10 Cara Mengurangi Nafsu Makan yang Bisa Anda Coba

Komentar
10 Cara Mengurangi Nafsu Makan yang Bisa Anda Coba
cara mengurangi nafsu makan - Images Nakita Grid

Pernah anda ingin  makan lagi dan lagi padahal baru saja makan?Bagi yang ingin menurunkan berat badan, mengurangi nafsu makan bisa jadi cara ampuh. Demi kelancaran diet untuk menurunkan berat badan anda harus bisa menahan nafsu makan yang berlebih tersebut.

Cara menahan nafsu makan

  • Minum air putih.
  • Olahraga. 
  • Coba tanyakan ke diri sendiri. 
  • Kurangi stres. 
  • Makan lebih banyak protein. 
  • Jadwalkan waktu makan dan ngemil. 
  • Kunyah permen karet.

Sebelum menjelaskan cara mengurangi nafsu makan, bahwa kesulitan menahan nafsu makan bsa disebabkan oleh berbagai faktor seperti stress, hormon dan lingkungan. Jika tidak ditangani dengan baik, nafsu makan yang besar dapat mengakibatkan kenaikan berat badan hingga obesitas. Lalu bagaimana cara menekan nafsu makan? Simak ulasan berikut ini.

Cara mengurangi nafsu makan

1. Banyak minum air putih

Cara mengurangi nafsu makan yang pertama dengan mengkonsumsi banyak air putih. Minum 2 gelas air putih sebelum makan. Bertujuan agar merasa lebih kenyang.

2. Makanan kaya protein

Memakan makanan kaya protein ke dalam menu diet adalah cara mengurangi nafsu makan yang bisa dilakukan. Makanan kaya protein dapat meningkatkan rasa kenyang, membuat makan sedikit saat anda memakan makanan.

3. Minum kopi

Selain untuk mengatasi ngantuk, kopi juga berguna untuk mengurangi nafsu makan anda. Penelitian menunjukkan kopi meningkatkan pelepasan peptida diproduksi di usus sebagai respons terhadap makan dan meningkatkan perasaan kenyang.

4. Makan dengan piring berukuran kecil

Piring kecil guna mengontrol nafsu makan, cobalah makan dengan menggunakan piring kecil. Dengan begitu porsi makan akan berkurang sehingga mencegah anda untuk menghabiskan makanan dalam porsi besar.

5. Konsumsi jahe

Jahe sendiri adalah salah satu bahan makanan yang bisa mengontrol nafsu makan. Sebuah studi menemukan bahwa mengkonsumsi jahe yang dilarutkan dalam air panas saat sarapan mengurangi rasa lapar.

6. Konsumsi dark chocolate

Rasa pahit dari dark chocolate dipercaya mampu mengurangi nafsu makan dan mengurangi nafsu untuk ngemil. Asam stearat dalam dark chocolate dapat memperlambat pencernaan dan meningkatkan kenyang.

Baca Juga:

7. Makanan yang kaya serat

makanan memiliki kandungan serat yang tinggi dapat meregangkan perut, memperlambat laju pengosongan makanan dan mempengaruhi pelepasan hormon. Serat bisa berfermentasi di usus, menghasilkan asam lemak rantai pendek. Makanan kaya serat biasanya mengandung banyak nutrisi bermanfaat seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan senyawa pada tanaman yang bermanfaat bagi tubuh.

8. Tidur yang cukup

Waktu tidur yang kurang menyebabkan kenaikan berat badan karena cenderung mengkonsumsi camilan di malam hari. Saat waktu anda tidak cukup untuk tidur akan mengeluarkan hormon leptin dan ghrelin lebih banyak. Kedua hormon tersebut adalah hormon yang bisa meningkatkan nafsu makan. Tidur anda setidaknya tujuh jam setiap malam, hal ini akan menurunkan kadar hormon dalam tubuh.

9. Olahraga dengan teratur

Olahraga meningkatkan hormon peptide YY yaitu hormon yang berfungsi untuk menekan nafsu makan. Intensitas olahraga menentukan tingkat nafsu makan seseorang. Olahraga aerobik selama 60 menit bisa menekan nafsu makan lebih tinggi dibandingkan dengan aerobik dengan durasi sama.

10. Tidak melewatkan sarapan

manfaat sarapan adalah membuat anda kenyang. Jika anda tidak sarapan tubuh akan cenderung merasa lapar terus menerus dan membuat porsi makan lebih banyak.

Demikian artikel mengenai cara mengurangi nafsu makan semoga bermanfaat.
Top