Gambaran Surga dan Neraka Menurut Al Quran

 03 Oct 2019  Taufiq F

Gambaran Surga dan Neraka Menurut Al Quran

Gambaran surga dan neraka - Image from islamidia.com

Surga adalah tempat orang-orang yang beriman , bertaqwa, rajin beribadah dan juga berbuat baik menaati semua syariat Rasulullah SAW. 

Dengan mengetahui tentang gambaran surga dan neraka, kenikmatan surga dan kesengsaraan neraka maka dengan mengetahui gambaran surga dan neraka dalam al quran tersebut bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada diri kita.

Bagi kita umat muslim mengetahui sekaligus meyakini yang diperintahkan oleh Agama itu adalah kewajiban, maka dari itu mengetahui tentang gambaran tempat syurga allah swt adalah termasuk kewajiban.

Oleh sebab itu kali ini wajib baca akan menjelaskan tentang gambaran surga dan neraka menurut al quran dan materi surga dan neraka berikut ini.

Surga dan Neraka Menurut Islam

Surga menurut gambaran allah SWT dan surga neraka menurut islam adalah tempat yang penuh dengan keindahan dan kedamaian, apapun yang diinginkan berupa kenikmatan sduah terdapat didalamnya.

Banyak sekali orang yang ada didunia ini tanpa terkecuali ingin menjadi penghuni surga. Sehingga banyak orang yang berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan karena ingin suatu kelak nanti menjadi ahli surga.

Sebaliknya dengan neraka justru tidak ada satu pun manusia yang ingin menjadi penghuninya sebab di ibaratkan neraka sebagai tempat yang seram dan dimana di dalamnya penuh dengan siksaan diatas kobaran api.

Tentu sudah tidak bisa diragukan lagi sebab kedua tempat ini jelas langsung diutarakan dalam banyak firman Allah yang menjadi sebuah firman yang tidak ada keraguan sedikitpun kebenarannya seperti salah satunya dalam QS Al-Baqarah: 39 yang berbunyi "Adapun orang-orang kafir dan mendustakan ayat-ayat kami, mereka itu penghuni neraka, mereka akan kekal didalamnya".

Untuk itu sebaiknya kita berharap yang terbaik dengan pencapaian titik akhir hayat atau penghidupan ini agar khusnul khotimah. Hal ini merupakan langkah nyata bagi umat muslim agar senantiasa di beri rahmat dengan memasukkannya ke dalam taman surgaNya.

Adapun pengertian gambar surga dan neraka asli berikut dengan foto surga dan neraka yang asli, cerita tentang surga dan neraka, bentuk surga dan neraka. Karena tidak ada satupun makhluk yang mengetahui secara pasti kehidupan di surga dan neraka dan foto gambaran surga dan neraka. Bahkan penghuninya juga orang yang tidak bisa masuk ke dalam dua tempat tersebut kecuali Allah SWT dan hamba yang sesuai dengan izinNya.

Gambaran Surga Allah

1. Gambran surga yaitu bidadari surga

Contoh gambar surga salah satunya adalah digambarkan adanya bidadari surga. Setiap laki-laki akan takluk dan luluh hatinya apabila bertemu dengan seorang bidadari pujaannya. Hatinya akan senang dan gembira apabila bisa bertemu dengannya apalagi sampai memilikinya.

Namun kecantikan dan keindahan bidadari dunia hanyalah sebagian kecil yang tidak ada apa-apanya dibanding dengan bidadari surga.

Kecantikan bidadari surga tidak ada tandingannya. Mereka para bidadari surga akan setia melayani para penghuni ahli surga. Sebagaimana dalam beberapa keterangan baik bersumber dari hadist atau Al Quran berikut ini:

"Maka nikmat Rabb kalian yang manakah yang kalian berdua dustakan? Di ranjang-ranjang itu ada bidadari-bidadari yang menundukkan pandangannya. Tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin. Maka nikmat Rabb kalian yang manakah yang kalian berdua dustakan?Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan" (Ar-Rahman: 55-58)

"Sungguh tutup kepala salah seorang wanita surga itu lebih baik daripada dunia dan seisinya" (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Melihat gambaran surga kenikmatan paling tinggi untuk penghuninya

Berbagai kenikmatan yang ada di dalam surga tidak akan pernah bisa terbayangkan oleh manusia semasa hidupnya. Bahkan semua jenis kenikmatan yang berada di dalamnya sungguh di luar jangkauan pemikiran-pemikiran manusia.

