Resep dan Cara Membuat Berbagai Macam Kue Ulang Tahun Anak

 02 Jul 2019  Taufiq Firmansah
Resep dan Cara Membuat Berbagai Macam Kue Ulang Tahun Anak
Kue ulang tahun - Image from detikfood.com

Kue ulang tahun adalah sebuah kue yang disajikan kepada seseorang pada hari ulang tahunnya. Kue ulang tahun biasanya dihiasi dengan nama seseorang yang sedang berulang tahun.

Maka untuk menunjang prosesi ini, tentunya perlu ada properti khusus yang digunakan, yaitu kue. Ulang tahun tanpa kue sama halnya dengan sayur yang kurang garam.

Sebagai seorang ibu pastinya ingin memberikan kejutan dihari ulang tahun anaknya, namun tak jarang karena keterbatasan budget atau dana sehingga menunda pemberian kejutan.

Nah kebetulan banget kalau kamu mau memberi kejutan untuk ulang tahun anak atau keluargamu, bisa nih contek ide resep cara membuat kue ulang tahun lucu, sederhana, enak, dan unik pokoknya nggak kalah deh sama kue ulang tahun di toko kue. Yuk ketahui…..

1. Kue ulang tahun coklat yang sederhana dan cantik

Resep dan Cara Membuat Berbagai Macam Kue Ulang Tahun Anak
Image from mamapapa.id

Untuk membuat kue ulang tahun coklat ini tergolong mudah dijamin anti gagal, modalnya pun murah dan bikinnya mudah. Karena kamu gak perlu menyediakan oven untuk membuatnya. Karena hanya dengan mengukus di dalam panci atau rice cooker saja sudah bisa

A. Bahan-bahan yang diperlukan :

1. 125 gr tepung terigu

2. 125 gr gula pasir

3. 100 gr margarin

4 125 gr coklat

5. 4 btr telur ayam

6. 1 sdt vanila bubuk

7. ½ sdm baking powder

8. 2 sdm tepung maizena

9. 1 sdm cake emusifier

10. 1 sdm coklat bubuk

11. Topping terserah bisa sellai, cherry, dan cream secukupnya.

B. Langkah-langkah membuat kue ulang tahun kukus:

1. Terlebih dahulu siapkan tempat wadah bersih ukuran sedang. Campurkan telur, gula pasir, cake emulsifier dan vanila bubuk.

2. Selanjutnya mixer langung kecepatan tinggi agar hasil adonan menjadi sempurna, adonan sempurna itu yang kaku dan mengembang.

3. Tambah dengan bahan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, tepung maizena campurkan ke dalam adonan telur dan gula. Kayak tepung terlebih dahulu agar hasil kue ulang tahun lebih halus dan lembut.

4. Sembari diaduk dengan perlahan agar semua bahan menyatu sempurna, selanjutnya sisihkan.

5. Lelehkan dark coklat dalam wadah yang bersih.

6. Lalu tambahkan margarin kemudian aduk rata bersama coklat. Tunggu sampai kedua bahan tercampur sempurna lalu matikan api dan biarkan sampai hangat.

7. Setelah itu, masukkan adonan coklat dan margarin tadi pada adonan tepung, telur, dan gula. Lalu aduk secara merata dengan perlahan, lalu sisihkan.

8. Siapkan wadah loyang bersih selanjutnya olesi pada bagian dalamnya dengan mentega hingga merata. Pastikan terlebih untuk memanaskan panci kukus dengan api sedang hingga airnya benar-benar mendidih.

9. Tumpahkan adonan pada loyang yang sudah disiapkan, kukus sampai matang (20 hingga 30 menit).

10. Bila sudah angkat kue ulang tahun kukus yang kini siap untuk dihias dengan selai, cherry, dan whipped cream sesuai selera.

2. Kue ulang tahun wafer yang simple

Resep dan Cara Membuat Berbagai Macam Kue Ulang Tahun Anak
Image from mamapapa.id

Cara membuat kue ulang tahun ini sangat mudah dan simple karena tidak membutuhkan bahan hiasan yang banyak. Cukup dengan wafer dan permen sudah menarik bagi si kecil. Yuk bun langsung dicoba.

A. Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. 5 butir telur ayam

2. 1 sendok teh SP

3. 200 gr gula pasir

4. 250 gr tepung terigu,

5. 100 ml santan

6. 100 gr margarin (cairkan)

7. vanili, pasta pandan.

8. Topping adalah wafer coklat, coklat aneka warna, permen, dan butter cream.

B. Langkah-langkah membuatnya:

1. Agar tidak lupa terlebih dahulu ayak tepung terigu lalu sisihkan

2. Oles-oleskan margarin pada Loyang serta tabur tipis tepung terigu

3. Kemudian mixer dengan kecepatan tinggi, bahan yang dimix adalah telur, gula pasir, sp, mixer hingga adonan putih dan kaku.

4. Bila sudah mengembang kurangi kecepatan mixer paling rendah lalu tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit.

5. Masukkan santan lalu aduk lagi hingga rata

6. Step akhir tambahkan margarin cairnya aduk lagi sampai rata, aduk dengan spatula, lalu tambahkan beberapa tetes pasta pandan.

7. Masukkan adonan di loyang, panaskan oven terlebih dahulu lalu masukkan Loyang.

8. Untuk mengecek kematangan tes dengan ditusuk (menggunakan tusuk sate atau garpu), jika tidak ada adonan yang menempel pada tusukan berarti kue sudah matang siap untuk diangkat.

9. Angkat Loyang dan dinginkan kue rapikan kue sebelum diolesi butter cream. Olesi dengan merata lalu beri wafer sebagai pagar mengelilingi kue beri pita agar wafer tak lepas dari kue, setelah itu beri topping sesuai selera.

3. Kue ulang tahun anak dari cupcake

Resep dan Cara Membuat Berbagai Macam Kue Ulang Tahun Anak
Image from mamapapa.id

Tak hanya kue tart aja yang bias menjadi kue ulang tahun, sekarang banyak macam kue yang bisa digunakan sebagai kue ulang tahun lucu. Kue cupcake yang kekinian ini sangat mudah cara pembuatannya.

A. Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. 200 gram tepung terigu

2. 250 gram gula pasir

3. 120 gram mentega

4. 2 btr telur ayam

5. 150 ml susu cair

6. 1 sdm pasta vanilla

7. 1 sdt baking powder

8. Butter cream

9. Pewarna makanan secukupnya.

Baca Juga:

1. Lelehkan mentega lalu campurkan gula, vanilla aduk hingga mengembang dan pucat, tambahkan telur, mixer lagi hingga bercampur rata dan mengembang.

2. Setelah itu tambah terigu yang telah dicampur dengan baking powder, dan susu sampai tercampur merata.

3. Masukkan adonan kedalam cetakan cupcake yang telah dilapisi cup cases.

4. Masukkan panggangan dan di oven suhu 180℃, selama 25-30 menit.

5. Angkat cupcake, lalu dinginkan, dan hias dengan butter.

Bagaimana bun, mudah bukan? Yuk cobain di rumah bun, ajak si kecil agar semakin menyenangkan. Membuat anak senang itu kebahagian tersendiri rasanya.