Rekomendasi 10 Sayur Untuk Diet yang Ampuh Turunkan Berat Badan

 26 Jun 2019  Vernandhea
Rekomendasi 10 Sayur Untuk Diet yang Ampuh Turunkan Berat Badan

sayur untuk diet image from pinterest.com

Bagi kamu yang memiliki bentuk badan yang gemuk dan tidak ideal, pastinya akan melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Dimulai dengan berolahraga, menghindari makanan berkalori tinggi hingga melakukan diet ketat tanpa mempertimbangkan asupan gizi yang benar.

Apabila saat ini Anda yang tengah melakukan program diet, harus pandai-pandai memilih menu makanan. Salah satunya dengan mengonsumsi sayur untuk diet sehat Anda. Sayuran mengandung banyak serat yang membantu kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari makan yang berlebihan.

Ada beberapa Jenis sayuran untuk diet yang rendah kalori namun kaya akan nutrisi penting lain yang dibutuhkan tubuh. Maka tak heran jika sayuran bisa menjadi salah satu pilihan diet sehat. Pada saat ini banyak sekali jenis sayuran penurun berat badan yang bisa kamu dapatkan di berbagai tempat terutama di pasar pasar swalayan atau supermarket.

Banyak wanita yang menyerah akan diet seperti ini karena tidak banyak yang menyukai sayuran, apalagi jika dijadikan makanan utama sehari-hari. Padahal sayuran hijau kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang dapat membantu menurunkan risiko beragam penyakit, seperti diabetes, kanker, dan sakit jantung.

Maka dari itu, pada artikel ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa sayuran terbaik untuk diet Anda yang bisa dicoba dirumah. Lalu apa saja sayur untuk diet tersebut? Berikut ulasannya;

Rekomendasi 10 Sayur Untuk Diet Sehat Anda

1. Bayam

Bayam adalah sayuran yang mengandung zat besi yang tinggi. Sayur untuk diet yang satu ini juga dilengkapi dengan vitamin C dan folat. Selain itu, bayam juga kaya akan kandungan zat besi dan vitamin K. Sayur bayam juga mengandung berbagai macam mineral, vitamin, serat, dan antioksidan yang tinggi. 

Serat pada bayam berfungsi untuk mengurangi penimbunan air di dalam tubuh yang dapat membuat berat badan menjadi meningkat. Bayam dalam satu mangkuk saji (30 gram), dengan rata-rata kandungan kalori hanya sekitar 7 kalori, dan mengandung 56 persen dari keseluruhan asupan vitamin A harian yang dibutuhkan tubuh.

2. Brokoli

Rekomendasi 10 Sayur Untuk Diet yang Ampuh Turunkan Berat Badan
image from pinterest.com

Brokoli menjadi sayur untuk diet yang baik karena mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Jadi sangat cocok dikonsumsi orang yang tidak atau sedikit makan nasi namun tetap ingin mendapatkan nutrisi yang diperlukan. Brokoli juga tergolong sayuran yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan bobot tubuh.

Dalam satu mangkuk saji atau sebanyak 90 gram, brokoli memberikan tubuh 135 persen dari asupan vitamin C harian, 116 persen dari asupan vitamin K harian, folat, dan kalium. Brokoli juga tinggi akan kandungan serat dan kalsium yang penting untuk diet.

3. Selada

Rekomendasi 10 Sayur Untuk Diet yang Ampuh Turunkan Berat Badan
image from kinkong.ru

Selada adalah sayuran yang biasanya dimasukkan dalam olahan salad. Selain itu, ternyata selada juga mampu dalam menurunkan berat badan. Selada merupakan sayuran yang rendah kalori dan rendah karbohidrat, sangat cocok untuk dijadikan sayur untuk diet. Makan selada dapat menjaga kesehatan jantung karena memiliki nutrisi seperti kalium yang mencegah kenaikan tekanan darah. 

Tak hanya itu saja selada juga ampuh untuk menanangkan diri dari rasa stres ketika kamu sedang menjalani diet,  itulah sebabnya sayuran ini sangat baik dikonsumsi terutama kamu yang ingin menurunkan berat badan. Sayur yang banyak disajikan mentah ini dikenal kaya vitamin B, serat, dan folat. Selain itu, selada juga rendah kalori, yaitu hanya sekitar 8 kalori dalam satu porsi makan. Pola makan tinggi serat sudah terbukti baik untuk membantu menjaga berat badan dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

4. Bunga Kol

Rekomendasi 10 Sayur Untuk Diet yang Ampuh Turunkan Berat Badan
image from sulawesita.com

Jika dilihat sekilas bunga kol memang mirip dengan brokoli dan hanya berbeda warna. Sayur yang direkomendasikan untuk program diet ini memiliki kandungan vitamin C paling tinggi dibandingkan jenis sayuran lainnya. kandungan vitamin C inilah yang sangat membantu dalam pembakaran lemak di dalam tubuh pada saat anda sedang beraktivitas. Diet dengan menggunakan bunga kol dapat menggantikan asupan karbohidrat seperti nasi dan gandum. Beberapa penelitian menunjukkan pola makan tinggi sayur yang mengandung antioksidan dan serat dapat mengurangi risiko kanker.

