Ciri-ciri Negara Maju Beserta Penjelasannya

Komentar
7 Ciri-ciri Negara Maju Beserta Penjelasannya
Image Source: bangbre.com

Negara maju merupakan istilah khusus yang disematkan kepada negara yang menikmati standar hidup relatif tinggi di sektor teknologi serta memiliki ekonomi yang merata.

Dari pernyataan tersebut bisa disimpulkan bahwa negara maju adalah suatu negara yang rakyatnya memiliki kualitas hidup dan kesejahteraan tingkat tinggi.

Nah, berbicara mengenai negara maju, sebenarnya banyak hal yang bisa kita bahas. Namun, yang akan menjadi topik utama pembahasan pada kesempatan kali ini yaitu mengenai 7 ciri ciri negara maju.

Lalu apa saja ciri ciri negara maju? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak sedikit informasi mengenai ciri ciri negara maju beserta penjelasannya dibawah ini.

Berikut Ini Ciri-ciri Negara Maju


Image Source: sudutsekolah.com

1. Angka pengangguran rendah

Angka pengangguran rendah merupakan salah satu ciri ciri indikator negara maju. Jadi keseimbangan antara jumlah lapangan kerja serta jumlah pekerja adalah indikator dari negara maju.

Jika jumlah lapangan pekerjaan lebih banyak dari jumlah pekerja, maka perekonomian suatu negara tidak bisa tumbuh maksimal. Tetapi jika jumlah pekerja lebih banyak daripada jumlah lapangan pekerjaan, maka meningkatkan jumlah pengangguran.

Di negara maju tetap ada pengangguran tetapi cuma ada satu jenis yaitu pengangguran friktional. Pengangguran friksional yaitu seseorang yang menjadi pengangguran karena orang tersebut beralih dari tenaga kerja dari suatu pekerjaan ke pekerjaan yang lainnya.

Biasanya pemerintah tetap memberikan jaminan sosial bagi pengangguran yang ada di negara maju. Tetapi lucunya para pengangguran tersebut justru tidak bermalas-malasan dan mereka malu mendapatkan jaminan tersebut, akhirnya mereka berusaha untuk mencari pekerjaan baru.

2. Pendapatan perkapita tinggi

Salah satu indikator untuk mengukur suatu negara maju adalah pendapatan perkapitanya yang tinggi. Pendapatan perkapita adalah berapa sih pendapatan yang berhasil dicapai oleh rata-rata penduduk selama setahun. Bank dunia sendiri menetapkan standar bahwa minimal harus 10,726 USD setahun bagi negara maju.

3. Pesatnya kemajuan di bidang Iptek

Pemerintah negara maju selalu memberikan dukungan berupa fasilitas dan dana bagi para ilmuwannya. Rata-rata ilmuwan disana digaji sangat tinggi sehingga mereka semangat dan melakukan inovasi terus menerus.

Kemudian hasil dari inovasi akan diterapkan di berbagai bidang diantaranya kesehatan, militer, pendidikan, astronomi, produksi dan lainnya.

Dan juga sebagian besar bangsa barat pula negara contohnya Jepang mempunyai perkembangan teknologi yang cepat pertumbuhannya. Mereka menguasai Beragam sektor perdagangan khususnya di bidang teknologi.

Masyarakat pula condong menerima perkembangan teknologi tersebut sebab memang mereka mengalami dampak nyaman dan terasa instan segala sesuatu khususnya pada karier mereka.

Baca Juga:

4. Jasa dan industri menjadi tumpuan utama perekonomian

Contoh saja, bahwa mayoritas produk mobil di negara kita dari Jepang. Jadi industri di Jepang saja sangat maju dan perusahaan mereka mampu produksi barang dengan harga jual tinggi.

Contoh negara lain misalnya saja Korea Selatan, industri yang paling maju disana adalah elektronik. Berbagai produk elektronik seperti kulkas, smartphone, televisi dan laptop mereka ekspor dan mampu mendongkrak pendapatan negara tersebut.

5. Budaya disiplin yang tinggi

Jam produktif rata-rata di negara maju sangatlah padat yaitu minimal 8 jam, serta para pekerja di sana memiliki rasa disiplin, tanggung jawab dan jarang telat.

Dengan budaya positif tersebut negara maju dapat mengoptimalkan sumber daya alam secara maksimal dan efektif dalam meningkatkan pertumbuhan pembangunannya.

6. Pendidikan yang baik dan merata

Rata-rata pada negara maju penduduknya sudah bisa membaca dan menulis dengan lancar. Pemerintahnya sendiri mewajibkan pendidikan bagi semua penduduknya. Selain mewajibkan juga pemerintah mendukung dengan memberikan fasilitas yang memadai.

7. Laju pertumbuhan yang rendah

Di negara maju, tingkat laju pertumbuhan para penduduk terbilang kecil. Tingkat kelahiran yang kecil dan kematian balita yang kecil juga membuat negara maju tak kelebihan jumlah penduduk atau padat penduduk.

Sebab para masyarakatnya paham betul tentang perencanaan keluarga, fasilitas kesehatan yang baik, penundaan umur pernikahan yang dini dan juga terdapat masyarakat khususnya wanita yang menjadi wanita karir pada dunia kerja.

Demikian penjelasan diatas mengenai ciri ciri negara maju lengkap. Semoga bermanfaat!
Top