Doa Sebelum Mengaji Beserta Adab Ketika Mengaji

 02 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Sebelum Mengaji Beserta Adab Ketika Mengaji

Ilustrasi doa mengaji - Image from dimaspramudia.web.id

Mengaji bisa diartikan sebagai kegiatan membaca Al-Quran. Kegiatan ini juga merupakan ibadah walaupun hanya membaca satu ayat pendek saja, karena Allah SWT menghitung pahala membaca Al-Quran per huruf yang mana akan diganjar oleh-Nya dengan 10 kebaikan. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW berikut ini :

عَنْ عَبْدُ اللّٰهِ بْنَ مَسْعُودٍ رَضِىَ الله عَنْهُ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللّٰهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللّٰهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌع

Artinya:
"Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: "Rasulullah Saw bersabda: "Siapa yang membaca satu huruf dari Al Qur'an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf. (HR. Tirmidzi )

Dari sabda Nabi Muhammad SAW diatas, dapat kita simpulkan betapa banyaknya keutamaan yang didapat dari mengaji. Oleh karena itu, kita sebagai orang muslim perlu mengamalkannya dengan cara belajar mengaji.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai doa sebelum mengaji dan doa sesudah mengaji, beserta gambar anak ngaji.

Doa Sebelum Mengaji

Berikut lafadz doa belajar mengaji

اَللهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَ وَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

ALLOOHUMMA AKHRIJNAA MIN DZULUMAATILWAHMI WA AKRIMNAA BINUURIL FAHMI WAFTAH'ALAINAA BIMA'RIFATIKA WASAHHIL LANAA ABWAABA FADL-LIKA YA ARHAMAR ROOHIMIINA

Artinya :
"Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang".

Baca Juga : 7 Tips Belajar Ngaji Agar Cepat Bisa

Doa Sesudah Mengaji

Berikut lafadz doa selesai mengaji 

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

ALLOOHUMMA INNII ASTAUDI'UKA MAA 'ALLAMTANIIHI FARDUD-HU ILAYYA 'INDA HAAJATII WA LAA TANSANIIHI YAA ROBBAL 'ALAAMIINA

Artinya :
"Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan seru sekalian alam".

Adab Mengaji

Selain membaca doa mau mengaji, ada banyak anjuran lainnya yang patut untuk kita amalkan ketika mengaji, antara lain yaitu :

1. Ikhlas
Dalam hal ini kita harus membaca Al-Quran dengan niat yang ikhlas untuk mengharapkan ridho dari Allah, dan bukan untuk ajang mencari pujian dari  manusia.

2. Mulut yang bersih
Anjuran mengaji selain mengucap doa sebelum belajar mengaji adalah bersiwak atau menyikat gigi terlebih dahulu, karena kita disunnahkan membaca Al-Quran dalam keadaan mulut yang bersih.

3. Bersuci
Caranya adalah dengan mengambil wudhu sebelum mengaji. Karena sunnah hukumnya membaca Al-Quran dalam keadaan yang suci.

4. Tempat yang bersih
Sebaiknya kita membaca Al-Quran di tempat yang bersih dan suci, contohnya seperti di masjid. Karena masjid sudah pasti bersih, selain itu masjid merupakan rumah Allah SWT. Adapun contoh tempat yang bersih untuk membaca Al-Quran seperti yang terdapat pada gambar mengaji di bawah ini.

Baca : Macam-macam Hukum Bacaan Tajwid Mad Beserta Contohnya, Lengkap

Doa Sebelum Mengaji Beserta Adab Ketika Mengaji

Gambar anak mengaji - Image from m.medcom.id

5. Menghadap ke kiblat
Selain membaca doa mengaji, kita juga disunnahkan untuk menghadap ke arah kiblat ketika membaca Al-Quran. Karena duduk dalam posisi ini merupakan duduk yang sakinah dan penuh dengan ketenangan.

6. Memulai dengan ta'awudz
Bacaan ta'awudz ini adalah “a’udzu billahi minasy syaithonir rajiim”. Membaca ta'awudz hukumnya sunnah, seperti yang disebutkan dalam ayat dibawah ini : 

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآَنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya : “Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.” (QS. An-Nahl: 98)

7. Membaca basmallah
Selain mengucap doa mau ngaji, kita juga dianjurkan untuk membaca basmallah yakni "Bismillahirrohmanirrohim".
Namun ketika kita membaca pertengahan surat, kita cukup membaca ta'awudz saja.

8. Khusyu'
Dalam hal ini, kita diajarkan untuk khusyu' dan berusaha mentadabbur atau merenungkan setiap ayat yang kita baca. Sesuai dengan firman Allah dalam QS. Muhammad ayat 24 berikut : 

َفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآَنَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا

Artinya : “Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran ataukah hati mereka terkunci?” (QS. Muhammad: 24)

Demikian artikel tentang doa ngaji beserta gambar orang ngaji ini. Semoga dapat bermanfaat.