Sejarah Hari Perempuan Internasional

 06 Aug 2019  Taufiq Firmansah
Sejarah Hari Perempuan Internasional

Hari perempuan Internasional - Image from : solidaritasperempuan.org

Hari perempuan Internasional jatuh pada tanggal 8 Maret. Sebagai momentum perayaan bagi kaum perempuan untuk terus menyuarakan aspirasinya, memperjuangkan kesetaraan haknya.

Makna hari perempuan Internasional itu sendiri bertujuan merangkul masyarakat untuk maju dan melakukan aksi untuk membantu menggerakkan kesetaraan gender.

Latar belakang hari perempuan Internasional ini dibuat dan diperingati oleh seluruh dunia, karena ditujukan untuk kesetaraan gender, kesadaran yang lebih besar tentang adanya diskriminasi dan merayakan pencapaian perempuan.

Kali ini wajib baca akan menginformasikan tentang makna dan sejarah hari perempuan Internasional 8 Maret yang selalu diperingati.

Sejarah Singkat Lahirnya Hari Perempuan Internasional

1. Arti hari perempuan internasional

Hari perempuan Internasional adalah suatu event dunia yang merayakan pencapaian perempuan, dari bidang politik hingga sosial. Bersamaan itu event ini juga menyuarakan kesetaraan gender.

Awal mula gerakan ini pada awal tahun 1900 dan kemudian disepakati diperingati pada setiap tanggal 8 maret. Hari perempuan Internasional tidak terkait dengan satu kelompok tertentu, namun melibatkan secara bersama-sama pemerintah, organisasi perempuan, korporasi dan lembaga amal.

Peringatan hari perempuan International setiap tahun dimeriahkan di seluruh dunia dengan acara-acara seru seperti penampilan karya seni, diskusi, aksi turun ke jalan, kegiatan-kegiatan yang dibuat bersama jaringan dan konferensi.

2. Bagaimana hari perempuan Internasional dicetuskan?

Tak bisa memastikan tanggal kapan dimulainya secara tepat. Akar sejarahnya dapat ditelusuri dari tahun 1908 ketika 15 ribu perempuan berunjuk rasa di sepanjang jalan di kawasan New York, Amerika Serikat menuntut hak-haknya untuk memberikan suara, pembayaran upah yang lebih baik, dan memangkas jam kerja karyawan.

Setelah setahun kemudian, Amerika Serikat memperingati hari perempuan Nasional pada tanggal 28 Februari.

Peringatan ini sesuai dengan deklarasi Partai Sosialis Amerika. Pemimpin perempuan kantor untuk Partai Sosialis Demokrat Jerman menuangkan ide tentang Hari Perempuan Internasional. Ia juga menyarankan agar setiap negara harus merayakan hari itu setiap tahun guna mendorong tuntutan-tuntutan mereka.

Ada 100 lebih perempuan dari 17 negara di satu konferensi menyepakati saran Zetkin dan terbentuklah hari perempuan Internasional. Hari perempuan Internasional untuk pertama kali dirayakan di Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss pada 19 maret 2011.

Kemudian setelah dua tahun, diputuskan mengubah tanggal peringatan hari perempuan International menjadi 8 Maret. Dan sejak itu hari perempuan Nasional diperingati pada tanggal 8 Maret.

BACA JUGA : 

3. Mengapa harus memperingati Hari Perempuan Internasional

Hari perempuan Internasional bertujuan mencapai kesetaraan gender secara utuh oleh perempuan di seluruh dunia. Namun sampai saat ini tujuan itu belum terealisasi.

Misalnya, upah yang berbeda jauh antara pria dan wanita  terjadi di seluruh dunia. perempuan masih tidak diperlakukan setara dalam dunia bisnis dan politik.

Dunia memperingati hari perempuan Internasional bersama-sama untuk mengakui ketidaksetaraan ini dan pada saat sama merayakan pencapaian-pencapaian perempuan yang telah mampu mengatasi berbagai hambatan terkait dengan ketidaksetaraan gender.

4. Bagaimana cara untuk ikut memperingati hari perempuan Internasional?

Dan bagi anda yang ingin ikut berpartisipasi pada hari perempuan Internasional caranya mudah sekali. Pada website resminya, mengimbau wanita untuk melakukan pose #balanceforbetter dan mengunggahnya ke media sosial disertai pesan makna dari pose tersebut.

Pose #balanceforbetter dilakukan dengan mengangka tangan kiri dan kanan disertai membuka telapak tangan, menunjukkan keseimbangan.

Setiap tahunnya hari perempuan Internasional umumnya dirayakan secara berbeda di berbagai negara. Ada juga dari beberapa negara menjadikan tanggal 8 Maret sebagai hari libur nasional. Sementara di China dan nepal, hari libur dikhususkan kaum perempuan saja.

Dan pada negara-negara lain merayakan hari perempuan Internasional seperti hari ibu, jadi memberikan hadiah kepada ibu, kekasih, atau adik perempuan

Demikianlah penjelasan mengenai sejarah dan makna hari perempuan Internasional.