Tingkatan Serta Penjelasan Surga dan Neraka

 01 Oct 2019  Taufiq F

Tingkatan Serta Penjelasan Surga dan Neraka

Tingkatan surga dan neraka - Image from kudapanpagi.wordpress.com

Kehidupan dunia hanyalah sementara. Sebab kehidupan yang kekal abadi berada di akhirat kelak. Dimana terdapat syurga Allah dan neraka sebagai tempat kembalinya manusia berdasarkan amal ibadah yang diperbuatnya semasa di dunia.

Mendengar kata surga dan neraka, menjadi hal yang tidak asing lagi, namun mungkin masih banyak yang belum memahami penjelasan surga dan neraka dan bagaimana gambaran surga serta gambaran kehidupan di neraka.

Antara surga dan neraka memiliki peran yang cukup berbeda, secara umum jika surga Allah merupakan tempat orang beriman dan neraka tempat orang berdosa. Tetapi tidak itu saja.

Meski manusia sekarang mengetahui pasti secara nyata bagaimana keadaan didalam surga atau neraka. Namun kali ini wajib baca akan menjelaskan lebih dalam mengenai gambar gambar surga dan neraka dan penjelasan tentang surga dan neraka.

Penjelasan Tentang Surga dan Neraka

Apa itu surga dan neraka? Surga Allah SWT diperuntukkan bagi orang-orang yang senantiasa menjalankan kewajibannya, maka sebaliknya neraka diperuntukkan bagi orang-orang yang lalai dan gemar berbuat maksiat.

Selain itu surga dan neraka merupakan salah satu ciptaan Allah SWT yang paling awal. Bahkan jauh sebelum manusia diciptakan, surga dan neraka terlebih dahulu ada.

Ada rahasia dibalik penciptaan surga dan neraka. Bahkan malaikat jibril pun merasa khawatir dengan adanya tersebut, lantas apa rahasia tersebut?

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda bahwa, "Ketika Allah SWT menciptakan surga dan neraka, ia mengutus Malaikat Jibril untuk melihat surga. Dimana Allah SWT berfirman, "Lihatkah surga dan lihatlah apa saja yang telah aku sediakan untuk para calon penghuninya".

Maka malaikat Jibril pun mendatangi surga, kemudian ia melihat ke surga dan kepada apa yang telah Allah SWT sediakan untuk para calon penghuninya. Kemudian malaikat Jibril kembali kepada Allah SWT dan berkata "Demi keperkasaan MU, tidak ada seorang pun yang mendengar tentang surga kecuali dia pasti ingin memasukinya."

"Kemudian Allah SWT memerintahkan agar surga dikelilingi oleh hal-hal yang dibenci, kemudian Allah SWT kembali berkata kepada malaikat Jibril. "Kembalilah ke surga dan lihatlah serta lihat pula apa yang telah aku sediakan bagi para calon penghuninya."

Lantas malaikat Jibril pun kembali ke surga, saat itu surga telah dikelilingi oleh perkara yang tidak disukai. Kemudian ia kembali kepada Allah SWT dan berkata "Demi Keperkasaan Mu, sungguh aku takut kalau tidak akan ada seorang pun yang mau memasukinya".

Dengan demikian indahnya surga sebab dikelilingi oleh perkara-perkara yang tidak disukai oleh hawa nafsu, seperti kewajiban sholat, berpuasa, berzakat, dll.

Hal inilah yang menjadi rahasia dibalik penciptaan neraka dan surga menurut islam. Dimana pada awalnya surga merupakan sebuah tempat dengan segala keindahan dan kenikmatan, namun dipenuhi dengan segala kewajiban yang dibenci oleh hawa nafsu sebagai syarat masuk bagi calon penghuninya.

Sementara itu neraka dipenuhi dengan perkara-perkara yang disenangi oleh hawa nafsu. Sehingga sekalipun di dalamnya terdapat siksaan dan azab yang pedih, namun hal tersebut diabaikan oleh para calon penghuninya.

Baca Juga :
1. MasyaAllah, Begini Gambaran Surga Firdaus yang Tertera Dalam Al Qur'an
2. Sabda Rasulullah: "Disini Sudah Jelas Siapa Ahli Surga dan Neraka Karena 50.000 Tahun Lalu Sudah Ditetapkan"

Maka dari itu dalam surah Ali Imran ayat 133 Allah SWT berfirman:"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa".

Gambaran Surga Menurut Islam

Tingkatan surga

Luas syurga Allah SWT seperti langit dan bumi. Di dalamnya terdapat aneka pohon dan buah. Ada surga yang bening, ada istana bertingkat dan dengan singgasana dan ranjang emas permata itulah sedikit gambaran tentang surga dan gambaran surga firdaus menurut islam, ada 8 tingkatan surga yang dijelaskan dalam Al Quran sebagai berikut:

1. Surga Firdaus

Bayangan surga atau gambaran surga firdaus ini terbuat dari emas, penghuninya adalah orang-orang yang memelihara sholatnya, menjaga lisannya, gemar membayar zakat, menjaga kemaluannya. Foto surga firdaus hanya dalam angan saja karena memang belum ada yang tau pasti bagaimana gambar surga yang asli.

