Doa Menuntut Ilmu Agar Mempermudah Belajar

 10 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Menuntut Ilmu Agar Mempermudah Belajar

Ilustrasi doa menuntut ilmu - Image from id.pinterest.com

Belajar merupakan salah satu kegiatan yang tentunya wajib untuk semua orang. Hal ini sesuai hadits riwayat berikut :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya : ”Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr)

Oleh karena itu, orang tua kita menyekolahkan kita dari tingkat paling bawah. Namun sejatinya menuntut ilmu bukan hanya bagi anak-anak sekolah saja, namun juga orang dewasa. Karena sesungguhnya setiap perjalanan hidup merupakan pembelajaran. Selain itu, dalam islam ada beberapa keutamaan menuntut ilmu, baca selengkapnya di : 7 Keutamaan Menuntut Ilmu Dalam Islam

Sebagai seseorang yang beragama, kita diajarkan untuk selalu mengucap doa, salah satunya adalah saat kita akan mencari ilmu. Berikut artikel ini akan membahas tentang doa mencari ilmu.

Doa Menuntut Ilmu yang Bermanfaat

Selain berusaha dan berikhtiar dengan cara menuntut ilmu setiap hari, kita juga jangan sampai lupa untuk berdoa sebelum menuntut ilmu. Karena akan percuma bila kita hanya menuntut ilmu serta mengandalkan kemampuan kita tanpa diimbangi dengan berdoa, hal ini karena tanpa ridho dari Allah SWT semua hal akan sia-sia.

Diharapkan dengan giat menuntut ilmu serta giat membaca doa menuntut ilmu, Allah akan memberi kita kemudahan berfikir dalam memahami dan menyerap ilmu yang kita pelajari. Ada pula riwayat yang menyatakan bahwa ilmu merupakan kunci kebahagiaan dunia dan akhirat. Hal ini sesuai dengan hadits berikut :

مَنْ أَرَا دَالدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِا لْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَالْاآخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

Artinya : ”Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akhirat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu”. (HR. Turmudzi)

Kita bisa berdoa dikala menuntut ilmu dengan doa apa saja dan tentu hal itu dibolehkan, asalkan tetap pada niat awal yakni mengharap kepada Allah SWT. Namun ada beberapa lafadz doa menuntut ilmu yang dianjurkan untuk dibaca agar ilmu mudah dicerna dan dimengerti.

Berikut lafadz doa menuntut ilmu dan artinya : 

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً وَرِزْقًا وَاسِعًا وَاِلَى الْخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ بَعِّدْنَا

ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA 'ILMAN NAAAFI'AN WA 'AMALAM MUTAQOBBALAA' WA RIZQONA'WAASI'AN WA ILAL KHOIRI QORRIBNA'A WA 'ANISY SYARRI BA'IDNAA

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, amal perbuatan yang diterima, rezeki yang lapang, dan dekatkanlah aku ke perilaku yang baik serta jauhkanlah aku dari perbuatan yang jelek".

Dalam islam sendiri, ada banyak sekali ilmu. Antara lain adalah ilmu fikih,ilmu tajwid, ilmu hakikat, dan lain sebagainya. Baca selengkapnya disini :

1. Pengertian, Tujuan, dan Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid
2. Pengertian Ilmu Hakikat, Syariat, Tarekat dan Makrifat
3. Pengertian Ilmu Kalam, Kaitannya Dengan Keimanan Serta Pembahasannya

Kumpulan Doa Menuntut Ilmu

Selain doa mencari ilmu diatas, ada juga lafadz-lafadz doa lainnya yang bisa digunakan untuk doa minta ilmu. Antara lain adalah :

 يَارَبِّ زِدْنِىْ عِلْمًا وَارْزُقْنِىْ فَهْمًا

Yaa robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman".

Bisa juga ditambah dengan doa minta ilmu dibawah ini :

اَللَّهُمَّ افْتَحْ عَلَيْنَا فُتُوْحَ ﭐلعَارِفِيْنَ وَارْزُقْنَا فَهْمَ النَّبِيِّـيْنَ وَإِلْهَامَ ﭐلمَلاَئِكَةِ المُقَرَّبِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحمِيْنَ

Allahummaftah alaina futukhal aarifina warzuknafahmannabiyyina wailhama malaaikatil muqorrobiina birohmatika yaa arhamarrohimin.

Artinya : "Ya Allah, bukakanlah pintu hati kami sebagaimana orang-orang yang arif , Kurniakanlah kepada kami kefahaman Nabi-Nabi dan ilham para Malaikat yang hampir dengan-Mu, dengan Rahmat-Mu Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang".

Demikian artikel tentang bacaan doa menuntut ilmu yang bermanfaat dalam bahasa arab, latin dan artinya ini. Semoga bermanfaat dan selalu ingat bahwa selain menuntut ilmu dengan giat, kita juga harus rajin berdoa.

Karena lafadz doa mencari ilmu di atas selain untuk mengharap dimudahkan dalam berfikir, juga untuk meminta agar amal perbuatan kita diterima oleh Allah SWT, dilapangkan rezekinya, serta meminta kebaikan dan dijauhkan dari keburukan, aamiin.