5 Negara Tertua di Dunia

Komentar
Inilah 5 Negara Tertua di Dunia yang Cocok Untuk Wisata Sejarah
Image Source: pixabay.com

Terdapat banyak sekali negara di dunia yang diakui saat ini dan tersebar di berbagai benua, baik Asia, Eropa, Amerika, Afrika maupun Australia.

Dan juga setiap negara itu memiliki hari kemerdekaan yang berbeda-beda dan pertama didirikan pada masa periode yang berbeda-beda pula.

Nah, karena berbicara mengenai pertama kali didirikannya sebuah negara. Oleh karena itu yang akan menjadi poin utama pembahasan pada kesempatan kali ini yaitu mengenai beberapa negara yang punya sejarah panjang, ini 5 negara tertua di dunia.

Sebenarnya selama bumi ini berputar, sudah tak terhitung berapa banyak negara dan kota yang hilang sepanjang sejarah.

Namun, meskipun begitu ternyata ada beberapa negara yang masih bertahan dari dulu sampai sekarang loh. Bahkan beberapa di antaranya justru dikenal sebagai negara tertua yang ada di dunia.

Selain itu, pada negara tersebut akan terdapat banyak sekali sejarah yang membuatnya menjadi salah satu tempat wisata sejarah favorit bagi para traveler dunia.

Lalu negara mana yang tertua di dunia tersebut? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak sedikit informasi berikut ini mengenai 5 negara tertua di dunia.

Baca Juga:

Berikut Ini Daftar Negara Tertua di Dunia

1. San Marino


Image Source: pixabay.com

San Marino adalah negara paling tertua di dunia yang berdiri pada 3 September 301, yang berarti telah berusia 1.717 tahun. Bukan hanya tua tapi San Marino juga merupakan negara terkecil di dunia. San Marino memiliki luas wilayah 61 kilometer persegi saja dengan populasi penduduknya sebanyak 33.000 jiwa.

San Marino dibentuk Santo Marinus yang berasal dari Pulau Albe yang sekarang merupakan wilayah bagian Kroasia. Tidak salah jika San Marino disebut juga sebagai negara merdeka tertua di dunia yang telah berdaulat.

San Marino mengadopsi mata uang Euro meski bukan anggota Uni Eropa. Negara ini memiliki dua kepala negara yang disebut wali kapten atau Capitani Reggenti dipilih dua kali dalam setahun. Hal unik lainnya adalah negeri ini menjadi negara dengan kepala negara perempuan terbanyak di dunia yaitu sebanyak 15 orang yang membuat San Marino cukup unik.

2. Yunani


Image Source: pixabay.com

Pastinya Yunani memang dikenal sebagai negara peradaban, dimana menjadi cikal bakal negara-negara Eropa lainnya. Yunani sudah ada sejak 3200 SM. Hingga saat ini Yunani memiliki banyak bangunan kuno bersejarah.

Negara yang beribu kota di Athena ini juga memiliki latar belakang sejarah yang panjang. Bahkan banyak tokoh-tokoh penting dunia yang lahir di Yunani. Sebut saja tokoh-tokoh penting yang paling berpengaruh di dunia dan sejarah, seperti Aristoteles, Socrates dan Plato.

3. China


Image Source: pixabay.com

Tak hanya di Eropa, tapi Asia juga memiliki negara tertua dalam sejarah dunia, yakni China. Negara yang memiliki wilayah terluas di Asia ini berawal dari Peradaban Sungai Kuning sejak 2.700 SM.

China juga memiliki sejarah yang panjang sejak Dinasti Shang pada 1750-1045 SM. China mulai berbentuk republik setelah Dinasti Qing berakhir pada 1949. China juga dikenal sebagai negara yang melestarikan budayanya, meski demikian, China juga tidak tertinggal dalam sisi teknologi.

4. Prancis


Image Source: pixabay.com

Siapa sangka Prancis yang begitu modern dan romantis merupakan salah satu negara tertua di dunia. Prancis sudah ada sejak era Kekaisaran Romawi Suci Xharlemegne yang merupakan Kaisar Romawi pertama sejak 800 SM hingga 814 SM.

Adalah cucu dari Louis I yang merupakan anak dari Charlemagne yang menjabat wilayah yang kini dikenal dengan nama Prancis. Charlemagne juga dikenal sebagai Bapak Pendiri Eropa, hal itu dikarenakan cucunya yang lain menjabat di wilayah Jerman.

5. Jepang


Image Source: pixabay.com

Satu lagi negara tertua di dunia yang berada di daratan Asia. Jepang mengklaim telah berdiri lebih awal dari San Marino yaitu pada 660 SM. Menurut sejarah Jepang, Jimmu merupakan pendiri sekaligus kaisar pertama negara tersebut pada tahun 660 SM.

Banyak arkeolog dan sejarawan menganggap Jimmu sebagai tokoh legendaris yang mungkin merupakan sosok komposit. Menurut cerita tradisional, Jimmu adalah keturunan langsung dari dewi matahari Amatetasu. Ia lahir pada tanggal 13 Februari 711 SM dan meninggal pada 11 Maret 585 SM.

Demikian penjelasan diatas mengenai informasi daftar negara tertua di dunia. Semoga bermanfaat!
Top