Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia, Tertarik Tinggal Disana?

Komentar
Inilah Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia, Tertarik Tinggal Disana?
Image Source: jllrealviews.com

Selain gelar orang terkaya di dunia, gelar negara terkaya di dunia juga ada lho. Negara-negara ini bisa dikategorikan negara terkaya karena angka Gross Domestic Product atau GDP per kapitanya yang besar.

Nah, karena berbicara mengenai negara terkaya di dunia. Oleh karena itu, yang menjadi poin utama pembahasan pada kesempatan kali ini yaitu mengenai daftar 10 negara terkaya di dunia, dua berasal dari asia tenggara.

Bicara mengenai negara terkaya di dunia, Anda mungkin langsung membayangkan negara-negara besar seperti Amerika Serikat atau Jepang yang memang terkenal sebagai negara maju yang dipenuhi dengan sejumlah orang terkaya di dunia.

Pada kenyataannya, predikat negara-negara paling kaya di dunia justru banyak yang dipegang oleh negara kecil dan dengan populasi yang relatif rendah.

Salah satu indikator yang digunakan untuk menilai bahwa negara tersebut kaya atau tidak adalah kemajuan sektor ekonomi dan pendapatan per kapita suatu negara.

Pertumbuhan ekonomi yang pesat akan berkorelasi dengan peningkatan pemasukan suatu negara sehingga kekayaan suatu negara dapat bertambah. Secara otomatis kesejahteraan penduduk di negeri tersebut meningkat.

Lalu apa saja negara terkaya di dunia? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak sedikit informasi berikut ini mengenai beberapa negara terkaya di dunia.

Baca Juga

Daftar Negara Terkaya di Dunia

1. Qatar

Image Source: thegorbalsla.com

Pada mulanya perekonomian di Qatar hanya bergantung pada perikanan dan mutiara. Namun, kini perekonomian di sana semakin berkembang sejak ditemukannya sumber minyak bumi tepatnya pada tahun 1939.

Sejak saat itu, tingkat GDP per kapita di Negara Qatar tinggi dan mencapai US$ 129.726. Kini, Qatar juga dikenal banyak negara di dunia sebagai pengekspor minyak bumi terbesar. Tak heran jika Qatar mampu berpindah menjadi negara modern.

2. Luksemburg

Image Source: thegorbalsla.com

Negara ini memiliki tingkat GDP per kapita sebesar US$ 101.936, sehingga tak heran apabila negara ini masuk dalam kategori negara terkaya nomor 2 di dunia.

Meski Luksemburg merupakan negara yang kecil namun pertumbuhan ekonomi di negara tersebut berkembang pesat. Pertumbuhan ekonomi di negara tersebut bersumber pada sektor perbankan dan industri. Dunia industri baja menjadi salah satu pendukung utama.

Selain itu, Luksemburg juga dikelilingi oleh beberapa negara maju seperti Jerman, Prancis, dan lain – lain. Dengan demikian tak heran jika letak Luksemburg memberikan banyak keuntungan untuk mendukung berbagai sektor terutama ekonomi.

3. Singapura


Image Source: thegorbalsla.com

Singapura merupakan salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara dan masuk ke dalam kategori negara terkaya di dunia. Letak negaranya yang sangat strategis menjadikan pertumbuhan ekonomi di negara tersebut perkembang dan tumbuh pesat.

Hal tersebut dikarenakan Singapura juga terkenal sebagai negara tempat untuk transit terbesar, yaitu dalam sektor perdagangan maupun pelayaran.

4. Swiss 


Image Source: thegorbalsla.com

Negara ini mempunyai pendapatan per kapita sebesar 84.748 dollar Amerika. Negara ini juga terkenal sebagai pusat perbankan dan investasi terbaik di dunia.

Selain itu, Swiss juga menjadi pengekspor bahan kimia dan mesin industri yang juga turut meningkatkan pendapatan per kapita dan mendongkrak perekonomian di negara tersebut.

5. Brunei Darussalam 


Image Source: thegorbalsla.com

Brunei Darussalam merupakan salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara yang juga masuk dalam kategori negara terkaya di dunia. Hal ini dikarenakan Brunei Darussalam memiliki tingkat GDP per kapita yang cukup tinggi, yaitu US$ 79.710.

Keberhasilan Brunei Darussalam dalam sektor ekonomi didukung dengan adanya beberapa faktor seperti ekspor minyak mentah dan gas alam. Selain itu, pemerintah pun turut mendukung kemajuan sektor ekonomi. Hal ini terbukti dengan adanya peraturan dan kebijakan pemerintah yang dibuat untuk mendukung bidang kewirausahaan yang kondusif.

6. Norwegia 


Image Source: thegorbalsla.com

Negara ini memiliki GDP per kapita sebesar US$ 69.296. Perekonomian di negara ini juga sangat didukung oleh industri perikanan. Hal tersebut dikarenakan letaknya yang berbatasan dengan laut.

Selain itu, Norwegia juga memiliki cadangan minyak, gas alam dan mineral yang banyak. Dengan demikian tidak heran jika negara tersebut sangat kaya dan pertumbuhan ekonominya berkembang pesat.

7. Islandia 


Image Source: thegorbalsla.com

Pada tahun 2014 diketahui bahwa pendapatan per kapitanya mencapai US$ 52.111. Sumber utama penghasilan negara tersebut bergantung pada sistem pembangkit listrik tenaga air dan energi panas bumi.

Selain itu, perekonomian Islandia juga didukung oleh adanya berbagai sektor seperti pariwisata dan perangkat lunak teknologi.

8. Kuwait 


Image Source: thegorbalsla.com

Kuwait merupakan salah satu yang terletak di Asia Barat yang mana mata uang negara tersebut menjadi mata uang termahal di dunia, yaitu Dinar Kuwait. Negara tersebut memiliki tingkat GDP per kapita sebesar US$ 71.263.

Salah satu hal menarik tentang Kuwait adalah memiliki cadangan minyak dunia dengan persentase 10%. Adanya cadangan minyak bumi ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kuwait. Selain itu, perekonomian juga dipengaruhi oleh sektor industri dan jasa keuangan.

9. Uni Emirat Arab (UEA) 


Image Source: thegorbalsla.com

Negara ini menjadi negara terkaya minyak dunia ke-2. Sehingga hal ini memicu pertumbuhan ekonomi yang berkembang pesat.

Selain itu, kekayaan UEA juga didukung oleh faktor lain seperti ekspor bahan tambang yang meliputi berlian, emas, perak, dan alumunium.

Tidak berhenti sampai di sini saja, sektor lain seperti pariwisata juga turut mendongkrak perekonomian di UEA. Oleh karena itu, tak heran jika GDP per kapita negara tersebut mencapai US$ 67.696.

10. Hongkong 


Image Source: thegorbalsla.com

Hongkong merupakan salah satu negara di Asia yang menjadi pusat bisnis dan keuangan dunia. Hal ini terbukti dengan mata uang Hongkong yang digunakan untuk perdagangan di dunia internasional.

Bahkan banyak investor asing yang saling bersaing agar dapat menanam saham di Hongkong. Penghasilan utama negara ini berasal dari sektor perdagangan. Hingga kini negara tersebut memiliki tingkat GDP per kapita yang mencapai US$ 58.094.

Demikian penjelasan diatas mengenai daftar negara terkaya di dunia. Semoga bermanfaat!
Top