Begitu istimewa yang tidak akan ada bandingannya. Namun dari kesemua kenikmatan tersebut masih ada lagi berupa kenikmatan paling tinggi yang akan di rasakan dan didapatkan oleh para ahli surga yaitu melihat wajah Rabbul Alamin sebagaimana hal ini diutarakan dalah hadist yang berbunyi:

Rasulullah SAW dalam sabdanya:"Jika telah masuk penduduk Al Jannah ke dalam Al Jannah. Allah SWT berkata:"Apakah kalian ingin tambahan dariKu. Mereka seraya menjawab "Bukankah Engkau telah menjadikan wajah-wajah kami bercahaya? Bukankah engkau telah masukkan kami ke dalam Al Jannah dan menyelamatkan dari neraka. Kemudian Allah SWT membuka hijabNya. Maka tidaklah mereka diberi nikmat yang lebih mereka sukai dibanding dengan melihat Allah SWT (HR. Muslim no 181)

3. Gambaran surga allah swt tersajinya makanan dan minuman yang istimewa

"Di dalam surga kamu memperoleh apa segala kenikmatan yang kamu inginkan dan memperoleh pula di dalamnya apa segala kenikmatan yang kamu minta. Sebagai hidangan bagimi dan Rabb Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang" (Fushshilat/41:31-32)

Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutra. Dan buah-buahan kedua surga itu dapat dipetik dari dekat "Didalam keduanya ada macam=macam buah buahan dan kurma serta delima" (QS Ar rahman ayat 54-68)

4. Gambar surga allah swt yang bersih, sehat, dan wangi

Surga merupakan tempat keabadian yang tidak pernah mengenal istilah tua atau uzur. Para penghuni Surga akan selalu terlihat mulu, tampan, cantik, awet mudah dan bercelak, mereka akan senantiasa mudah pakaiannya tidak pernah lusuh.

Golongan pertama yang masuk surga kelihatan seperti bulan purnama. Mereka tidak pernah buang air kecil dan buang air besar. Mereka tidak beringus dan melidah. Sisir mereka terbuat dari emas dan bejana mereka terbuat dari misk. Para penghuni surga adalah kebanyakan orang miskin dan lemah. Rasulullah adalah orang yang pertama kali mengetuk pintu surga (HR. Muslim)

5. Gambar surga allah yang diliputi kemudahan dan tidak ada kesulitan 

Jika biasanya manusia di dunia ini berada dalam kesukaran, kesusahan, musibah dan diliputi masalah. Maka disurga tidak ada kata susah dan kesulitan.

Kenikmatan yang ada didalam surga sungguh sempurna segala sesuatu bisa didapat dengan sangat mudah, dilayani oleh para pelayan terbaik pilihan Allah yang mana ketika penghuni surga ada yang diinginkan mereka akan langsung melayaninya.

Bahkan apabila penghuni surga tertarik untuk memetik buah buah yang ada di surga, maka buah buahan tersebut mendekat kepadanya hingga ia dapat mengambil mana yang disukainya sungguh indah gambaran syurga.

Baca:
1. Allah Akan Jamin Kamu Masuk Surga Firdaus, Jika Kamu Memiliki 6 Ciri ini
2. Inilah 5 Kenikmatan Surga Yang Akan Dirasakan Oleh Penghuninya yang Sangat Istimewa
3. Rahasia Surga Terungkap, Ternyata Seperti ini Rasa Kenikmatan Surga itu

Dalam surah Shad ayat 49-54 dijelaskan bahwa orang-rang yang bertaqwa akan memperoleh kehormatan dan tempat kembali yang baik yakni surganya "Sesungguhnya ini adalah benar-benar rezeki dari kami yang tiada habis-habisnya" (Shad 54)

Gambaran Neraka

Gambar surga dan neraka sangat berbeda terbalik. Bidadari neraka dan bidadari surga juga sangat berbeda jauh.

Neraka adalah sebuah tempat yang diyakini paling mengerikan dan banyak ditempati oleh mereka-mereka yang semasa hidup di dunia banyak melakukan dosa-dosa. Ditempat ini orang berdosa akan disiksa dengan sangat kejam dan mengerikan sebagai balasan dari dosa yang pernah diperbuatannya.

Nerka ini merupakan lawan dari surga di mana jika dalam surga menyuguhkan beragam kesengan dan kenikmatan yang sangat istimewa sebagai balasan dari amal kebaikan yang dilakukan semasa hidupnya sedang neraka sebaliknya.

Baca Juga: 4 Tanda Penduduk Surga dan Neraka

Sama halnya seperti gambar surga asli, neraka juga memiliki tingkatan-tingkatan yang dikategorikan berdasarkan tingkat penyiksaannya semakin parah dosa yang dilakukan seseorang maka semakin sadis pula siksaan yang akan didapatkannya.

Neraka jahanam salah satu neraka yang paling banyak dihuni oleh orang yang memiliki dosa paling besar. Andai kata Allah membuka neraka jahanam sebesar lubang jarum saja. Niscaya semua penduduk yang ada di bumi akan terbakar hangus. 

Itulah sedikit dari penjelasan mengenai foto surga dan neraka asli dan gambaran surga yang bisa dijelaskan wajib baca pada kesempatan kali ini. Silahkan dipahami foto surga dan neraka dengan baik dan apa yang tercantum pada pembahasan foto neraka dan surga diatas. Bila ingin memahami lebih dalam bisa melihat pada foto surga allah swt dan foto surga allah lainnya.