Doa Ketika Ada Petir atau Kilat

 26 Sep 2019  Isfatu Fadhilatul

Alhamdulillah bulan bulan di akhir tahun 2019 ini, hujan sudah turun di beberapa wilayah di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, hujan merupakan rezeki dari Allah yang tidak dapat kita hitung jumlahnya.

Namun seringkali hujan yang turun disertai dengan petir membuat kita takut dan was-was, tak sedikit orang akan menutup telinganya untuk menghindari suara petir yang keras. Tapi sebenarnya ada cara yang lebih baik saat terdengar petir yaitu dengan mengucapkan doa. Do'a ini dimaksudkan untuk meminta perlindungan kepada Allah agar terhindar dari marabahaya, dan juga untuk mengurangi rasa takut kita.

Dalam pandangan islam sendiri, ada tiga istilah untuk petir dan geledek yaitu ar ro’du, ash showa’iq dan al barq.

Ar ro’du merupakan istilah untuk suara petir atau geledek. Sedangkan ash showa’iq dan al barq adalah istilah yang digunakan untuk kilatan petir, yaitu cahaya yang muncul beberapa saat sebelum suara petir terdengar.

Ar ro’du seringkali diartikan dengan malaikat yang ditugasi mengatur awan. Ada juga yang mempunyai pendapat bahwa ar ro’du (geledek) adalah suara malaikat. Sedangkan al barq atau ash showa’iq merupakan kilatan cahaya dari cambuk malaikat yang digunakan untuk menggiring mendung.

Namun sejatinya,apa yang diperbuat oleh malaikat ini termasuk dalam alam ghaib, maka sebagai makhluk Allah yang beriman kita hanya berkewajiban  mengimaninya saja, dan tidak boleh mengingkari.

Artikel Terkait
Lagi Hujan Disertai Petir, Amankah Bermain Ponsel??

Doa Ketika Ada Petir atau Kilat

Doa ketika ada petir atau kilat - Image from www.hafaldoa.net

Doa Ketika Melihat Petir

Berikut adalah lafadz doa ketika ada petir atau kilat yang sebaiknya kita baca. Doa ini tidak terlalu panjang sehingga insya Allah dapat kita hafalkan dengan baik. Adapun doa ketika melihat petir tersebut adalah :

سُبْحَانَ مَنْ يُرِيْكُمُ الْبَرْقَ خَوْفًا وَطَعَمًا

SUBHAANA MAY YURIIKUMUL BARQO KHOUFAN WA THOMA'AN

Artinya :
Maha suci Allah yang telah melihatkan pada kita semua pada petir dengan perasaan takut dan berharap.

Doa Lain Ketika Ada Petir dan Guruh

Ada juga doa petir dan guruh yang dibaca oleh para sahabat Rasulullah SAW. Diriwayatkan bahwa seorang sahabat Rasulullah SAW yaitu Abdullah bin Az-Zubair RA, disebut langsung menghentikan pembicaraan, dan langsung membaca doa ini saat mendengar petir. Adapun lafadz doa tersebut ialah :

سُبْحَانَ مَنْ يُسَبّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلآئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

SUBHAANA MAY YUSABBIHUR RO'DU BIHAMDIHI WAL MALAA-IKATU MIN KHIIFA ATIHI.

Artinya :
Maha suci Allah, yang halilintar itu bertasbih dengan memuji kepadaNya demikian juga para malaikat karena takut kepadaNya.


Lalu bagaimana dengan ajaran Rasulullah SAW sendiri ? Perlu kita ketahui bahwa tidak ada doa yang marfu' dari Nabi Muhammad SAW. Marfu' maksudnya ialah bersumber langsung sanadnya.

Baca Juga: Doa Ketika Turun Hujan Lengkap dan Penjelasan Maknanya

Namun dalam fatwa Al-lajnah Ad-Daimah (MUI Arab Saudi) menjelaskan bahwa doa petir dan gemuruh yang ada, adalah doa dari para sahabat-Nya. Berikut fatwanya :

من عمل بهذا اقتداءً بهذا الصحابي فلا بأس بذلك، ولا نعلم شيئاً ثابتاً فيه مرفوعاً إلى النبي صلى الله عليه وسلم

“barangsiapa yang mengamalkan dengan mencontoh para Sahabat, maka tidak mengapa. Kami tidak mengetahui sedikitpun hadits yang marfu’ (sampai sanadnya) kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Sementara itu, sahabat Nabi Muhammad SAW yang lain yaitu Ibnu 'Abbas RA , akan mengucapkan ini saat mendengar suara petir dan guruh.

سُبْحَانَالَّذِي سَبَّحَتْ لَهُ

Subhanalladzi sabbahat lahu’

“Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya”

Kemudian beliau mengatakan,

قال إن الرعد ملك ينعق بالغيث كما ينعق الراعي بغنمه

”Sesungguhnya petir adalah malaikat yang meneriaki (membentak) untuk mengatur hujan sebagaimana pengembala ternak membentak hewannya.”

Tidak masalah membaca doa yang mana dari beberapa doa diatas, karena sesungguhnya yang maha benar ialah Allah SWT.

Semoga artikel tentang doa ketika melihat petir ini bermanfaat, dan senantiasa dapat mengingatkan kita akan keagungan Allah SWT, aamiin.