15 Makanan Penambah Darah Merah

 26 Jun 2019  Putri Alh
15 Makanan Penambah Darah Merah

Images pexels.com/pixabay

Hemoglobin atau Hb adalah protein yang ditemukan dalam sel darah merah. Kondisi Hb rendah didiagnosis ketika seorag pria memiliki kurang dari 13,5 gr/dl sedangkan wanita memiliki kurang dari 12 gr/dl hemoglobin dalam darah.Hal yang bisa mengalami hb rendah karena beberapa penyebab hemoglobin seperti anemia defisiensi besi, mengalami penyakit kronis, hamil, gangguan pada hati dan ginjal.

Kadar hemoglobin yang normal yaitu untuk pria 13,5 sampai 17,5g/dl dan untuk wanita12 sampai 15,5g/dl. Makanan penambah darah yaitu daging merah, jeroan, seafood dan kacang-kacangan. Tingkat Hb yang normal ini juga bisa berbeda-beda tergantung usia anda. Kekurangan hemoglobin (Hb) dapat memberikan masalah serius untuk tubuh, salah satunya mudah lelah.

Berikut adalah berbagai makanan penambah Hb 

  • Kacang-kacangan.
  • Daging merah.
  • Telur.
  • Rempah kering. 
  • Buah kering. 
  • Seafood.
  • Olahan susu. 
  • Buah bit.

Jika Anda mengalami anemia, penting bagi Anda untuk konsumsi makanan untuk penambah darah yaitu daging merah, jeroan, seafood, sereal, dan sayuran berwarna hijau. Diperkirakan sekitar 40% ibu hamil di seluruh dunia mengalami kekurangan Hb. Oleh sebab itu, makanan penambah Hb ibu hamil sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan anaknya. Makanan penambah hb untuk ibu hamil yaitu kacang hijau, daging, kacang almond, dan semangka. Gejala rendah hemoglobin adalah kelelahan, sesak napas, lesu, pusing, sakit kepala,dan kulit pucat. Simak berikut ulasan mengenai makanan penambah darah. Selamat membaca.

Makanan Penambah Darah

1. Kacang-kacangan

15 Makanan Penambah Darah Merah

Images pexels.com/it's me neosiam

Kacang-kacangan termasuk juga kacang tanah. Kacang-kacang memiliki kadar asam folat yang tinggi dapat mencegah tubuh mengalami defisiensi asam folat yang menjadi penyebab turunnya kadar Hb.

2. Telur

Telur merupakan tinggi protein dan lemak yang menyimpan manfaat bagi kesehatan. Telur merupakan makanan yang kaya zat besi dan vitamin B12, sehingga bisa mencegah anemia.

3. Rempah kering

15 Makanan Penambah Darah Merah

Images pexels.com/marta branco

Rempah kering juga menjadi sumber zat besi. Anda bisa menambahkan rempah-rempah ke dalam makanan yaitu ketumbar, basil, jintan oregano, dan kayu manis untuk meningkatkan zat besi.

4. Seafood

Makanan ikan laut dan kerang dapat menjadi makanan untuk meningkatkan Hb. makanan laut memiliki kandungan zat besi dan B12 yang dapat membantu produksi hemoglobin meningkat.

5. Daging merah

Beberapa jenis daging seperti daging sapi, kambing, dan domba dapat meningkatkan kadar asam folat. Daging juga bisa menjadi sumber zat besi yang penting untuk meningkatkan hemoglobin.

6. Buah kering

15 Makanan Penambah Darah Merah

Images pexels.com/naim benjelloun

Buah kering tidak selalu kehilangan nutrisinya, terdapat buah tertentu yang kandungan nutrisinya meningkat jika dikonsumsi telah dikeringkan. Kurma, kismis, plum kering, dan buah kering lainnya.

7. Biji labu

15 Makanan Penambah Darah Merah

Images pexels.com/pixabay

Labu kuning adalah salah satu yang memiliki banyak khasiat. Biji labu kuning adalah sumber zat besi yang dilengkapi dengan mineral lain seperti kalsium, dan magnesium

8. Aplukat

Alpukat adalah buah yang baik untuk menjadi makanan penambah Hb. Buah alpukat ini memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Alpukat juga memiliki kandungan vitamin A dan C.

9. Buah bit

15 Makanan Penambah Darah Merah

Images pexels.com/strategisdanbisnis.com

Buah bit bukan hanya zat besi, tetapi juga tinggi asam folat, kalium dan serat sehingga sangat baik untuk sel darah merah. Buah bit bisa dikonsumsi dalam bentuk jus.

10. Semangka

Semangka memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Semangka juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kadar zat besi yang diserap tubuh.

11. Olahan susu

Olahan susu meliputi keju, yoghurt, dan mentega ternyata memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sangat cocok untuk dijadikan makanan penambah Hb.

12. Kedelai

kedelai ditemukan dalam berbagai bentuk seperti tahu, tempe, dan susu kedelai. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kedelai yaitu untuk membantu penyerapan zat besi. Kedelai sangat cocok untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga :

13. Wortel

Wortel merupakan sumber vitamin A dan beta karoten, senyawa ini berguna dalam proses penyerapan zat besi.

14. Mangga

Kandungan vitamin C yang ada di dalam mangga cukup tinggi. Mengkonsumsi jus mangga secara rutin dapat meningkatkan kadar Hb.

15. Buah delima

15 Makanan Penambah Darah Merah

Images pexels.com/pixabay

Buah delima memiliki kandungan zat besi , karbohidrat, serat dan protein. Delima mengandung vitamin c dan asam folat yang menjadi sumber zat besi lain untuk tubuh.

Demikian artikel mengenai makanan penambah darah (hemoglobin), semoga bermanfaat.

KOMENTAR