Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki, Tapi ini Fakta atau Mitos ya..?

Komentar
15 Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki Bagi Calon Ibu, Fakta Atau Mitos?
image from detikhealth.com

Setiap pasangan suami istri pasti ingin memiliki anak, baik laki-laki maupun perempuan. Maka dari itu kehadiran buah hati merupakan momen yang ditunggu bagi pasangan yang sudah menikah. Saat ibu sedang mengandung, ibu hamil mungkin sering kali penasaran dengan jenis kelamin yang ada dalam kandungannya.

Mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan memang dirasa perlu bagi sebagian ibu hamil. Biasanya, ini dilakukan sekaligus untuk bisa mempersiapkan beberapa hal, seperti menentukan dekorasi kamar, stok baju hingga memilih nama.

jenis kelamin di dalam kandungan memang menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu bagi pasangan yang sedang menanti kelahiran. Apalagi jika itu adalah anak pertama sering kali orang tua lebih mendambakan anak laki-laki dan mencari informasi tentang bagaimana ciri ciri hamil anak laki laki.

Sebagian besar pasangan suami istri memang mengharapkan kehadiran anak laki-laki lebih dulu, baru kemudian perempuan pada kehamilan kedua. Dengan harapan bahwa anak laki-lakinya tersebut dapat menjaga dan melindungi ibu dan adik perempuannya kelak.

Maka dari itu, mengetahui ciri ciri hamil anak laki laki yang akurat 100 adalah salah satu yang paling dicari oleh ibu hamil. Sebenarnya ada cara untuk mengetahui jenis kelamin yaitu dengan melalui pemeriksaan medis berupa USG, namun pemeriksaan ini harus menunggu usia kandungan 7 bulan.

Pemeriksaan lewat USG pun bisa salah memberikan info jenis kelamin bayi. Jadi, memang perlu kesabaran untuk menanti bayi hingga ia lahir untuk benar-benar mengetahui apakah bayi Anda laki-laki atau perempuan.

Ciri ciri hamil anak laki laki menurut dokter salah satunya dengan dapat mengukur denyut jantung. Ketika anda hamil anak perempuan, denyut jantung janin anda akan berada di angka 140 per menit atau lebih. Sedangkan jika anda mengandung anak laki-laki, denyut jantung janin anda akan berada di bawah angka 140 per menit.

Untuk mengetahui ciri ciri hamil anak laki laki, Kami sudah merangkumnya dari berbagai sumber berikut ini diantaranya;


15 Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki

1. Bentuk Payudara Tak Sama

Payudara menjadi salah satu bagian tubuh yang mengalami perubahan saat hamil. Perubahan hormon akan membuat payudara lebih berisi. Ibu bisa mengetahui ciri ciri hamil anak laki laki apabila payudara kanan lebih besar daripada payudara kiri.

2. Warna Air Seni

Warna air seni juga diyakini menentukan jenis kelamin dalam janin. Salah satu ciri hamil anak laki-laki yang sering dipercaya, adalah warna urin ketika ibu hamil buang air kecil. Jika ibu hamil anak perempuan air seni akan berwarna kuning gelap maupun kuning pekat sebaliknya jika ibu hamil anak laki-laki air seni akan berwarna kuning muda maupun kuning cerah.

3. Bentuk dan Posisi Perut

Ciri ciri hamil anak laki laki posisi perut anda tidak menggantung ke atas namun perut anda cenderung ke bawah. Janin laki-laki akan berada di bawah rahim atau tengah rahim, sehingga posisi perutnya akan berada di bagian bawah dan posisi kandungannya lebih rendah. Bagi ibu hamil yang mengandung anak laki-laki akan memiliki bentuk perut bulat elips atau bulat seperti telur.


4. Tidak Mengalami Morning Sickness

Morning sickness adalah kondisi yang umum dialami perempuan yang sedang hamil terutama saat mereka hamil muda seperti mual dan muntah. Banyak yang mempercayai bahwa kehamilan anak laki laki biasanya berjalan relatif lancar, lebih ringan, dan tidak merasakan mual yang berlebihan. Sehingga banyak yang percaya bahwa hal ini menjadi ciri-ciri hamil anak laki-laki. Padahal, hal ini belum tentu teruji secara medis.

5. Linea Nigra

Saat hamil biasanya akan muncul garis hitam atau yang disebut linea nigra yang diyakini dapat menentukan jenis kelamin pada janin. Keberadaan garis hitam di perut juga dipercaya bisa memprediksi jenis kelamin bayi yang dikandung. Bila garisnya putus-putus, atau tidak tegak lurus, maka janinya adalah laki-laki. Namun, hal ini tentu tidak 100% akurat.

6. Posisi Tidur

Posisi tidur juga dipercaya sebagai ciri ciri hamil anak laki laki. Saat ibu hamil anak laki laki secara refleks tidur dalam posisi berbaring ke sebelah kiri tanpa ia sadari, hal ini juga menjadi tanda tanda bahwa ibu hamil anak laki laki.

