan ke bumi. Bila Allah memberikan ujian berupa 5 hal berikut ini dilansir laman palingyunik.blogspot.co.id kepada kita, maka menjadi hal wajar, karena itu merupakan suatu berkah yang dapat menghapuskan dosa dosa kita,

Meskipun diantara hal-hal yang tidak menyenangkan tersebut, ada 5 kesusahan yang sengaja diberikan Allah SWT untuk menghapuskan dosa-dosa manusia. Oleh sebab itu kita harus bersabar dalam menghadapinya.Lalu apa sajakah 5 kesusahan tersebut ? Berikut ulasannya.

Dalam sebuah riwayat hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah menimpa seorang muslim kelelahan, sakit, kekhawatiran, gangguan, kesedihan dan duka, sampai pun duri yang mengenai dirinya, kecuali Allah SWT akan menghapus dengannya dosa-dosanya." (Muttafaqun Alaih)

Sehingga dari hadits riwayat ini bisa kita ketahui bahwa 5 kesusahan yang diberikan Allah SWT untuk menghapus dosa-dosa manusia di masa lampau adalah,

Baca Juga : MENGAPA LANGIT DAN BUMI MENANGIS DI AKHIR BULAN RAMADHAN?

1. Kelelahan

Kesusahan pertama yang diberikan Allah SWT kepada manusia adalah merasa lelah. Terlebih lagi ketika seseorang telah bekerja sekian lama tanpa istirahat. Tentunya ia akan merasakan kelelahan yang teramat sangat. Bahkan kelelahannya tersebut membuat ia sulit untuk melakukan kegiatan lainnya.

Namun yakinlah, Allah SWT akan menghapuskan dosa-dosa di masa lampau apabila kita mampu bersabar menghadapi kelelahan yang melandanya. Bahkan setiap keringat yang dikeluarkan dalam hal-hal yang syar'i akan bernilai ibadah dimata Allah SWT.

2. Sakit

Kesusahan kedua yang diberikan Allah SWT kepada manusia adalah merasakan sakit. Hal ini merupakan hal yang lumrah terjadi dalam kehidupan. Tidak ada satu manusiapun yang tidak pernah merasakan sakit. Bahkan rasa sakit yang Allah SWT berikan terasa begitu sangat menyiksakan. Sehingga apabila kita mampu bersabar dan tidak mengeluh atas penyakit tersebut, maka dosa-dosa yang kita lakukan akan digugurkan oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, ketiksa sakit maka bersabarlah sambil terus mencari penawarnya.

3. Kekhawatiran

Kesusahan selanjutnya yang diberikan Allah SWT adalah muncul rasa kekhawatiran. Kekhawatiran apabila tidak segera diatasi dengan baik, maka bisa berakibat fatal. Oleh sebab itu, serahkanlah segala urusan kepada Allah SWT. Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha dan berdoa, hasilnya biarlah Allah SWT yang akan menentukan. Dengan demikian, hati akan menjadi lebih tenang sebab apa yang Allah SWT berikan adalah yang terbaik bagi hamba-Nya.

4. Gangguan-gangguan

Kesusahan yang juga diberikan Allah SWT kepada manusia adalah munculnya gangguan-gangguan dalam kehidupan. Gangguan ini bisa datang dari berbagai sisi. Bahkan disaat kita melakukan hal yang baik sekalipun, selalu ada saja gangguan yang akan menghalang-halangi. Sehingga apabila kita mampu bersabar dan yakin, maka hal tersebut bisa teratasi. Selain itu, dosa-dosa pun berguguran.

Baca Juga : SUBHANALLAH : 4 Golongan Manusia Ini Berebut MASUK SURGA DAN TANPA HISAB

5. Kesedihan

Kesulitan terakhir yang Allah SWT berikan kepada manusia untuk menghapuskan dosa-dosanya adalah berupa kesedihan. Tidak ada seorang pun yang tidak pernah merasakan kesedihan. Namun tidak ada segala kesedihan dan duka yang menimpa seorang manusia melainkan sebuah ujian dari Allah SWT.

Setiap manusia tentunya mendambakan kehidupan yang menyenangkan, penuh ketenangan, ketentraman dan kebahagiaan. Tidak ada satu orang manusia pun yang ingin merasakan kesusahan di dalam hidupnya.

Akan tetapi tidak selamanya hal-hal yang menyenangkan akan terus terjadi dalam kehidupan manusia. Sebab ada kalanya manusia harus merasakan hal-hal yang tidak menyenangkan dalam hidupnya sebagai pembelajaran.

Dalam hal ini kita hanya perlu menyikapinya dengan bijak dan penuh kesabaran. Dengan demikian, semoga segala dosa-dosa yang telah diperbuat akan dihapuskan oleh Allah SWT.

Meskipun bukanlah hal yang menyenangkan, namun kita harus bisa bersabar dalam menghadapinya. Sebab hal ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah SWT kepada hamba-Nya.
SHARE ARTIKEL