Doa Setelah Mengambil Air Wudhu

 27 Sep 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Setelah Mengambil Air Wudhu

Ilustrasi orang wudhu - Image from wajibbaca.com

Sebelum melaksanakan sholat, baik sholat fardhu maupun sunnah kita diwajibkan untuk berwudhu. Berwudhu ini bertujuan untuk mensucikan diri kita dari hadast besar maupun hadast kecil.

Hadast besar lebih dahulu dibersihkan dengan mandi besar.

Agar berwudhu kita sempurna, maka kita harus membaca doa wudhu dan sesudah. Memang doa ini bukan termasuk dalam rukun berwudhu, namun mengingat banyaknya keutamaan dalam bacaan doa sesudah ambil air wudhu maka kita dianjurkan membaca doa tersebut.

Sejatinya, berwudhu tidak hanya dilakukan ketika kita akan melaksanakan sholat saja, namun juga saat kita akan membaca Al-qur'an, ketika pergi ke masjid, saat akan tidur, dan lain sebagainya.
Sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS. Al-maidah ayat 6 tentang bacaan habis wudhu berikut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ

“Ya ayyuhalladzina amanu idza kumtum ilas salati fagsilu wujuhakum wa aydiyakum ilal marafikı wamsahu bi ruusikum wa arjulakum ilal ka’bayn (ka’bayni).”

Artinya:
“Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian ingin melaksanakan shalat, basuhlah wajah dan tangan kalian sampai ke siku, dan usaplah kepala kalian dan (basuhlah) kaki kalian sampai kedua mata kaki.” (QS. Al-Maidah: 6)

Dari firman tentang doa setelah ambil wudhu diatas, kita mengetahui bahwa wudhu itu sangat penting. Oleh karena itu, kita sebagai umat muslim harus mengetahui bacaan doa ambil air wudhu , bagaimana cara berwudhu, dan juga bacaan sehabis wudhu.

Berikut akan kita bahas bacaan setelah berwudhu,  doa setelah wudhu lengkap beserta gambar orang wudhu.

Baca Juga : Rukun Berwudhu Lengkap Beserta Seluruh Doa dan Cara Wudhu yang Benar

Doa Setelah Mengambil Air Wudhu

doa setelah wudhu - Image from www.doaharianislami.com

Doa Setelah Mengambil Air Wudhu

Setelah melakukan wudhu, kita diharuskan membaca doa sesudah wudhu. Doa habis berwudhu ini tidak serta merta harus dibaca saat basuhan terakhir yaitu ketika kita membasuh kaki. Namun kita bisa membaca doa habis wudhu saat kita keluar tempat wudhu atau sebelum kita memasuki masjid.

Hal ini bertujuan untuk menghormati jamaah lain yang antri ketika kita berwudhu di masjid. Namun apabila kita berwudhu di rumah, kita bisa membaca doa setelah wudhu ketika keluar dari kamar mandi.

Berikut adalah lafadz doa setelah wudhu dan artinya :

اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Doa setelah wudhu latin
ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLOOHU WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN 'ABDUHUUWA ROSUULUHUU, ALLOOHUMMAJ'ALNII MINAT TAWWAABIINA WAJ'ALNII MINAL MUTATHOHHIRIINA


Arti doa setelah wudhu
Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh).

Tata Cara Berwudhu

Dalam berwudhu, selain membaca doa setelah selesai wudhu, tentu ada tata tertib yang harus dilakukan lainnya. Antara lain:

1. Membaca niat
Sebelum membaca doa selesai wudlu, kita dianjurkan membaca niat. Alangkah baiknya ketika saat membaca niat tidak diucapkan dengan suara lantang.

2. Membasuh wajah
Sesudah membaca niat, kita dianjurkan untuk membasuh muka. Adapun bagian muka yang harus terkena air wudhu adalah kening hingga dagu, kedua pipi hingga pinggir telinga.

3. Membasuh kedua tangan
Setelah membasuh muka, selanjutnya adalah membasuh kedua tangan. Bagian tangan yang dimaksudkan adalah hingga mencapai siku.

4. Mengusap kepala
Mengusap kepala disini berbeda dengan membasuh muka, namun yang dimaksudkan adalah mengusap kepala hingga terkena rambut bagian depan.

5. Membasuh kedua kaki
Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita agar hati-hati ketika membasuh kaki, pastikan air membasahi hingga kedua mata kaki. Untuk menghindari air tidak membasahi mata kaki, alangkah baiknya kita membasuh kaki sampai dengan betis sehingga air sudah pasti mengenai mata kaki.

Demikian artikel doa setelah wudhu beserta artinya. Semoga kita bisa istiqomah mengamalkan bacaan sesudah berwudhu ini dalam kehidupan sehari-hari, aamiin.