114 Surat dalam Al-Quran dan Terjemahannya

Komentar
al-quran
Al-Quran : Image from : islamidia.com

Apa arti Al Quran itu? Al Quran artinya adalah kitab agung yang tidak ada keraguan bahwasanya tulisan Al Quran datang dari sisi Allah.

Surat dalam Al Quran dan artinya dalam bahasa arab telah mewahyukan kepada nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril.

Membaca tulisan Al Quran juz 30 serta mendengarkan ayat ayat suci Al Quran dan artinya adalah satu cara untuk menikmati baca an ayat Al Quran tersebut.

Seorang muslim sudah seharusnya bisa membaca kitab Al Quran dan terjemahan dengan baik dan benar. Karena pasti ketika sholat kita membaca surat surat dalam Al Quran dan artinya

Saat membaca kitab suci Al quran dan terjemahannya, anda juga harus tau dan hafal macam macam surat AlQuran tersebut.

Untuk itu kali ini wajib baca akan memberikan informasi mengenai nama nama surat AlQuran beserta artinya dan urutan surat dalam Al Quran beserta artinya. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini

Arti dari Al Quran

Apabila memperhatikan dari pengertian secara umum arti dari Al Quran ini sendiri adalah wahyu dan firman Allah SWT yang diturunkan pada nabi dan rasul terakhir yaitu Muhammad SAW melalui malaikat jibril

Dan dari maksud di atas maka AlQuran artinya kitab suci umat islam yang bertujuan sebagai pedoman serta petunjuk hidup seluruh umat islam sepanjang zaman.

Yang mana jika kita membaca nama nama surat dalam Al Quran beserta artinya bisa menjadikan pahala untuk kita nantinya. Kita juga harus tau dan paham arti surat surat AlQuran tersebut.

Sedikit Tentang Sejarah Al Quran

Di dalam sejarah, Al Quran disebutkan sebagai kitab suci dan wahyu dari Allah SWT kepada nabi Muhammad SAW disampaikan oleh malaikat Jibril di gua hira tepat pada tanggal 17 ramadhan ketika nabi Muhammad SAW berusia 41 tahun.

Jadi sampai sekarang ini malam tersebut di dikenal sebagai malam "Nuzulul Qur'an" yang mana nama surat AlQuran beserta artinya yang disampaikan surat Al Alaq ayat 1-5 sedangkan nama surah dalam Al Quran dan artinya yang terakhir adalah surah al-maidah ayat 3

Pada zaman Rasulullah SAW tulisan-tulisan Al Quran tidak sama seperti sekarang yang sudah tersusun rapi dalam bentuk mushaf AlQuran 30 juz. Tetapi masih tertulis dalam batu-batu dan pelepah kurma.

Pada saat itu ada pemushafan semasa kekhalifahan di mana menurut sejarah ketika baginda nabi SAW wafat orang-orang muslim banyak yang kembali pada kekufuran serta terjadi peperangan yang banyak menewaskan para qori dan penghafal Al Quran.

Setiap zaman Al Quran sebagai kitab suci umat islam seluruh dunia masih di pegang dan di kaji secara rutin agar semua umat islam bisa menjadikan Al Quran sebagai rujukan atau pedoman berbagai permasalahan hidup atau di jadikan sebagai rujukan dalam memecahkan permasalah baik itu yang berkaitan dengan hukum atau tatanan hidup.

Sebab kesempurnaan Al-Quran di yakini paling bijak dan tidak ada satupun aturan-aturan yang lebih baik di banding dengan apa yang tersaji dalam ayat-ayat Al Quran, bahkan keakuratan aturan-aturan dalam Al Quran akan selalu sejalan dengan keadaan waktu dan kondisi. Apapun itu jamannya kitab suci umat islam ini akan selalu tepat di jadikan pedoman kehidupan.

Perlu anda ketahui urutan surat dalam al quran beserta artinya guna mempermudah memahami Al Quran. Nama surah AlQuran dan artinya ini diurutkan dari yang awal.

BACA JUGA : 

Nama Nama Surat AlQuran dan Artinya

Nama surat AlQuran dalam bahasa arab terdiri dari 114 surat. Nama surat AlQuran dan artinya ini dibagi menjadi dua yaitu surat Makkiyah(surat yang diturunkan di kota Makkah) dan Madaniyah (Surat yang turun di kota Madinah)

Arti arti surat dalam Al Quran ini berdasarkan para ulama. Arti surat dalam AlQuran juga diturunkan secara berangsur-angsur.

Nama surat AlQuran dalam bahasa arab dan terjemahannya dimulai dari surat Al Fatihah sampai surat An Nas.

Sekarang ini tulisan surat-surat dan arti surat dalam Al Quran sudah banyak tersaji dalam berbagi media. Namun tetap untuk menggali makna dan tujuan yang ada dalam Al Quran harus melalui guru atau para kyai yang ahli dalam bidangnya.







Karena Al Quran ini adalah kitab suci wahyu atau firman dari Allah SWT jika ingin menggali atau memahami tafsir yang ada didalamnya dengan benar, maka tidak bisa berpacu pada Al Quran digital saja.

Anda harus langsung menanyakan pada pak ustad atau pak kyai yang sudah memahami keilmuannya, sebab satu kata yang sama dalam Al Quran bisa memiliki makna dan tujuan yang berbeda.

Demikianlah penjelasan dari 30 jus dalam Al-Quran yang semoga bisa menambahkan ilmu dan informasi kepada anda.
Top