Baca : Allah Akan Jamin Kamu Masuk Surga Firdaus, Jika Kamu Memiliki 6 Ciri ini

2. Surga Adn

Keindahan surga Allah SWT ini diciptakan dari intan putih sebagaimana firman Allah SWT "Yakni surga Adn yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, didalamnya mereka kekal, dan itulah merupakan balasan bagi orang yang dalam keadaan bersih saat di dunianya dari berbagai dosa".

3. Surga Na'iim

Gambaran surga islam Na'iim diciptakan dari perak putih, yang dihuni orang-orang beriman dan mengerjakan amal shaleh ada di dalam surga yang penuh kenikmatan.

4. Surga Ma'wa

Surga Ma'wa diciptakan dari zamrud hijau. Dalam surah As Sajdah menegaskan "Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, maka bagi mereka mendapat surga-surga tempat kediaman, merupakan pahala pada apa yang telah mereka kerjakan"

Baca : 5 Kenikmatan Surga Yang Akan Dirasakan Oleh Penghuninya Yang Sangat Istimewa

5. Surga Darussalam

"Dan Allah menyuruh manusia ke Darussalam yakni surga, dan memimpin orang yang dikehendakinya kepada jalan yang lurus". Surga Darussalam diciptakan dari yakut merah. 

6. Surga Darul Muqomah

Gambar keindahan surga ini diciptakan dari permata putih. Para calon penghuni surga ini adalah orang-orang yang melakukan perbuatan baik yang sangat banyak dan jarang sekali melakukan keburukan. Gambar surga islam ini sudah banyak dijelaskan dalam Al Quran salah satunya pada surah Fathir ayat 34-35.

7. Surga Al Maqomul Amiin

Gambar surga yang paling indah adalah surga yang diciptakan dari emas ini. Calon penghuni surga ini adalah orang-orang yang ketaqwaannya telah mencapai muttaqin atau benar-benar bertaqwa.

8. Surga Khuldi

Gambaran surga dan bidadari pada surga khuldi sangat luar biasa, karena tercipta dari maran merah dan kuning. Penghuni surga ini adalah orang-orang yang taat menjalankan semua perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan Allah SWT.

Sedangkan untuk tingkatan neraka dan foto bidadari neraka sebagai berikut ini:

1. Neraka Hawiyah

Neraka ini adalah yang paling dasar, yang merupakan neraka yang sangar mengerikan. Nekara ini ditempati orang-orang munafik, orang kafir dan termasuk keluarga Fir'aun.

2. Neraka Jahim

Neraka Jahim adalah neraka yang berada di tingkat ke 6 di atasnya Hawiyyah. Dihuni oleh orang yang musyrik dan orang yang menyekutukan Allah SWT

3. Neraka Saqar

Termasuk neraka yang ke 5 terletak di atasnya Jahim didalamnya ditempati oleh orang-orang yang tidak melaksanakan shalat. Orang yang berbohong tentang keberadaan Allah dan yang menyembah selain Allah.

4. Neraka Ladza

Neraka ladza termasuk neraka di tingkat ke 4 yang cukup mengerikan. Ditempati oleh orang yang laknat akibat mengikuti aliran sesat iblis.

5. Neraka Hutamah

Neraka Huthamah ini berada pada tingkatan yang ke 3. Didalamnya diisi oleh orang-orang Yahudi dan para pengikutnya.

6. Neraka Sa'ir

Neraka ini berada pada tingkat ke 2 yang terletak diatas pintu neraka Hutamah, Ditempati orang-orang yang tidak mau mengeluarkan zakat, atau mereka yang mengeluarkan tetapi tidak pada porsinya.

7. Neraka Jahannam

Neraka ini adalah yang paling atas, neraka yang paling seram dan kejam. Diisi oleh kaum muslimin atau umat Rasulullah yang melakukan dosa besar. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh malaikat Jibril pada Rasulullah "Hai Muhammad, pintu neraka Jahannam, ini dihuni oleh orang-orang yang melakukan dosa besar dari umatmu, dimana mereka mati sebelum bertaubat."

Firman Allah SWT: "Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka pengikut setan semuanya" (QS Al-Hijr:43)

Demikianlah penjelasan mengenai foto gambaran neraka dan surga, foto foto surga dan neraka yang bisa wajib baca sampaikan.

Berhubungan dengan gambaran surga di dunia yang masih belum jelas, maka anda bisa memahami gambar gambar surga pada artikel wajib baca lainnya yang masih berhubungan dengan foto gambaran surga, gambar surga, gambar2 surga, gambaran surga dunia. Semoga bermanfaat.