Gejala dan Cara Mengobati Amandel Tanpa Operasi yang Alami

 28 Jun 2019  Wahyu Fajar
Gejala dan Cara Mengobati Amandel Tanpa Operasi yang Alami

Cara mengobati amandel via seruni.id

Penyakit amandel memang sering terjadi di sekitar masyarakat, baik anak-anak maupun oran dewasa. Amandel terjadi karena ada peradangan yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang masuk melalui mulut. Mengobati amandel harus dilakukan dengan cepat dan tepat, karena penyakit ini dapat mempengaruhi sistem organ lainnya terutama tenggorokan.

Amandel juga merupakan salah satu penyakit yang penularannya sangat cepat. Sehingga, penderita amandel sebaiknya segera mengkonsumsi obat radang amandel sebelum penularannya terjadi. Amandel sebenarnya memiliki fungsi untuk mendukung sistem imun pada tubuhmu. Akan tetapi, ketika sistem imun tubuh lemah gejala amandel dapat muncul.

Gejala amandel yang sering dirasakan penderita salah satunya kesulitan untuk menelan serta merasakan sakit pada bagian tenggorokan. Bahkan saat terinfeksi, amandel juga bisa demam pada penderitanya. Sehingga amandel tidak boleh Anda anggap suatu hal yang remeh.

Bagaimana cara mengobati amandel? Sebenarnya ada berbagai macam cara mengobati amandel yang dapat kamu gunakan untuk meredakan gejalanya. Cara mengobati amandel ini ada beragam yaitu dengan cara alami maupun operasi. Tapi tidak semua orang perlu menjalani operasi amandel, karena Anda bisa mengobati amandel secara alami dan mudah dilakukan.

Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan membagikan beberapa cara mengobati amandel yang bisa Anda coba. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang bagaimana cara mengobati radang amandel.

Gejala Amandel yang Sering Terjadi

Gejala amandel muncul karena sistem kekebalan tubuh orang tersebut sedang menurun. Berikut ini beberapa gejala amandel yang perlu Anda ketahui.

1. Sakit tenggorokan

Gejala amandel yang cukup umum dirasakan adalah nyeri pada tenggorokan. Hal ini terjadi karena amandel terletak pada area tenggorokan. Sehingga, saat amandel mengalami pembengkakan akibat infeksi, maka penderita akan merasakan sakit pada tenggorokan.

2. Sakit saat menelan

Gejala amandel lainnya adalah sakit saat sedang menelan makanan atau minuman. Hal ini terjadi karena makanan dan minuman yang Anda makan mengenai amandel yang sedang terinfeksi. Jika mengalami sakit dan sulit untuk menelan, kemungkinan Anda terkena peradangan pada amandel.

3. Demam

Amandel tentunya dapat menurunkan sistem kekebalan pada tubuh, sehingga penderita amandel bisa dengan mudah terkena demam. Apalagi Anda mengalami demam dan juga sakit tenggorokan selama 1 atau 2 hari. Bisa jadi Anda bisa sedang mengalami radang amandel.

4. Sakit kepala

Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh radang amandel, hal ini karena adanya kenaikan pada suhu tubuh. Apalagi asupan makanan kurang terpenuhi karena sakit pada tenggorokan terutama susah menelan. Tentu energi tubuh pun akan berkurang yang dapat menyebabkan sakit kepala.

5. Batuk

Meskipun batuk bukan merupakan gejala amandel secara umum, akan tetapi beberapa orang bisa juga mengalami batuk saat amandel kambuh. Selain itu, batuk kering yang dialami secara terus menerus juga bisa menyebabkan peradangan pada amandel.

Apabila Anda mengalami gejala amandel di atas, sebaiknya segera lakukan pengobatan agar radang amandel Anda tidak semakin parah.

Cara Mengobati Amandel Secara Alami di Rumah

Selain menjalani operasi amandel, masih ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengobati amandel secara alami. Bagaimana cara mengobati amandel secara alami? Berikut ini beberapa cara mengobati amandel secara alami yang bisa Anda coba.

