Bunyi Pancasila 1 Sampai 5 Lengkap Beserta Makna Dari Simbolnya

31 Aug 2018  duwi Pebrianti
Bunyi Pancasila 1 Sampai 5 Lengkap Beserta Makna Dari Simbolnya

Pancasila via m.liputan6.com

Apa saja bunyi pancasila 1 sampai 5? Apa saja makna dari setiap simbol pancasila? Yuk, simak penjelasan lengkapnya disini, kami akan membahas tentang bunyi pancasila dan maknanya lengkap.

Pancasila, tentunya sudah tahu tentang dasar negara ini. Dulu, waktu masih sekolah dasar di ajarkan tentang sila-sila dalam Pancasila dan juga lagu Garuda Pancasila, masih ingat apa saja bunyi pancasila dan makna simbol pancasila? Jika Anda hanya menghafal bunyi pancasila saja maka simak artikel ini agar Anda bisa mengetahui makna dari simbol pancasila.

Pada kesempatan yang sangat baik ini kita semua akan belajar tentang bunyi pancasila dan memahami makna dari simbol pancasila, bunyi Pancasila. 1. Ketuhanan Yang Maha Esa Ketuhanan yang Maha Esa mengandung pengertian bahwa warganegara percaya dan taqwa kepada Tuhan, untuk lebih jelasnya dibawah inilah Bunyi Pancasila 1 Sampai 5 Lengkap Beserta Makna Dari Simbolnya.

Baca Juga :

Bunyi Pancasila dan Maknanya

Pada kesempatan yang sangat baik ini kita semua akan belajar tentang Bunyi Pancasila 1 Sampai 5. Nama ini terdiri dari dua kata yang diambil bahasa Sansekerta dalam kitab negarakertagama yang ditulis oleh Empu Parapanca yaitu: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas, maka dari itu pancasila disebutdengan lima asas/prinsip dasar.

Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia, sekaligus merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. selama masa perumusan pada tahun 1945 telah beberapa kali mengalami  perubahan kandungan dan urutan, hingga pada tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila, kemudian pada tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Dalam upaya merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yang resmi, terdapat usulan-usulan pribadi yang dikemukakan dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yaitu : Lima Dasar oleh Muhammad Yamin, yang berpidato pada tanggal 29 Mei 1945. Yamin merumuskan lima dasar sebagai berikut: Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat.

Dia menyatakan bahwa kelima sila yang dirumuskan itu berakar pada sejarah, peradaban, agama, dan hidup ketatanegaraan yang telah lama berkembang di Indonesia. Mohammad Hatta dalam memoarnya meragukan pidato Yamin tersebut. Nah berikut ini bunyi dari pancasila :

Baca Juga :

Bunyi Pancasila 1 Sampai 5

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Baca Juga :

Yang perlu diketahui tentang Pancasila.

1. Burung Garuda melambangkan kekuatan

2. Warna emas pada burung Garuda melambangkan kejayaan

3. Perisai di tengah melambangkan pertahanan bangsa Indonesia

4. Simbol-simbol di dalam perisai masing-masing melambangkan sila-sila dalam Pancasila, yaitu:

  • Bintang melambangkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa (sila ke-1)
  • Rantai melambangkan sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (sila ke-2)
  • Pohon Beringin melambangkan sila Persatuan Indonesia (sila ke-3)
  • Kepala banteng melambangkan sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan (sila ke-4)
  • Padi dan Kapas melambangkan sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia (sila ke-5)
1. Warna merah-putih melambangkan warna bendera nasional Indonesia. Merah berarti berani dan putih berarti suci

2. Garis hitam tebal yang melintang di dalam perisai melambangkan wilayah Indonesia yang dilintasi Garis Khatulistiwa

3. Jumlah bulu melambangkan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia (17 Agustus 1945), antara lain:

  • Jumlah bulu pada masing-masing sayap berjumlah 17 
  • Jumlah bulu pada ekor berjumlah 8
  • Jumlah bulu di bawah perisai/pangkal ekor berjumlah 19
  • Jumlah bulu di leher berjumlah 45
  • Pita yg dicengkeram oleh burung garuda bertuliskan semboyan negara Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “walaupun berbeda beda, tetapi tetap satu”.
Bunyi Pancasila 1 Sampai 5 Lengkap Beserta Makna Dari Simbolnya

Bunyi pancasila via vonvon.id

Makna Simbol Pancasila dan Arti Lambang Garuda Pancasila

Makna lambang pancasila

Panca sila memiliki 5 lambang yang mempunyai arti berbeda-beda, berikut ini adalah penjelasannya

1. Gambar Bintang 

Bintang adalah lambang dari sila pertama. Bintang emas dan dengan perisai hitam melambangkan sila pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

Bintang emas diartikan sebagai cahaya kerohanian untuk setiap manusia. Sedangkan latar belakang yang berwarna hitam adalah lambang warna alam atau warna asli yang menunjukkan Tuhan sebagai sumber dari segala sesuatu dan telah ada sebelum segala sesuatu ada.

2. Gambar Rantai 

Rantai adalah makna dari sila kedua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Gambar rantai yang disusun menjadi gelang-gelang kecil menandakan hubungan manusia satu sama lain agar saling membantu.

Rantai yang ada pada sila kedua ini terdiri dari mata rantai berbentuk segi empat dan lingkaran yang terkait membentuk lingkaran. Mata rantai segi empat itu melambangkan laki-laki dan lingkaran melambangkan sebagai perempuan. Menandakan bahwa adil yang beradab tanpa pandang bulu.

3. Gambar Pohon beringin 

Pohon beringin melambangkan sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia. Pohon beringin mempunyai akar tunggal panjang yang dapat menunjang pohon besar ini menjadi tumbuh.

Akar ini tumbuh hingga ke dalam tanah dan menggambarkan dari kesatuan dan Persatuan Indonesia. Pohon beringin juga mempunyai akar yang menjalar di mana-mana yang melambangkan bahwa sebagai negara kesatuan yang memiliki latar belakang budaya, suku, agama yang bermacam-macam.

4. Gambar kepala banteng

Banteng adalah lambang dari sila keempat. Banteng dipakai karena banteng merupakan hewan sosial yang memiliki kesukaan berkumpul, seperti halnya musyawarah yaitu berdiskusi dan berkumpul.

5. Padi dan kapas

Padi kapas melambangkan sila kelima, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Kapas dan padi melambangkan dari pangan dan sandang yang menjadi kebutuhan pokok semua rakyat Indonesia tanpa melihat status dan kedudukan, dan menjadi sebuah doa agar rakyat Indonesia makmur dalam sandang pangan dan papan.

Itulah pembahasan kami mengenai Bunyi Pancasila 1 Sampai 5 Beserta Makna Simbolnya. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu kami meminta maaf bila ada salah kata. Demikian artikel ini kami buat semoga dapat bermanfaat.

unik

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa