6 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah Serta Cara Mengatasinya

 25 Jun 2019  Wahyu Fajar
6 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah Serta Cara Mengatasinya

Penyebab bibir kering via doktersehat.com

Pernahkah Anda mengalami bibir pecah-pecah? Pastinya sebagian orang tentu pernah merasakan bibir pecah-pecah ini. Bibir kering dan pecah-pecah sangat rentan terjadi dan dapat mengganggu kegiatan setiap orang. Bibir kering dan pecah-pecah adalah kondisi yang umum terjadi dan bisa terjadi pada siapa saja, orang dewasa maupun anak-anak. Apa penyebab bibir kering dan luka?

Bibir adalah bagian wajah yang paling sering diperlihatkan dan sangat menonjol. Bibir lembut dan merah merona adalah impian banyak wanita. Setiap orang pasti pernah mengalami keluhan pada bibirnya, termasuk keluhan bibir kering dan pecah-pecah.

Hampir semua orang pernah merasakan masalah bibir pecah-pecah. Selain mengganggu penampilan Anda, bibir kering juga akan menyebabkan kulit bibir terasa sakit, tidak nyaman, bahkan sampai berdarah. Penyebab bibir kering dan pecah-pecah ada beragam faktornya.

Bibir memiliki kondisi kulit yang berbeda dibandingkan dengan bagian kulit lainnya, hal ini karena kulit bibir pada dasarnya tipis dan halus. Maka dari itu, kulit bibir akan lebih mudah kering dan retak. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang menjadi apa penyebab bibir kering dan terkelupas yang bisa Anda ketahui serta cara mengatasinya.

Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan membagikan beberapa penyebab bibir kering dan pecah-pecah yang bisa Anda ketahui. Maka dari itu simak terus artikel ini untuk mendapatkan alasan apa saja penyebab bibir kering berikut.

Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah

Apa penyebab bibir kering dan pecah pecah? Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah.

1. Dehidrasi

Pernahkah Anda merasakan dehidrasi? Dehidrasi selain menganggu keseimbangan mineral dalam tubuh, menyebabkan kerusakan sistem organ dalam tubuh, tapi juga berdampak negatif pada kulit Anda terutama bibir.

Gejala dehidrasi itu sendiri meliputi pusing, sembelit, penurunan produksi urin, bibir kering, dan sakit kepala. Bahkan pada beberapa kasus, dehidrasi juga bisa menyebabkan tekanan darah rendah, demam, napas yang berlebihan, atau jantung berdebar.

Untuk menghindari dehidrasi ini, Anda cukup perlu minum 8-12 gelas air setiap hari. Jika Anda seorang atlet atau penderita diabetes, dianjurkan untuk minum lebih banyak agar cairan dalam tubuh tidak terkuras dengan cepat.

2. Menjilat bibir

Tentu setiap orang pernah menjilat bibir bukan? Salah satu kebiasaan ini sering Anda lakukan ketika bibir terasa kering. Meskipun menjilat bibir dapat memberikan kelembapan sementara, namun air liur yang berpindah dari mulut ke bibir Anda akan menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis sehingga menghilangkan kelembapan alaminya.

Air liur mengandung enzim yang berfungsi untuk membantu mencerna makanan, bukan sebagai pelembap tambahan bagi bibir Anda. Air liur akan dengan cepat menguap setelah terkena kontak dengan udara luar, sehingga membuat bibir kembali kering dan mengelupas.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan lipbalm untuk membantu Anda mengurangi kebiasaan buruk ini. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan gel lidah buaya pada bibir Anda. Hal ini karena lidah buaya mengandung zat yang dapat memperbaiki struktur kulit bibir yang kering. Rasa pahitnya juga akan menghindari Anda dari kebiasaan menjilati bibir.

3. Menggigit bibir

Selain menjilati bibir, kebiasaan menggigit bibir juga sering dilakukan oleh orang-orang yang gugup dan cemas, sedang konsentrasi pada hal tertentu, atau hanya untuk mengisi waktu luang. Perlu Anda ketahui juga bahwa kebiasaan menggigit bibir juga bisa mengancam kesehatan bibir Anda. Saat Anda menggigit bibir, gigi akan mengiritasi bibir sehingga membuat lapisannya terkoyak dan retak, bahkan sampai berdarah.

3. Minum terlalu banyak alkohol

Meminum minuman yang mengandung alkohol tidak hanya dapat mengganggu kesehatan, tapi juga menjadi salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini karena meminum alkohol secara berlebihan akan mengganggu proses penyerapan vitamin dalam tubuh yang mengakibatkan tubuh tidak bisa memenuhi asupan vitamin yang cukup.

Selain itu, mengkonsumsi alkohol yang berlebihan juga bisa menyebabkan dehidrasi. Untuk mengatasinya, sebaiknya ganti kebiasaan minum alkohol ini dengan minuman yang lebih menyehatkan tubuh Anda, agar asupan cairan Anda sepanjang hari tercukupi dengan baik.

4. Makanan asin atau pedas

Sebagian orang tentu suka makanan asin atau pedas. Tapi tahukah Anda ternyata kebiasaaan ini dapat orang mudah mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Garam yang terkandung dalam makanan asin dapat mengiritasi lapisan kulit bibir dan menyebabkan peradangan, begitu pula makanan pedas. Maka dari itu sebaiknya kurangilah mengkonsumsi makanan asin atau pedas mulai sekarang. Selain itu, jangan lupa mengkonsumsi banyak buah dan sayur agar keseimbangan pH tubuh dapat tercukupi.

5. Terpapar sinar matahari berlebihan

Paparan sinar matahari secara langsung juga merupakan penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah, bahkan saat cuaca berawan dan mendung. Untuk mencegahnya, Anda cukup mengoleskan lipbalm yang mengandung minimal SPF15 setiap kali akan beraktivitas di luar ruangan.

Pilihlah lipbalm yang mengandung titanium dioxide, zinc oxide, atau avobenzone (butylmethoxydibenzoylmethane) sebagai properti pelindung UVA. Kandungan lipbalm itu akan membantu Anda melembapkan bibir, sementara properti pelindung sinar matahari yang terkandung di dalamnya berguna untuk meminimalisir efek pengeringan bibir.

6. Konsumsi obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu ternyata juga bisa menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu ada beberapa obat-obatan yang bisa meningkatkan risiko bibir pecah, diantaranya:

  • Suplemen vitamin A
  • Retinoid (Retin-A, Differin)
  • Lithium – obat-obatan gangguan bipolar
  • Obat-obatan kemoterapi
  • Obat anti-jerawat isotretinoin, atau Accutane

Baca Juga:

Tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengobati dan mencegah bibir kering ini adalah rutin mengoleskan lipbalm ber-SPF dan cukupi asupan cairan Anda setiap hari. Selain itu Anda juga bisa lakukan scrub bibir sebelum mengaplikasikan lipbalm dan lipstik. Butiran scrub ini akan membantu mengangkat sel kulit mati.

Aplikasikan lipbalm ini setiap menjelang tidur. Hindari lipbalm yang mengandung menthol, camphor, peppermint, ekstrak citrus, atau pewangi. Karena bahan ini dapat memperparah kondisi bibir kering dan pecah-pecah.

Nah, itulah tadi beberapa penyebab bibir kering dan pecah-pecah yang bisa Anda ketahui. Apabila kondisi bibir pecah-pecah ini tak kunjung sembuh, sebaiknya periksakan segera ke dokter.

Demikian penjelasan tentang apa penyebab bibir kering dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.