Resep Bola Ubi Kopong

Komentar
Resep Bola Ubi Kopong
Image Source: fimela.com

Siapa yang belum pernah mencicipi jajanan kekinian ini? Bola ubi kopong dengan citarasa legit ini termasuk jajanan pinggir jalan yang populer di Thailand dan negara-negara Melayu.

Namun, sekarang jajanan kekinian yang bernama bola ubi kopong ini bahkan sudah menjadi salah satu makanan yang hits di kalangan anak muda Indonesia.

Dan juga jangan salah meskipun salah satu jajanan yang lagi hits ini bernama bola ubi kopong, tapi sensasinya gak kopong.

Selain itu, sangking cukup populernya hasil pencarian di google untuk resep bola ubi kopong. Terdapat sekitar 306 varian resep, dan juga masih banyak lagi varian resep bola-bola ubi kopong enak lainnya!

Oleh karena itu, jika anda ingin menikmati kudapan dari ubi manis yang lain dari biasanya? Yuk, coba bikin bola ubi kopong yang enak ini.

Apalagi cara membuatnya cukup dengan hanya berbekal beberapa bahan saja, bola ubi kopong ini sudah dapat dibuat. Lantas bagaimana resep dan cara membuatnya?

Bagi anda yang penasaran seperti apa resep dan cara membuat bola ubi kopong yang lagi hits di era ini. Yuk, simak resep mudahnya dibawah ini.

Berikut Ini Resep dan Cara Membuat Bola Ubi Kopong

bola ubi kopong
Image Source: idntimes.com

Bahan-Bahannya:

  • 700 gram ubi jalar.
  • 200 gram tepung tapioka.
  • 5 sendok makan gula pasir.
  • 3 sendok makan baking powder.
  • Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuatnya:

  1. Cuci ubi jalar yang dan kupas kulitnya. Lalu, kukus ubi yang telah dikupas selama 15-20 menit hingga empuk.
  2. Setelah dikukus, haluskan ubi tersebut hingga lembut menggunakan garpu atau alat masak lainnya.
  3. Campurkan ubi jalar yang sudah lembut tadi dengan tepung tapioka, gula pasir, dan baking powder. Lalu, aduk dengan tangan.
  4. Setelah semua bahan bercampur, ambil sedikit demi sedikit dan bulat-bulatkan di tangan hingga berbentuk bola. Besar kecilnya sesuaikan dengan selera, tapi jangan terlalu besar.
  5. Goreng di minyak dengan api medium. Api jangan terlalu besar karena bola ubi tersebut bisa cepat gosong. Bolak balikan bola ubi yang sedang digoreng tersebut sambil ditekan-tekan agar tengahnya menjadi kopong.
  6. Setelah cukup berwarna coklat, tiriskan. Bola ubi kopong pun siap dihidangkan.

Baca Juga:

Video Cara Membuatnya:


Demikian penjelasan diatas tentang resep bola ubi kopong sederhana. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!
Top