15 Rekomendasi Makanan Rendah Kalori yang Baik Dikonsumsi Saat Diet

 18 Jun 2019  Vernandhea
15 Rekomendasi Makanan Rendah Kalori yang Baik Dikonsumsi Saat Diet

image from pinterest.com

Kalori adalah energi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas, kalori didapat dari makanan yang Anda makan sehari-hari. Namun seringkali kita mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori yang berlebih, sehingga menimbulkan kenaikan berat badan dan harus menjalankan program diet.

Bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan program diet, Anda mungkin bingung dalam memilih makanan. Makanan yang cocok dikonsumsi saat diet adalah makanan rendah kalori namun memiliki nutrisi tinggi. Makanan rendah kalori tinggi nutrisi sangat dibutuhkan tubuh dalam menjaga kesehatan saat diet.

Makanan rendah kalori yang baik untuk diet dan menjaga berat badan adalah makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang sangat penting bagi tubuh. Tiap makanan mengandung kalori yang dibutuhkan untuk tubuh. Namun, jika jumlah kalori yang masuk lebih banyak dari jumlah kalori yang digunakan, maka dapat berakibat kepada peningkatan berat badan. 

Konsumsi makanan rendah kalori sangat dianjurkan saat diet dan untuk membantu menurunkan berat badan. Sebagian orang ada yang beranggapan bahwa makanan yang tinggi kalori pasti mengenyangkan. Namun, tidak semua makanan tinggi kalori pasti mengenyangkan, sebaliknya ada makanan rendah kalori tapi bikin kenyang yang bisa Anda coba.

Lalu apa saja makanan rendah kalori yang cocok dikonsumsi saat diet?  Berikut ini beberapa makanan rendah kalori yang bisa Anda coba dirumah;

15 Rekomendasi Makanan Rendah Kalori yang Baik Dikonsumsi Saat Diet

1. Jamur

Makanan rendah kalori yang bisa Anda coba dirumah adalah jamur. Selain rasanya yang enak jamur mengandung lebih banyak protein dan vitamin C, namun kalori dan lemak dalam jamur sangat sedikit sehingga jamur akan menjadi makanan pertama yang harus Anda coba saat diet.

2. Tomat

Selain dapat dibuat jus dan sayur untuk dimasak, tomat mempunyai kalori yang rendah karena tomat adalah makanan yang mengandung banyak lycopene dan vitamin C. Konsumsi tomat pada siang hari sangat baik dalam menurunkan berat badan.

3. Bayam

Sayuran yang satu ini mengandung protein dan antioksidan yang relatif tinggi. Bayam sangat cocok untuk diet karena konsumsi bayam setiap hari dapat meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan dengan cepat. 

4. Jeruk Bali

Makanan rendah kalori selanjutnya adalah jeruk bali. Kandungan antioksidannya yang tinggi dan vitamin C pada jeruk bali membantu metabolisme di pagi hari dan lebih cepat menurunkan berat badan.

5. Blueberry 

Buah blueberry adalah makanan rendah kalori yang cocok untuk ngemil saat diet. Buah blueberry mengandung kalori yang sedikit dan mengandung antioksidan tingkat tinggi yang membantu meningkatkan penurunan berat badan secara efektif. 

6. Teh Hijau

Minum teh hijau tanpa gula atau susu dapat menjadi minuman yang kaya nutrisi bagi Anda yang sedang diet. Mengonsumsi secangkir teh hijau untuk membantu menurunkan berat badan dan membakar kalori.

7. Wortel

Saat Anda sedang diet cobalah untuk mengkonsumsi wortel mentah sebagai camilan, selain sehat dan rendah kalori, wortel mentah juga mengandung 2 gram serat yang baik untuk sistem pencernaan.

8. Kue Beras Polos

Kue beras polos merupakan makanan rendah kalori tinggi serat dan karbohidrat yang cocok saat diet. Kue beras polos adalah olahan beras yang rendah kalori dengan hanya mengandung 31 kalori setiap potongnya. Kue beras bisa menjadi pilihan camilan sore Anda. Kandungan lemak dan gula yang sedikit bisa membantu program diet Anda.

9. Apel

Buah populer satu ini juga masuk dalam makanan rendah kalori yang cocok untuk diet. Buah Apel mengandung 95 kalori dan satu buah apel mengandung 4 gram serat, sehingga juga baik sebagai makanan penderita diabetes.

10. Alpukat

Buah alpukat termasuk kedalam makanan rendah kalori dan makanan rendah kolestrol. Buah alpukat mengandung karbohidrat dan lemak yang baik, juga mengandung banyak air yang akan membuat perut terasa lebih kenyang.

11. Ikan Tuna

Tuna adalah ikan yang dagingnya mengandung sedikit lemak dan sedikit kalori tetapi dengan jumlah protein yang cukup besar. Jadi, bagi yang sedang diet mengkonsumsi ikan tuna sangat baik sekali.

12. Dada Ayam

Dada ayam ini merupakan bagian dari ayam yang mengandung sedikit lemak. Dada ayam juga merupakan sumber protein yang sangat baik yang dapat membuat seseorang merasa jauh lebih kenyang dan merasa kenyang lebih lama. 

Baca juga:

13. Putih Telur

Putih telur merupakan makanan sumber protein yang baik dikonsumsi saat diet. Selain kaya protein putih telur mengandung banyak lemak tak jenuh dan sedikit kalori.

14. Paprika

Tahukah Anda bahwa seiris paprika mentah hanya mengandung 2 kalori. Maka dari itu paprika juga diyakini dapat membantu Anda membakar lemak lebih cepat dan kandungan folat dan vitamin B6 pada paprika dapat mengurangi pembengkakan di arteri serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

15. Kacang Almond

Selain rasanya yang gurih, kacang-kacangan bisa menjadi alternatif makanan untuk diet Anda. Sebagai contoh, kacang almond mengandung vitamin E, vitamin B2, dan serat yang berkalori rendah. Setiap 100 gramnya hanya memiliki 160 kalori.

Demikianlah artikel tentang 15 rekomendasi makanan rendah kalori yang baik dikonsumsi saat diet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan program diet. Selamat mencoba.

KOMENTAR