10 Keutamaan Surat Yasin

 26 Jun 2019  Vernandhea
10 Keutamaan Surat Yasin

keutamaan surat yasin image from artido'a.com

Surat yasin adalah surat ke-36 dalam Al-Quran dan terdiri dari 83 ayat. Surat ini diturunkan di kota Mekkah, disebut sebagai surat Makkiyah. Surat Yasin adalah bagian Alquran yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia dibanding surat Alquran lainnya.

Kandungan surat yasin cukup luas, meliputi pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah ta’ala, peringatan kematian, hari akhir, serta kisah perjuangan para syuhada dan pendakwah. Maka dari itu surat yasin memiliki banyak sekali keutamaan, apabila Anda mau membacanya.

Biasanya surat yasin dibaca pada malam atau hari jum'at. Keutamaan surat yasin di hari jumat sendiri ditegaskan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

"Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya". (HR Abu Daud dari al-Habr)

Bagi adat istiadat masyarakat Indonesia, Apabila ada seorang warga yang meninggal pada malamnya akan dibacakan surat yasin. Keutamaan surat yasin bagi orang meninggal adalah dapat meringankan siksa kubur orang yang sudah meninggal.

قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ، رَحِمَهُ اللَّهُ: حَدَّثَنَا أَبُو الْمُغِيرَةِ، حَدَّثَنَا صَفْوَانُ قَالَ: كَانَ الْمَشْيَخَةُ يَقُولُونَ: إِذَا قُرِئَتْ -يَعْنِي يس-عِنْدَ الْمَيِّتِ خُفِّف عَنْهُ بِهَا.

Imam Ahmad berkata, Abul Mughirah meriwayatkan, Shafwan meriwayatkan berkata, "Para guru kami ketika dibacakan Yasin di samping mayit, dia akan diringankan azabnya." (Tafsir Ibnu Katsir, jilid 6, hlm. 562)

Karena itu, umat Islam di seluruh negara Islam umumnya meminta seorang pembaca Al-Qur’an untuk membaca surah Yasin di sisi kuburan kerabatnya dengan harapan agar Allah swt. mencurahkan rahmat-Nya.

Berikut keutamaan surat yasin yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber untuk menambah pengetahuan Anda tentang keutamaan dari surat yasin;

15 Keutamaan Surat Yasin Dalam Islam

1. Diampuni Dosa Dosanya

Keutamaan surat yasin yang pertama dijelaskan dalam hadist riwayat At Thabrani, dimana disebutkan bahwa seseorang yang membaca surat yasin di malam hari maka keesokan paginya dosa-dosa orang tersebut akan diampuni.

عَنِ الْحَسَنِ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ. وَمَنْ قَرَأَ: "حم" الَّتِي فِيهَا الدُّخَانُ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ". إِسْنَادٌ جَيِّدٌ.

Dari Al-Hasan, dia mendengar Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang membaca Yasin pada suatu malam, dia akan masuk pagi dalam keadaan diampuni dosanya. Orang yang membaca Ha Mim Al-Dukhan, dia akan masuk pagi dalam keadaan diampuni" Sanad hadis ini jayyid. (HR. Abu Ya'la).

2. Surat Yasin Inti Alquran, Pahalanya Sepuluh Kali Khataman

Bagi yang membaca surat yasin, Anda patut berbangga karena pahalanya bisa sampai sepuluh kali khataman dalam sebuah hadist;

عَنْ أَنَسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْبًا، وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس. ومَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ".

Dari Anas yang berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Setiap sesuatu punya inti. Inti Alquran adalah Yasin. Barang siapa membaca Yasin, Allah akan mencatat satu kali bacaan setara sepuluh kali bacaan Alquran" (HR Al-Tirmidzi, Al-Hakim, Al-Bazzar dan Al-Baihaqi)

3. Segala Hajat Dikabulkan

Keutamaan surat yasin untuk hajat, sebagaimana dijelaskan dalam hadist:

"Barang siapa yang membaca surat yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 surat yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali maka allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya."

Apabila ada keinginan atau hajat yang dikehendaki maka dengan membaca surat yasin diyakni urusan akan dikabulkan oleh Allah Ta'ala.

4. Mempermudah Segala Urusan

Jika Anda mempunyai banyak kesulitan dan masalah dalam hidup, hendaklah untuk membaca surat yasin untuk dapat mempermudah segala urusan seperti masalah hutang piutang, pertikaian, dan sebagainya.

"Barang siapa yang membaca surat yasin dari pagi hari, maka pekerjaan dihari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya diakhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga." (Sunaan daarimi juz 2 halaman 549).

5. Dianggap Mati Syahid

Dalam riwayat At-Thabrani juga dijelaskan bahwa seseorang yang rutin membaca surat yasin setiap malam maka ia akan dipermudah ajalnya. Dan ia meninggal dalam keadaan syahid.

"Barang siapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid." (HR.At- thobroni, dari pernyataan Anas bin malik).

6. Mempermudah Keluarnya Ruh Pada Orang yang Akan Wafat

Salah satu keutamaan surat yasin adalah dipermudahnya ruh pada orang yang akan wafat. Kejaiban Surat yasin juga dapat mempermudah seseorang wafat dengan cepat, ikhlas  dan tidak mengalami masalah.

Sesuai juga dengan hadits "Membaca surat yasin disisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh." (Tafsir alqur'an Al-azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi )

7. Dipermudah Jodohnya

Bagi Anda yang selama ini masih belum menemukan pendamping hidup alias jodoh, ada baiknya Anda membaca surat yasin setelah selesai melakukan sholat 5 waktu, maka permohonan untuk mendapatkan jodoh atau pasangan yang baik dipermudah jalannya oleh Allah SWT dan penuh berkah pada akhirnya.

Sesuai dengan hadits : "Barang siapa yang membaca surat yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 surat yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali maka allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya."

8. Mendapatkan Ketenangan Hati

Keutamaan surat yasin bagi orang yang sering membacanya adalah hatinya akan tenang. sebagaimana firman Alloh SWT:

Allah Ta'ala berfirman: "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram." (Ar-ra'ad :28).

Baca Juga:

9. Dianggap Sebagai Keluarga Alloh Ta'ala

Bila seseorang rajin membaca Al-quran termasuk surat yasin yang memiliki keistimewaan luar biasa. Salah satunya akan dianggap keluarga oleh Allah Ta'ala. Sebagaimana dalam sebuah hadist:

"Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia. ' Beliau saw ditanya,'Siapa mereka wahai Rasulullah.' Beliau saw menjawab,'mereka adalah Ahlul Qur'an', mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

10. Jiwa Akan Bersih

Keutamaan surat yasin bisa diibaratkan laksana bunga yang beraroma harum. Tentunya keistimewaan ini berlaku untuk semua surat dalam Al-Quran, termasuk yasin. Rutin membaca Al-Qur'an terutama surat yasin dapat membuat jiwa kita jadi bersih.

Dari shahabat Abu Musa Al-Asy'ari radhiallahu 'anhu berkata, bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda:  "Perumpaan seorang mu'min yang rajin membaca Al-Qur'an adalah seperti buah Al-Atrujah yang aromanya wangi dan rasanya enak. Perumpamaan seorang mu'min yang tidak membaca Al-Qur'an adalah seperti buah tamr (kurma) tidak ada aromanya namun rasanya manis.

Demikianlah beberapa keutamaan surat yasin dalam islam yang luar biasa dan penuh kebaikan bagi para pembacanya. Semoga dengan membaca surat yasin bisa mempermudah segala urusan dan menjadi penolong kita di akhirat kelak. Amin Ya Robbal Alamin.

KOMENTAR