13 Makanan yang Mengandung Kalsium Baik Untuk Kesehatan Tulang

 18 Jun 2019  Wahyu Fajar
13 Makanan yang Mengandung Kalsium Baik Untuk Kesehatan Tulang

Makanan yang mengandung kalsium via dagelan.co

Mengkonsumsi makanan yang berkalsium tinggi merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Tidak hanya susu yang punya kandungan kalsium yang tinggi, ternyata masih banyak bahan makanan lainnya yang juga punya kandungan kalsium yang tinggi. Simak selengkapnya untuk mengetahui apa saja makanan yang mengandung kalsium yang tinggi.

Makanan yang mengandung kalsium tinggi memiliki manfaat yang sanagt baik untuk kesehatan, antara lain untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga punya peran penting dalam menjaga kesehatan jantung, melancarkan aliran darah, fungsi otot dan saraf, sampai mencegah osteoporosis.

Agar kesehatan tulang dan gigi senantiasa terjaga, dibutuhkan asupan makanan yang mengandung kalsium yang melimpah. Umumnya salah satu jenis sumber makanan yang mengandung kalsium yang cukup terkenal adalah susu dan produk susu. Tapi mungkin sebagian orang ada juga yang alergi dengan susu.

Apa saja makanan yang mengandung banyak kalsium? Tapi jangan khawatir, ada beragam makanan mengandung kalsium yang bisa Anda konsumsi sebagai alternatif selain susu. Hampir seluruh kalsium dalam tubuh kita lebih banyak pada tulang dan gigi. Kalsium adalah zat gizi mikro yang termasuk dalam golongan mineral yang diperlukan tubuh.

Oleh karena itu, pastikan asupan kalsium tubuh Anda cukup agar kebutuhan kalsium tetap terpenuhi dengan baik. Berikut ini wajibbaca.com akan berbagi tentang apa saja makanan yang mengandung kalsium tinggi yang dapat Anda konsumsi untuk memenuhi asupan kalsium dalam tubuh.

Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kebutuhan kalsium harian bisa dicukupi jika Anda telah mengetahui beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi dan mengkonsumsinya secara rutin. Apa makanan yang mengandung kalsium? Berikut ini beberapa daftar makakan yang mengandung kalsium yang bisa Anda konsumsi.

1. Susu

Susu dikenal sebagai makanan yang mengandung kalsium tinggi. Tidak heran jika orang-orang banyak yang menjadikan susu sebagai menu yang wajib dikonsumsi setiap hari terutama susu sapi. Kandungan kalsium pada susu tidaklah sama rata tergantung pada sumbernya. Selain dari hewan yang diperas susunya, kandungan kalsium juga berbeda pada karakteristik hasilnya. Meskipun susu termasuk makanan mengandung protein tinggi tetapi ada juga susu yang memiliki kandungan kalsium yang sedikit, yaitu susu kedelai.

2. Teri kering

Teri kering merupakan sumber makanan yang juga memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Apabila Anda tidak suka atau alergi minum susu, Anda bisa menjadikan teri kering sebagai alternatif sumber kalsium.

Selain teri kering, ada pula beberapa jenis olahan teri yang juga memiliki kandungan kalsium yang sangat banyak. Kandungan kalsium pada teri kira-kira sebesar 4608 mg. Tak heran jika ada orang-orang yang mulai mengkonsumsi teri untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian Anda.

3. Ikan sarden

Ikan sarden merupakan salah satu menu instan yang sangat mudah disajikan. Sehingga Anda tidak perlu repot memasaknya untuk mengkonsumsi ikan sarden ini. Kelezatan pada bumbu dan daging kan sarden kalengan semakin lengkap dengan kandungan kalsium yang ada di dalamnya. Kandungan kalsium yang cukup tinggi ini adalah menu ikan yang bisa dimakan bersama tulangnya. Karena tulang ikan memiliki kandungan kalsium cukup banyak.

4. Ikan Goreng

Apabila Anda tidak suka makan ikan sarden kalengan maka ada alternatif makanan yang mengandung kalsium lainnya seperti belut atau mujair.

