10 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Dengan Cepat

 27 May 2019  Vernandhea
10 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Dengan Cepat

image search images.pexels.com

Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun bila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Ketika Anda terlanjur mempunyai kadar kolesterol tinggi maka sebaiknya Anda mulai menjaga dan mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Mulai ubah pola hidup anda dan terapkan pola hidup sehat.

Pada saat ini banyak sekali terapi dalam menurunkan kolesterol, baik berupa obat-obatan ataupun makanan dan minuman yang menjanjikan untuk dapat menurunkan kolesterol. Dari berbagai macam jenis terapi untuk mengatasi kolesterol tinggi salah satu caranya adalah dengan mengonsumi buah penurun kolesterol, pada artikel ini kami akan membahas tentang buah penurun kolesterol.

Buah penurun kolesterol adalah buah-buahan segar dapat menurunkan kolesterol dengan cara alami yang sudah diteliti dan terbukti ampuh dalam menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol yang tinggi. Beberapa buah tersebut diantaranya:

-Jeruk

-Anggur

-Apel

-Alpukat

-Jambu biji

-Stroberi

-Pisang

-Buah zaitun

Perlu diketahui juga bahwa kolestrol dapat menyerang siapa saja termasuk ibu hamil. Saat hamil, kolesterol cenderung akan lebih meningkat secara alami selama hamil loh. Sebuah penilitian menyatakan bahwa kadar kolesterol bisa naik hingga 25-50 persen selama kehamilan trimester kedua dan ketiga. Jadi ibu hamil perlu sekali untuk mengkonsumsi buah penurun kolesterol buat ibu hamil agar kolestrol dapat terjaga.

Namun jangan khawatir beberapa buah berikut ini dipercaya sebagai buah penurun kolestrol kolestrol paling ampuh yang dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik yang akan membuat anda lebih sehat. Maka jika ingin kolesterol dalam tubuh terkontrol, coba konsumsi beberapa buah di bawah ini:

Baca Juga:

Buah Penurun Kolestrol

1. Jeruk

10 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Dengan Cepat

image search pixabay.com/pixel2013

Jeruk memiliki kandungan vitamin C, kalsium, dan kandungan pektin yang tinggi, sehingga selain membuat rasa segar,jeruk juga bisa menurunkan kolesterol pada tubuh. Buah jeruk dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Buah penurun kolesterol ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dan sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus.

2. Pepaya

10 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Dengan Cepat
image search pixabay.com/varintorn

Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah dan pastinya dapat menjaga kadar kolestrol dalam tubuh.

3. Anggur

10 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Dengan Cepat
image search pixabay.com/jplenio

Buah penurun kolesterol berikutnya adalah anggur. Buah anggur mengandung zat catechin dan senyawa flavonoid yang mampu mencegah penggumpalan darah dan menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Zat catechin sendiri dapat menaikan kolesterol baik (HDL) sekaligus menurunakn kolesterol LDL.

4. Pir

10 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Dengan Cepat
image search pixabay.com/manfredrichter

Pir adalah adalah buah penurun kolesterol yang merupakan sumber serat larut air yang sangat baik.Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian Anda. Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin.Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh bisa menurun. Sehingga kadar kolesterol anda dapat terjaga.

5. Jambu Biji

10 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Dengan Cepat
image search pixabay.com/6437364

Buah penurun kolesterol paling ampuh ini akan menunjukkan hasil yang terbaik apabila dikonsumsi selama 2 bulan dengan dosis yang serat larut air dan kalium yang didalam jambu biji meningkatnya kolesterol baik (HDL) di dalam darah otomatis mencegah munculnya penyakit jantung. Jambu biji juga mengandung vitamin C dan E, pektin, flavonoid, karotenoid, selenium, dan likopen, yang ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat pada tubuh.

6. Alpukat

10 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Dengan Cepat image search pixabay.com/silverstylus

Banyak orang yang menganggap bahwa alpukat adalah buah yang dapat membuat kadar kolestrol menjadi tinggi. Namun pada kenyataanya alpukat mengandung lemak yang menyehatkan bagi tubuh. Mengonsumsi alpukat justru akan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang sangat buruk bagi kesehatan.

7. Tomat

10 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Dengan Cepat
image search pixabay.com/nile

Tomat juga termasuk buah penurun kolesterol yang paling ampuh, bahkan ada sebuah riset yang menyatakan bahwa jika tomat yang sudah dimasak khasiatnya akan sama seperti obat kimia penurun kolesterol. Tomat juga bisa menjadi makanan sehat untuk penderita maag kronis karena sifatnya yang dapat menenangkan lambung.

8. Jeruk Nipis

10 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Dengan Cepat
image search pixabay.com/fotografotoro

Buah yang biasanya digunakan sebagai buah penghilang bau amis dan campuran makanan ini ternyata mengandung senyawa flavonoid yang berkhasiat menghambat produksi kolesterol jahat (LDL), Jeruk nipis mengandung 94 miligram vitamin C berfungsi untuk membantu mengubah kolesterol menjadi asam empedu, yang penting untuk pencernaan lemak. Perubahan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

9. Semangka

10 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Dengan Cepat
image search pixabay.com/pasja1000

Siapa yang tidak suka buah semangka, buah ini terkenal sebagai buah yang mengandung air dan pelepas dahaga. Selain itu buah semangka juga termasuk dalam daftar buah penurun kolesterol kerena mengandung likopen yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

10. Kiwi

10 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Dengan Cepat
image search pixabay.com/mareefe

Buah penurun kolesterol paling ampuh ini mengandung vitamin C, vitamin E, dan polifenol, yang bermanfaat bagi sistem kardiovaskular. Kiwi secara signifikan meningkatkan kolesterol HDL dan mengurangi kecenderungan pembekuan darah.

Itulah beberapa buah penurun kolesterol paling ampuh dan cepat dalam menurunkan kolesterol yang dapat menjaga tubuh kita dari kolesterol jahat. Konsumsi buah tersebut secara konsisten agar kadar kolesterol tetap terjaga dengan baik. Mari kita terapkan pola hidup sehat salah satunya dengan mengkonsumsi buah setidaknya 2-3 porsi sehari. Selamat mencoba.