Mengenal Sifat-sifat Air yang Sebenarnya Sangat Luar Biasa

 18 Jun 2019  Khoirul Rizky F
Mengenal Sifat-sifat Air yang Sebenarnya Sangat Luar Biasa

Image Source: thinglink.com

Ada banyak sekali benda-benda yang dapat kita temui di permukaan Bumi. Setidaknya ada 3 jenis benda yang dapat kita temukan di Bumi, yakni cair, padat dan gas. Ketiga benda ini sangat berbeda baik bentuk maupun sifatnya.

Benda-benda cair misalnya adalah air, benda padat misalnya adalah batu, dan benda gas yang paling banyak kita temui adalah udara. Nah, oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas dan mengenal apa itu air dan sifat-sifatnya.

Air adalah sumber kehidupan, air dengan rumus kimia H2O adalah benda tak berwarna, tak berbau, dan tak berasa yang diperlukan oleh semua kehidupan di bumi agar mereka dapat bertahan hidup.

Lalu apa saja sifat sifat air? Daripada penasaran, langsung saja silahkan anda simak sedikit informasi mengenai beberapa sifat sifat benda air dibawah ini.

Berikut Ini Beberapa Sifat Sifat-sifat Air

1. Air menempati ruang

Air mempunyai sifat menempati ruang. Contohnya air yang dituangkan pada gelas maka, air tersebut akan menempati ruang dalam gelas sehingga bentuknya seperti gelas. Begitu juga air yang dituangkan dalam botol, maka air tersebut akan menempati ruangan dari botol dan bentuknya akan seperti botol.

2. Air mempunyai berat

Air memiliki berat. Contohnya apabila sebuah ember yang kosong diisi air hingga penuh, maka apabila ember tersebut diangkat akan terasa lebih berat.

3. Permukaan air yang tenang selalu datar

Air tenang memiliki sifat permukaannya selalu datar. Ccontohnya air didalam gentong, gelas atau benda yang lain, apabila diamati permukaan air tersebut akan selalu datar. Nah, sifat permukaan air yang selalu datar ini digunakan oleh tukang bangunan sebagai dasar pengukuran pemasangan ubin atau tembok batu bata agar tidak miring dengan alat yang bernama waterpass.

4. Air mengalir dari tempat tinggi ketempat yang lebih rendah

Air mempuyai sifat mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Contoh saja air sungai, air sungai mengalir dari pegunungan atau mata air di tempat yang tinggi  menuju ke tempat yang lebih rendah. Begitu juga air yang dituangkan pada permukaan papan, maka akan bergerak ke bawah menuju tanah, karena air mempunyai sifat mengalir dari tempat yang tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah.

Baca Juga:

5. Air melarutkan beberapa zat

Air memiliki sifat yang dapat melarutkan beberapa zat. Contohnya gula yang dimasukan ke dalam air lalu diaduk-aduk, maka butiran gula tersebut akan hilang. Hilangnya butiran gula tersebut karena larut dalam air, gula yang ada didalam air akan hilang karena air memiliki sifat dapat melarutkan beberapa zat.

6. Air menekan ke segala arah

Air mempunyai sifat menekan kesegala arah. Contohnya apabila kantong plastik diisi air lalu kantong plastik tersebut ditusuk jarum, maka air tersebut akan keluar. Keluarnya air tersebut karena air mempunyai sifat menekan ke segala arah.

7. Air meresap melalui celah kecil

Air mempunyai sifat meresap ke celah-celah kecil. Contoh saja air hujan yang turun dari langit ke permukaan tanah, maka akan menggenangi permukaan tanah tersebut. Tetapi lama-kelamaan air itu akan habis, karena air itu meresap melalui celah-celah kecil tanah. Contoh lain adalah pada kompor minyak, dimana minyak tanah yang ada di bawah akan meresap melalui celah sumbu sehingga sumbu bagian atas dapat dinyalakan.

8. Air dapat berubah wujud

Air mempunyai sifat dapat berubah wujud. Contoh saja dalam pembuatan es batu, air yang dibungkus kantong plastik lalu di masukan kedalam kullkas atau pendingin maka air tersebut lama kelamaan akan berubah wujud dari cair menjadi padat.

Ada beberapa perubahan wujud benda yaitu:

  • Pencairan/mencair yaitu perubahan wujud dari padat menjadi cair.
  • Pengembunan yaitu perubahan dari gas menjadi cair.
  • Penyubliman yaitu perubahan wujud dari padat menjadi gas

Demikian penjelasan diatas mengenai sifat sifat air lengkap. Semoga bermanfaat!

KOMENTAR