Doa Menuju Masjid

 02 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Menuju Masjid

Ilustrasi doa menuju masjid - Image from www.timeoutdubai.com

Shalat merupakan tiang agama yang wajib ditunaikan oleh umat Islam. Sholat dibagi menjadi dua, yaitu sholat wajib dan sholat sunnah. Adapun sholat wajib adalah shalat yang harus dilakukan yakni sholat 5 waktu. Sedangkan shalat sunnah adalah shalat yang jika dilakukan mendapat pahala, dan jika tidak dilakukan tidak mendapat dosa, seperti sholat tahajud dan sholat witir.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk melakukan sholat di masjid, mengingat masjid adalah rumah Allah SWT. Selain itu, orang yang menunaikan sholat di masjid pahalanya lebih besar daripada orang yang sholat di rumah. Rasulullah SAW bersabda :

َلَاةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ دَرَجَةً

Artinya :
Shalat berjama’ah itu lebih utama 27 (dua puluh tujuh) derajat daripada shalat sendirian.

Ketika pergi ke masjid, ada banyak amalan yang dapat kita lakukan. Salah satunya adalah membaca doa menuju masjid yang akan kita bahas kali ini.

Doa Berangkat ke Masjid

Berikut lafadz doa menuju masjid beserta latin dan terjemahannya yang bisa kita amalkan dalam perjalanan menuju masjid. 

اَللهُمَّ اجْعَلْ فِىْ قَلْبِى نُوْرًا وَفِى لِسَانِىْ نُوْرًا وَفِىْ بَصَرِىْ نُوْرًا وَفِىْ سَمْعِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَسَارِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَمِيْنِىْ نُوْرًا وَفَوْقِىْ نُوْرًا وَتَحْتِىْ نُوْرًا وَاَمَامِىْ نُوْرًا وَخَلْفِىْ نُوْرًا وَاجْعَلْ لِّىْ نُوْرًا

ALLOOHUMMAJ-'AL FII QOLBHII NUUROON WA FII LISAANII NUUROON WA FII BASHORII NUUROON WA FII SAM 'II NUUROON WA 'AN YAMIINII NUUROON WA'AN YASAARII NUUROON WA FAUQII NUUROO WA TAHTII NUUROO WA AMAAMII NUUROON WA KHOLFII NUUROON WAJ-'AL LII NUUROON

Artinya :
Ya Allah, jadikanlah di hatiku cahaya, pada lisanku cahaya dipandanganku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya.

Amalan Ketika Menuju Masjid

Selain membaca doa menuju masjid, ada banyak amalan lain yang dapat kita laksanakan ketika dalam perjalanan ke masjid, antara lain :

1. Tinggalkan kegiatan apapun ketika datang panggilan shalat.

Biasanya ketika kita sedang asyik melakukan sesuatu dan adzan berkumandang , kita selalu menunda untuk melakukan shalat. Seharusnya yang kita lakukan adalah segera bergegas ke masjid, dan bukan meneruskan kegiatan atau menunggu hingga waktu iqomah.

2. Bergegas ke masjid

Dalam hal ini bertujuan untuk datang lebih awal agar mendapat shaf paling depan. Rasulullah SAW bersabda,

خَيْرُ صُفُوفِ الرِّجَالِ أَوَّلُهَا وَشَرُّهَا آخِرُهَا وَخَيْرُ صُفُوفِ النِّسَاءِ آخِرُهَا وَشَرُّهَا أَوَّلُهَا

Artinya : “Sebaik-baik shaf bagi laki-laki adalah shaf pertama, sedangkan yang paling jelek bagi laki-laki adalah shaf terakhir. Sebaik-baik shaf bagi wanita adalah shaf terakhir, sedangkan yang paling jelek bagi wanita adalah shaf pertama.” (HR. Muslim)

Baca Juga : Doa Masuk dan Keluar Masjid, Beserta Hadist Anjurannya

3. Usahakan sudah berwudhu di rumah

Anjuran ini juga terdapat dalam sabda Rasulullah SAW berikut : 

مَنْ تَطَهَّرَ فِى بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِىَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

Artinya : “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian dia berjalan menuju salah satu rumah Allah untuk menunaikan kewajiban yang Allah wajibkan, maka satu langkah kakinya akan menghapuskan kesalahan dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajat.” (HR. Muslim)

4. Menuju masjid dengan cara jalan kaki

Selain membuat badan sehat, berjalan kaki ketika menuju masjid juga merupakan anjuran Rasulullah SAW, dalam sabdanya beliau berkata : 

كُلُّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا إِلَى الصَّلاَةِ يُكْتَبُ لَهُ بِهَا حَسَنَةٌ وَيُمْحَى عَنْهُ بِهَا سَيِّئَةٌ

Artinya : “Setiap langkah menuju tempat shalat akan dicatat sebagai kebaikan dan akan menghapus kejelekan.” (HR. Ahmad. Syaikh Syu’aib Al Arnauth)

5. Jangan tergesa-gesa ketika menuju masjid

Sesuai yang kita bahas diatas, hendaknya kita meninggalkan semua aktivitas saat adzan berkumandang. Hal ini agar kita tidak tergesa-gesa menuju masjid. Rasulullah SAW bersabda, 

إِذَا سَمِعْتُمُ الإقَامَةَ ، فَامْشُوا إِلَى الصَّلاةِ ، وَعَلَيْكُمْ بِالسَّكِينَةِ وَالْوَقَارِ ، وَلا تُسْرِعُوا ، فَمَا أَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوا ، وَمَا فَاتَكُمْ فَأَتِمُّوا

Artinya : “Jika kalian mendengar adzan, berjalanlah menuju shalat, bersikap tenang dan khusyu’lah, janganlah tergesa-gesa. Jika kalian mendapati imam shalat, maka shalatlah. Sedangkan apa yang luput dari kalian, sempurnakanlah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: 
1. Tata Cara Shalat Tahiyatul Masjid
2. 10 Keutamaan Sholat Tahiyatal Masjid, Salah Satunya Ternyata Sangat Dianjurkan Rasulullah
3. ✔Bacaan Doa Wudhu yang Benar dan Lengkap

6. Berdzikir ketika berjalan ke masjid

Sesuai ajaran Rasulullah SAW, ketika keluar rumah kita dianjurkan untuk berdzikir dan membaca: Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa hawla wa laa quwwata illa billah (Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya).

Demikian artikel tentang doa menuju masjid. Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan setiap hari.