1. Istirahat dulu

Ketika amandel Anda sedang kambuh atau meradang, sebaiknya Anda bisa istirahat dahulu di rumah. Hal ini karena, tubuh yang sedang mengalami infeksi membutuhkan banyak energi untuk melawan bakteri. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas yang berat terlebih dahulu. Kurangilah aktifitas Anda ketika amandel kambuh seperti bekerja, sekolah, ataupun berolahraga. Anda bisa melakukan kegiatan tersebut apabila kondisi tubuh Anda benar-benar sembuh.

2. Makan makanan yang lembut

Salah satu gejala radang amandel yang sering dialami yaitu membuat penderitanya sulit menelan. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda memilih makanan yang lembut, berkuah, dan mudah ditelan. Contohnya seperti bubur, sup, nasi tim, atau kentang tumbuk (mashed potato). Perlu Anda ketahui juga bahwa ketika amandel kambuh, sebaiknya hindari dulu makan makanan seperti gorengan atau makanan pedas. Hal ini karena beberapa jenis makanan tersebut dapat membuat amandel dan tenggorokan Anda semakin iritasi atau malah semakin parah.

3. Kumur air garam

Cara mengobati amandel selanjutnya adalah dengan kumur menggunakan air garam. Berkumur menggunakan air garam ini dipercaya dapat membantu Anda meredakan peradangan serta rasa nyeri di tenggorokan karena pembengkakan pada amandel. Anda dapat melakukan cara ini dengan mudah.

Pertama siapkan satu gelas air hangat, kemudian larutkan kira-kira satu sendok teh garam. Lalu kumur-kumur menggunakan air ini sambil mendongkak selam kira-kira 30 detik. Jika sudah buang air yang telah digunakan kumur-kumur tadi, jangan sampai ditelan. Lakukan cara ini hingga dua kali sehari sampai tenggorokan Anda tidak merasakan sakit lagi. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan madu, jika rasa asinnya terlalu kuat.

4. Minum obat pereda nyeri

Minum obat pereda nyeri merupakan solusi untuk Anda yang sudah mempunyai amandel yang sudah parah. Amandel yang sudah parah, penderita biasanya merasakan tenggorokan semakin sakit. Maka dari itu, Anda mungkin lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen. Perlu Anda ketahui juga, bagi penderita amandel di bawah lima tahun, sebaiknya segeralah konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Hal ini dilakukan agar dokter memberikan obat pereda nyeri yang cocok untuk dikonsumsinya.

5. Banyak minum

Cara mengobati amandel selain dengan mengkonsumsi obat, yaitu dengan banyak minum air. Hal ini berguna agar tenggorokan tetap lembap. Namun, sebaliknya apabila tenggorokan kering, maka amandel akan terasa semakin perih. Jadi, pastikan Anda banyak minum air putih agar terhidar dari hidrasi. Anda boleh meminum air hangat agar tenggorokan lebih tenang. Namun, air dingin juga baik untuk meredakan rasa nyeri. Anda bisa memilih mana yang paling nyaman untuk tenggorokan Anda.

Baca Juga:

Apakah penyakit amandel harus dioperasi?

Tidak semua orang perlu dioperasi untuk mengobati amandel. Operasi biasanya menjadi cara terakhir untuk mengatasi amandel. Ada beberapa kondisi amandel yang perlu diatasi operasi, apabila penderita mengalami gejala berikut ini.

  • Sulit bernapas.
  • Antibiotik tidak mempan untuk melawan bakteri penyebab radang.
  • Sudah berkali-kali terkena infeksi (penyakit amandel kronis)
  • Pendarahan pada amandel.
  • Sleep apnea (kondisi sering berhenti bernapas ketika tidur).
Nah, itulah tadi beberapa gelaja serta cara mengobati amandel secara alami yang bisa Anda coba. Apabila Anda mengalami kekhawatiran tentang penyakit amandel Anda, sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

Demikian penjelasan tentang cara mengobati amandel secara alami dan cepat. Semoga bermanfaat.

KOMENTAR