Resep Sambal Teri Gurih Pedas

 09 Jul 2019  Khoirul Rizky F
Resep Sambal Teri Gurih Pedas

Resep Sambal Teri - Image Source: youtube.com

Bagi orang Indonesia, kalau makan nasi putih hangat tapi tidak dibarengi dengan masakan yang pedas mungkin tidak terasa nikmat dan mengesankan.

Kalau berbicara mengenai masakan yang pedas dan gurih. Salah satu masakan pedas dan gurih yang cocok dihidangkan bersama nasi putih hangat, yaitu sambal teri.

Sambal teri merupakan salah satu jenis sambal favorit, karena sambal ini dapat memperkaya cita rasa makanan dan menggugah selera makan.

Dan juga sambal teri menjadi salah satu sambal idola banyak orang. Karena selain dapat menggugah selera makan, cita rasanya yang nendang sangat cocok dinikmati dengan nasi putih hangat.

Selain itu sangking disukai banyak orang, hasil pencarian di google untuk resep sambal teri pedas. Terdapat sekitar 3.553 varian resep yang mudah dibuat dan tentu saja enak.

Sedangkan hasil pencarian untuk resep sambal teri enak tahan lama. Terdapat kurang lebih 118 varian resep, dan juga masih banyak lagi varian resep sambal teri enak pedas lainnya!

Nah, bagi yang tertarik untuk membuat sendiri sambal teri dirumah tapi tidak mengetahui resepnya. Tenang, karena pada kali ini saya bagikan resep membuat sambal teri yang pedas, enak, dan sedap.

Daripada penasaran, silahkan simak resep dan cara membuat sambal teri enak pedas yang kami sajikan untuk anda dibawah ini.

Berikut Ini Resep dan Cara Membuat Sambal Teri

Resep Sambal Teri Gurih Pedas

Image Source: fimela.com

Bahan-Bahannya:

  • 100 gram ikan teri kering
  • 15 buah cabai rawit 
  • 3 buah cabai merah besar (buang isi)
  • Gula merah (secukupnya, sisir) 
  • 7 siung bawang merah 
  • 7 siung bawang putih 
  • Garam (secukupnya) 
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya) 
  • 1 lembar daun jeruk 
  • 1 buat tomat (belah 4 atau 6) 
  • Minyak goreng (secukupnya)

Cara Membuatnya:

  1. Rendam teri kering dengan air panas sebentar saja lalu tiriskan, sisihkan. Merendam teri ini dilakukan agar teri makin empuk dan semakin bersih.
  2. Haluskan bumbu-bumbu seperti cabai rawit, cabai merah besar, bawang putih, bawang merah, garam dan gula merah. Agar rasanya makin sedap, haluskan bumbu-bumbu ini secara manual dengan cobek. 
  3. Jika bumbu sudah halus, panaskan sedikit minyak lalu tumis bumbu hingga harum dan setengah matang. Aduk-aduk agar bumbu rata. 
  4. Masukkan teri ke dalam bumbu lalu aduk rata dan masak kembali. 
  5. Tambahkan daun jeruk, buah tomat dan kaldu ayam bubuk. Aduk-aduk lalu masak sampai teri benar-benar merata dan bumbu meresap. 
  6. Angkat lalu sajikan.

Baca Juga:

Demikian penjelasan diatas tentang resep membuat sambal teri yang enak dan pedas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

KOMENTAR