5. Sawi Putih

Sayur yang cocok untuk menurunkan berat badan selanjutnya adalah sawi putih. Sawi putih atau sering dikenal sebagai sawi cina merupakan salah satu jenis sayuran yang bagus untuk diet. Sawi putih mengandung kalsium, kalium, magnesium, dan kaya akan vitamin K, vitamin A, dan vitamin C. Selain itu, sawi putih juga mengandung zat anti oksidan dan anti inflamasi yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Anti inflamasinya juga dapat tubuh terhadap peradangan, sehingga dapat mencegah penyakit seperti arthritis.

6. Rumput Laut

Rekomendasi 10 Sayur Untuk Diet yang Ampuh Turunkan Berat Badan
image from idntimes.com

Biasanya Kita sering makan rumput laut namun dalam bentuk nori. Rumput laut yang kita bahas bukan cuma nori ya. Rumput laut adalah alga atau ganggang laut (biasanya jenis yang cokelat, hijau, dan merah) yang dapat dimakan. Rumput laut, terutama jenis kelp merupakan sumber terbaik untuk yodium yang baik dikonsumsi untuk penderita hipotiroid. Rumput laut mengandung kalsium, omega-3 asam lemak, berbagai macam vitamin (vitamin A, B12, B6, C, dan K) dan mineral lainnya. Rumput laut juga merupakan sayuran yang mengandung zat besi, selain itu rendah kalori dan memiliki serat yang tinggi sehingga bagus untuk dijadikan sebagai sayuran untuk diet.

7. Labu Siam

Rekomendasi 10 Sayur Untuk Diet yang Ampuh Turunkan Berat Badan
image from pinterest.com

Labu siam memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh. Misalnya, vitamin C, vitamin B kompleks, fosfat, folat, seng, tembaga, tinggi serat, rendah kalori, dan zat besi yang tinggi. Sayur ini sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Labu siam direkomendasikan dalam daftar sayur untuk diet karena mengandung 16 kalori dalam tiap 100 gramnya. Selain itu, sayuran berbentuk buah ini juga tidak memiliki kandungan lemak jenuh serta kolesterol.

Karbohidrat tinggi yang ada pada labu siam bisa digunakan sebagai pengganti nasi saat pagi dan malam hari. Kandungan air yang cukup tinggi pada labu siam juga akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Sementara, kandungan mangan akan membakar lemak jahat atau LDL di dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol, serta ampuh menurunkan berat badan.

8. Terong

Terong merupakan salah satu makanan yang anti-gemuk. Terong kaya akan kandungan air namun rendah kalori. Satu porsi terong yang dibakar atau diolah tanpa minyak hanya mengandung kira-kira 24 kkal. Selain dapat mengurangi berat badan, terong juga menyimpan banyak manfaat sayuran. Seperti sayuran berwarna lainnya, terong juga kaya akan vitamin K dan E. Kandungan lainnya juga baik untuk menjaga kesehatan jantung, kulit, otak, juga sistem pencernaan.

Baca Juga:

9. Wortel

Sayuran yang berwarna oranye ini tak hanya bermanfaat untuk mata, tetapi juga dalam menurunkan dalam berat badan. Wortel memiliki kandungan beta karoten yang cukup tinggi yang dapat membantu metabolisme tubuh serta dapat membakar lemak tubuh lebih cepat. Tak hanya itu saja, wortel juga mengandung serta yang mana setengahnya merupakan serat larut kalsium pektat yang dapat berguna untuk menurunkan kolestrol serta nafsu makan berlebih. 

10. Paprika Merah

Paprika adalah cabai besar berbentuk lonceng ini punya tiga varian warna, yaitu merah, kuning, dan hijau. Semua varian warna ini punya fungsi sama dalam menurunkan bobot tubuh, namun yang paling utama adalah jenis paprika merah. Paprika merah dapat menjaga kesehatan karena kandungan likopen dan asam lemak di dalamnya.

Pakar kesehatan mengatakan bahwa paprika merah merupakan sumber nutrisi yang bagus dengan 100 gram paprika merah mengandung 31 kalori. Jika dikonsumsi setiap hari, akan mendapatkan 200% asupan vitamin C. Para ahli menyarankan untuk menyantap paprika setiap hari agar terhindar dari penyakit paru-paru, kanker usus besar, dan kanker pankreas.

Demikianlah artikel tentang rekomendasi 10 sayur untuk diet yang ampuh turunkan berat badan. Tidak ada salahnya mencoba diet sehat dengan salah satu jenis sayur di atas agar terhindar dari resiko diet yang salah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.