Daftar 11 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia

 18 Jun 2019  Khoirul Rizky F
Daftar 11 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia

Image Source: nusantarakaya.com

Kepulauan atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Archipelago merupakan sebuah sebutan untuk sekumpulan pulau-pulau atau gugusan dari beberapa buah pulau.

Sedangkan itu, yang dimaksud dengan negara kepulauan adalah suatu negara yang seluruhnya terdiri dari satu dan lebih kepulauan serta dapat mencakup pulau-pulau lain.

Nah, berbicara mengenai negara kepulauan, sebenarnya banyak hal yang bisa kita bahas. Namun, pada kesempatan kali ini hanya akan membahas mengenai daftar negara kepulauan terbesar di dunia.

Sebenarnya di dunia ini terdiri dari 193 negara berdaulat yang diakui oleh Internasional yang telah menjadi anggota PBB, dan dari jumlah Negara tersebut diantaranya terdapat 45 Negara yang digolongkan sebagai negara kepulauan.

Lalu apa saja negara kepulauan terbesar di dunia? Daripada penasaran, langsung saja silahkan anda simak sedikit informasi berikut ini mengenai negara-negara kepulauan terbesar di dunia.

Berikut Ini 11 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia

Daftar 11 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia

Image Source: travel.dream.co.id

1. Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Besar dalam hal ini tak hanya berupa luasnya saja, akan tetapi juga beberapa pulau-pulau kecil yang mengelilingi dan menyusun kawasan wilayah indonesia.

Setidaknya terdapat 17.000 pulau bahkan lebih telah menyusun kawasan di Indonesia. Sedangkan itu, untuk luas wilayah dari negara kepulauan indonesia sendiri kurang lebih sekitar 1,904,569 km2,serta dengan garis pantai kurang lebih 54.716 km.

2. Madagaskar

Madagaskar merupakan salah satu negara yang mempunyai pulau terbesar di dunia. Negara ini juga merupakan salah satu negara yang menjadi kawasan tujuan wisata yang cukup terkenal di dunia. Madagaskar mempunyai luas kurang lebih sekitar 587.041 km2, dan mempunyai panjang garis pantai sebesar 4.826 km.

3. Papua Nugini

Papua Nugini yang beribu kota di Port Moresby ini sendiri mempunyai luas kawasan kurang lebih sekitar 462.840 km2, serta mempunyai panjang garis pantai 5.152 km. Negara yang satu ini merupakan juga salah satu negara yang masuk kedalam kawasan oceania.

4. Jepang

Walaupun merupakan sebuah negara kepulauan yang terpisah dari daratan. Tapi kawasan ini termasuk kedalam bagian benua asia, lebih tepatnya di benua asia timur. Negara yang mempunyai luas wilayah kurang lebih 377.915 km2, ini merupakan salah satu juga negara yang rawan gempa bumi.

5. Filipina

Negara ini mempunyai lokasi yang cukup dekat dengan indonesia, terutama di kawasan pulau Sulawesi. Negara yang berbatasan melalui wilayah laut ini, sering sekali dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di dunia. Negara dengan ibu kota di Manila ini mempunyai luas wilayah sebesar 300.000 km2, serta mempunyai panjang garis pantai sebesar 36.289km.

Baca Juga:

6. Selandia Baru

Selandia Baru atau New Zealand yang berada di kawasan oceania ini terkenal dengan beberapa kawasan alam yang menggoda. Sedangkan itu, negara yang beribu kota di Wellington ini sendiri mempunyai luas wilayah sebesar 267.710 km2, dan juga kawasan ini mempunyai panjang garis pantai 15.134 km.

7. Inggris

Negara kepulauan terbesar selanjutnya yaitu Inggris atau yang dikenal juga sebagai Britania Raya. Negara yang satu ini terletak di kawasan benua eropa, lebih tepatnya di kawasan eropa utara. Negara yang beribu kota London ini mempunyai luas sekitar 246.610 km2, dengan garis pantai sepanjang 12.429 km.

8. Kuba

Negara Kuba atau Cuba ini merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan Amerika Tengah. Selain itu, negara ini sangat lekat dengan salah satu tokoh terkenal yaitu Che Guevara. Negara yang beribu kota di Havana ini sendiri mempunyai luas sekitar 110.860km2, serta juga mempunyai garis pantai sepanjang 3.735 km.

9. Islandia

Islandia adalah salah satu dari negara kepulauan terbesar di dunia yang ada di benua eropa. Selain itu, negara ini merupakan salah satu kawasan yang mempunyai jarak cukup dekat dengan kawasan kutub utara. Negara yang beribu kota di Reykjavik ini mempunyai luas kawasan kurang lebih 103.000 km2, serta juga mempunyai garis pantai sepanjang 4.970 km.

10. Irlandia

Irlandia merupakan kawasan yang banyak terkena iklim kutub utara. Lokasinya yang berada di kawasan eropa utara membuatnya mempunyai musim salju yang cukup lama. Negara yang beribukota di Dublin ini mempunyai luas kawasan sekitar 70.273 km2, serta dengan garis pantai sebesar 1.448 km.

11. Sri lanka

Sri lanka ini mempunyai lokasi yang tak jauh dari negara India. Negara yang beribu kota di Colombo ini mempunyai luas kurang lebih 65.610 km2. Selain itu, kebudayaan negara yang satu ini sedikit banyak ada hubungannya dengan kawasan India. Walaupun secara geographi kedua kawasan ini terpisah.

Demikian penjelasan diatas mengenai urutan negara kepulauan terbesar di dunia. Semoga bermanfaat!