Niat Sholat Dhuha Arab Latin dan Artinya

 08 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Niat Sholat Dhuha Arab Latin dan Artinya

Ilustrasi niat sholat dhuha - Image from www.youtube.com

Umat Islam pasti sudah sangat akrab dengan sholat sunnah dhuha. Yang mana sholat ini merupakan salah satu shalat yang mempunyai banyak keutamaan, diantaranya adalah agar Allah SWT senantiasa memberi kelancaran rezeki.

Pelaksanaan sholat dhuha adalah di pagi hari yaitu pada saat matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta mulai dari terbitnya matahari sekitar jam tujuh pagi sampai waktu dzuhur yaitu sekitar jam 12 siang.

Seperti sholat-sholat lainnya, dalam melaksanakan sholat dhuha juga harus dengan melafadzkan niat.

Adapun artikel ini akan membahas tentang niat sholat dhuha.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat, Lengkap dengan Niat dan Doa

Niat Sholat Dhuha

Keutamaan melaksanakan sholat dhuha juga diterangkan dalam sabda Nabi Muhammad SAW berikut :

"Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat," (H.R Muslim).

Adapun niat sholat dhuha arab adalah : 

اُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Niat sholat dhuha latin :
USHOLLI SUNNATADH DHUHAA ROK'ATAINI LILLAAHI TA'AALA

Artinya : "Aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat, karena Allah Ta'ala".

Keutamaan Sholat Dhuha 

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa sholat dhuha mempunyai keutamaan-keutamaan. Diantaranya adalah :

1. Sholat Dhuha merupakan wasiat Nabi Muhammad SAW
Selain banyaknya keutamaan dalam sholat dhuha, orang yang memelihara sholat dhuha merupakan orang-orang yang melaksanakan wasiat Nabi Muhammad SAW,

Abu Hurairah berkata, "Rasulullah, kekasihku itu berwasiat padaku tiga hal: puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat shalat dhuha (setiap hari), dan shalat witir sebelum tidur." (Muttafaqun ‘Alaih. Al-Bukhari no. 1981. Muslim no. 721)

2. Dibangunkan rumah di surga
Orang yang rajin melaksanakan sholat dhuha, Allah akan membangunkan rumah di surga. Keutamaan ini terdapat dalam sabda Rasulullah :
“Barang siapa yang shalat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami’ No. 634)

3. Pahalanya sama dengan orang pergi umroh dan haji
Keutamaan sholat dhuha yang mana sebelumnya sudah didahului dengan shalat subuh berjamaah dan dzikir hingga waktu terbit matahari adalah mendapat pahala layaknya orang pergi haji dan umroh.

Diriwayatkan oleh Anas bin Malik radhiallahuanhu, Rasulullah SAW bersabda:  "Barangsiapa melaksanakan shalat subuh berjama’ah kemudian ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga terbit Matahari, lalu ia mengerjakan shalat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahalanya haji dan umroh.” (HR. Tirmidzi No. 586)

4. Dilancarkan rezeki
Kebanyakan orang yang melaksanakan sholat dhuha karena mengharap ridho Allah dalam mencari rezeki. Dalam hadits qudsi, disebutkan bahwa Allah akan mencukupkan rezeki hamba-hambaNya yang mengerjakan sholat dhuha secara rutin.

Allah SWT berfirman, “ Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

Baca Juga : Doa Sholat Dhuha Lengkap dengan Artinya

5. Termasuk shalat awwabin
Sholat dhuha merupakan salah satu golongan sholat awwabin yakni sholat yang didirikan oleh orang-orang yang taat. Dengan rajin mengerjakan sholat dhuha, Allah akan mencatat kita sebagai hamba yang taat.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :  “Tidaklah seseorang menjaga shalat sunnah dhuha melainkan ia adalah awwab (orang yang kembali taat). Sholat dhuha ini adalah shalat awwabin." (HR. Ibnu Khuzaimah)

Sungguh luar biasa besarnya keutamaan sholat dhuha jika dilakukan secara rutin. Keutamaan-keutamaan diatas menunjukkan bahwa sholat dhuha sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Demikian artikel tentang niat sholat dhuha arab dan latin, semoga dapat bermanfaat.