Kandungan kalsium di dalam belut goreng kira-kira sebanyak 840 mg, sedangkan pada ikan mujair goreng yang diolah menjadi dendeng sebanyak 3258 mg. Meskipun tidak bisa dimakan bersama tulang tetapi jenis ikan ini mengandung kalsium yang sangat tinggi.

5. Daun katuk

Makanan yang mengandung kalsium selain dari jenis ikan, juga bisa berasal dari kelompok sayur-sayuran. Daun katuk adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung kalsium cukup banyak. Inilah yang menjadi alasan daun katuk sangat baik dan sering dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu menyusui. Hal ini karena manfaat daun katuk tidak hanya bisa meningkatkan jumlah ASI tetapi juga bisa mencukupi kebutuhan kalsium ibu menyusui. Namun, perlu diketahui juga bahwa ibu hamil tidak boleh makan daun katuk karena dapat membahayakan janin.

6. Udang kering

Udang memiliki rasa yang enak dan sangat digemari oleh banyak orang. Tidak hanya udang segar yang bisa diolah dengan resep lezat, udang kering juga tidak kalah enaknya. Bagi orang yang suka mengkonsumsi udang kering Anda telah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Sehingga Anda dapat mencukupi kebutuhan kalsium harian Anda.

7. Yogurt

Sebagai produk olahan susu, yogurt juga menjadi salah satu makanan yang mengandung kalsium tinggi. Kandungan kalsium di dalam yogurt inilah yang menjadi alasan mengapa yogurt masuk dalam makanan yang mengandung kalsium tinggi.

8. Bayam

Selain daun katuk, sayuran hijau sepeti bayam juga merupakan makanan yang mengandung kalsium tinggi. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Anda bisa mengolah bayam ini sebagai sup atau makanan olahan lainnya.

9. Keju

Siapa yang suka keju? Banyak orang yang suka makan keju karena punya rasa gurih yang lezat. Tahukah Anda bahwa selain rasanya lezat, keju juga mengandung kalsium dalam jumlah banyak. Hal ini karena keju juga merupakan produk olahan dari susu. Namun, meski mengandung kalsium tinggi, keju juga mengandung lemak yang cukup banyak. Jadi, jika Anda memiliki masalah pada berat badan atau dalam program diet, keju bukan sumber kalsium yang dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak.

10. Kacang kedelai 

Kacang kedelai diketahui juga merupakan makanan yang mengandung kalsium tinggi. Olahan dari kacang kedelai yang bisa Anda konsumsi diantaranya tahu dan tempe yang termasuk makanan yang mengandung kalsium tinggi. Kandungan kalsium pada tempe adalah 155 mg dan pada tahu terdapat kalsium sebanyak 124 mg. Jumlah kalsium yang disebutkan adalah kandungan kalsium per 100 gram bahan makanan tersebut.

11. Cokelat susu

Apakah Anda suka makan cokelat? Perlu Anda ketahui, cokelat teryata juga merupakan makanan yang mengandung kalsium. Akan tetapi, sebelum mengkonsumsinya sebaiknya pilihlah cokelat susu yaitu cokelat yang juga terbuat dari susu.

Baca Juga:

12. Rebon kering

Makanan yang mengandung kalsium selanjutnya datang dari jenis seafood salah satunya rebon. Rebon memiliki dua jenis, yaitu rebon segar dan rebon kering. Akan tetapi, kandungan dua jenis rebon ini berbeda. Rebon segar mengandung kalsium yang lebih rendah daripada rebon kering tetapi tetap memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Anda bisa mengkonsumsi rebon kering dengan olahan resep yang menarik.

13. Kembang tahu

Kembang tahu ternyata juga merupakan makanan yang mengandung kalsium tinggi. Kandungan kalsium pada 100 gram kembang tahu adalah 378 mg. Jadi, jika Anda suka makan kembang tahu maka Anda tidak hanya sedang memanjakan lidah tetapi juga mencukupi kebutuhan kalsium harian Anda.

Nah, itulah tadi beberapa daftar makanan yang mengandung kalsium tinggi yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh Anda. Selain memenuhi kebutuhan kalsium, Anda juga harus berolahraga untuk mewujudkan pola hidup yang sehat.

Demikian penjelasan tentang jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi. Semoga bermanfaat.