7. Pergerakan Janin

Ciri ciri hamil anak laki laki bisa dirasakan dengan tendangan dan gerakan janin yang sudah aktif saat usia kandungan berumur tiga bulan. Janin berjenis kelamin laki-laki dirasa memiliki pergerakan yang teratur sesuai ritme tertentu. Intensitas gerakan janin pun lebih sering dibandingkan dengan janin perempuan.


8. Ngidam dan Berjerawat

Ngidam dan berjerawat dapat menjadi salah satu ciri ciri hamil anak laki laki. Timbulnya jerawat saat hamil adalah hal yang umum terjadi, Akan tetapi, kondisi jerawat saat hamil juga diyakini bisa menjadi indikasi jenis kelamin bayi yang dikandung. Untuk soal ngidam ibu hamil biasanya ingin mengonsumsi makanan asam atau asin maka berkesempatan besar untuk hamil anak laki-laki.

9. Selera Makan Berubah

Selera atau nafsu makan memang menjadi salah satu tanda bahwa Anda sedang hamil. Mungkin yang mulanya kamu sangat suka akan suatu makanan, tiba-tiba kamu jadi tidak suka begitupun sebaliknya. Ketika Anda mengandung bayi laki-laki, maka selera makan pun akan berubah. Anda akan lebih menyukai makanan yang mengandung banyak protein dan juga makanan yang sedikit asin, seperti keju atau pun daging. Hal ini dapat menjadi ciri ciri hamil anak laki laki bagi ibu hamil.

10. Ekspresi Wajah

Ekspresi wajah dari seorang ibu hamil seringkali menjadi acuan dalam menentukan jenis kelamin bagi masyarakat Indonesia. Ibu hamil yang sedang mengandung anak laki-laki dia akan memiliki ekspresi wajah yang tidak berseri-seri, tidak cerah dan terkesan biasa biasa saja. Berbeda dengan ekspresi perempuan hamil yang sedang hamil anak perempuan. Wajahnya akan berseri-seri dan cerah sepanjang hari.

11. Malas Dandan

Malas dandan juga bisa jadi tanda bahwa anak yang Anda kandung berjenis kelamin laki laki. Banyak yang mengindikasikan bahwa anda sedang mengandung anak laki-laki adalah karena ibu hamil menjadi malas dandan.

12. Malas Masak

Malas masak ini akan anda rasakan saat usia kandungan tiga bulan ke atas. Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa ibu hamil yang sedang mengandung anak laki laki menjadi malas masak. Anda akan lebih suka membeli lauk dan makanan di luar dibandingkan dengan memasak sendiri.

Baca Juga:


13. Ada Gerakan yang Lebih Agresif

Jenis kelamin pada janin juga bisa ditentukan oleh besar kecilnya pergerakan didalam kandungan. Pada saat kehamilan menginjak 4 bulan dan 7 bulan, biasanya janin laki-laki akan bergerak lebih agresif dan sering menendang dengan keras. Bahkan ibu hamil sering merasakan nyeri karena tendangan janin dalam rahim. Berbeda dengan janin perempuan yang lebih tenang dan gerakan juga akan diatur.

14. Rambut Lebih Sehat

Masyarakat Indonesia percaya bahwa bila janin perempuan dianggap akan merampas kecantikan ibunya, beda halnya dengan janin laki-laki yang akan membuat ibunya tampil lebih cantik. Rambut juga bisa menjadi salah satu bagian tubuh yang berubah selama atau setelah kehamilan. Jika rambut ibu tumbuh dengan cepat dan sehat selama kehamilan. Sehingga bila ibu memiliki rambut yang jauh lebih sehat dan panjang serta lebat selama hamil, diyakini ia sedang mengandung bayi laki-laki.

15. Mudah Kedinginan

Jika ibu hamil sangat mudah kedinginan saat hamil, bisa jadi ini merupakan ciri ciri ibu hamil anak laki laki. Billa sebelum hamil Ibu tidak mudah kedinginan, namun saat hamil tangan dan kaki cepat sekali terasa dingin, ini juga dipercaya sebagai tanda bahwa Ibu sedang mengandung anak laki laki. Apalagi jika Ibu sudah mencoba berbagai cara untuk menghangatkan diri, namun Ibu tetap merasa kedinginan.

Demikian ulasan tentang beberapa ciri ciri hamil anak laki laki bagi Anda calon ibu. Beberapa ciri ciri diatas ada yang dianggap sebagai fakta dan ada pula yang menganggapnya hanya sebuah mitos di masyarakat. Terlepas dari semua itu sejatinya jenis kelamin dari setiap janin dalam kandungan sudah ditentukan oleh Tuhan yang Maha Esa. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Top