Pembahasan Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Komentar
Pembahasan Besaran Pokok dan Besaran Turunan
Besaran pokok dan besaran turunan - Image from : seputar pengetahuan

Kali ini wajib baca akan membahas tentang besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya.

Besaran pokok dan besaran turunan adalah segala suatu yang dapat diukur, dihitung, dan dinyatakan dalam angka serta mempunyai satuan.

Sehingga arti besaran pokok dan besaran turunan yaitu sesuatu yang digunakan untuk menyatakan ukuran besaran, atau suatu pembanding dalam kegiatan pengukuran suatu besaran.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak pada penjelasannya dibawah ini.

Sebelum membahas tentang apa itu besaran pokok dan besaran turunan serta satuannya. Kamu harus atau apa itu besaran dan satuan terlebih dahulu.

Besaran dan Satuan

Untuk mengukur setiap besaran dalam satuannya masing-masing, dengan cara membandingkan besaran tersebut dengan suatu standar.

Untuk memahami kalimat itu, bayangkan jika kamu mengukur besaran panjang suatu meja dan kamu mendapatkan panjangnya lima jengkal.

Nah itu artinya kamu membandingkan besaran panjang meja dengan panjang jengkal kamu dan tentunya jengkal kamu adalah standart nya.

Sedangkan satuan yaitu nama/istilah yang diberikan untuk mengukur besaran tersebut. Contohnya, second (S) untuk waktu.

Setiap besaran tersebut, memiliki satuannya masing-masing. berdasarkan satuan inilah besaran dapat dikelompokkan dalam dua bagian.

Pengertian Besaran Pokok dan Satuannya

Besaran pokok adalah besaran yang sudah didefinisikan dan ditetapkan satuan International ada 7 besaran. Berikut ini adalah macam-macam contoh besaran pokok :
  • Satuan Massa = Kilogram (Kg) simbol M
  • Satuan Panjang = Meter (m) simbol l
  • Satuan Waktu = Sekon (s) simbol t
  • Satuan Intensitas Cahaya = Candela (cd) simbol j
  • Satuan Jumlah Zat = Mol simbol
  • Satuan Kuat Arus = Ampere (A) simbol i
  • Satuan Suhu/Temperatur = Kelvin (K) simbol T

Tabel Besaran Pokok


Image from : rumus.co.id

Pengertian Besaran Turunan dan Satuannya

Besaran turunan merupakan suatu besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Selengkapnya beberapa kelompok besaran turunan yang disatukan dari sebuah tabel.

Tabel Besaran Turunan


Image from : rumus.co.id

BACA JUGA : 

Dimensi Besaran Turunan 

Dimensi besaran turunan merupakan suatu cara penulisan suatu besaran dengan memakai simbol besaran pokok atau bisa dikatakan dimensi merupakan suatu besaran menunjukkan cara besaran itu tersusun dari besaran pokok.

Ada jenis satuan besaran yang dipakai tidak mempengaruhi dimensi besaran tersebut. Misalkan satuan panjang bisa dinyatakan dalam m, cm, km, atau ft, dari keempat satuan itu memiliki dimensi yang sama yaitu L.

Dalam sistem mekanika, besaran pokok panjang, massa, dan waktu adalah besaran yang berdiri bebas satu sama lain, hingga bisa berperan sebagai dimensi.

Dan dimensi besaran panjang dinyatakan L, besaran massa M, dan besaran waktu T. Persamaan yang dibentuk oleh besaran pokok tersebut harus konsisten secara dimensional.

Kedua dimensi ruas wajib sama, dimensi suatu besaran yang dinyatakan dengan lambang huruf tertentu, umumnya diberikan tanda [].

Berikut ini contoh kecepatan (v) yang merupakan hasil bagi antara perpindahan (s) terhadap selang waktu (t). Maka dimensi kecepatan dapat dicari dengan cara sebagai berikut ini :


Contoh selanjutnya percepatan (a) yang merupakan hasil bagi beda kecepatan (v) terhadap selang waktu (t):


Dimensi juga dapat digunakan untuk mengecek kebenaran suatu persamaan. Seperti contohnya berikut ini:

1. Buktikan secara dimensional bahwa hasil perkalian gaya dan selang waktu ialah perubahan momentum.




Jawaban :


Tak hanya itu saja dimensi juga dapat digunakan untuk menurunkan persamaan suatu besaran dari besaran-besaran yang mempengaruhinya.

Demikianlah pengertian dan contoh besaran pokok dan besaran turunan. Semoga bermanfaat menambah informasi kamu.
Top