5 Cara Melancarkan Peredaran Darah Dalam Tubuh

Komentar
5 Cara Melancarkan Peredaran Darah Dalam Tubuh
Cara melancarkan peredaran darah via hellosehat.com

Sirkulasi darah yang baik bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini karena oksigen dan nutrisi bisa dialirkan secara merata ke berbagai jaringan dan organ di dalam tubuh. Maka dari itu, penting bagi kita semua mengetahui cara-cara melancarkan sirkulasi darah agar tubuh tetap sehat. Bagaimana cara melancarkan peredaran darah? Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Aliran darah setiap manusia harus selalu tetap lancar agar fungsi tubuh dapat menjalankan setiap perannya dengan baik. Lain halnya jika peredaran darah dalm tubuh kita tersumbat, maka beberapa penyakit akan bisa mengganggu kesehatan dan fungsi tubuh.

Sistem peredaran darah dalam tubuh mempunyai fungsi untuk mengedarkan oksigen dan zat gizi menuju seluruh jaringan tubuh. Semua organ dan jaringan Anda ada hubungannya dengan pembuluh darah kecil hingga pembuluh darah utama. Itulah sebabnya gangguan pada sistem peredaran darah akan sangat mempengaruhi fungsi tubuh lainnya.

Sirkulasi darah dapat membuat Anda mudah terserang berbagai penyakit serius, seperti stroke dan penyakit jantung. Tapi, saat ini banyak orang lebih cenderung tidak memperhatikan pentingnya menjaga kelancaran peredaran darah ini. Sebenarnya peredaran darah yang tidak lancar disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Oleh karena itu, mulai saat ini Anda harus selalu menjaga kelancaran peredaran darah agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar. Bagaimana cara melancarkan peredaran darah manusia?

Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan membagikan tentang ccara-cara melancarkan peredaran darah yang bisa Anda ketahui. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang cara melancarkan peredaran darah.

Cara Melancarkan Peredaran Darah Dalam Tubuh

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh Anda.

1. Mengkonsumsi makanan yang memperlancar peredaran darah

Makanan yang Anda konsumsi juga dapat mempengaruhi sistem peredaran darah Anda. Ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk melancarkan sistem peredaran dalam tubuh, diantaranya buah delima, cabai, dan sayuran berdaun hijau. Beberapa jenis makanan tersebut mengandung nitrit oksida yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir lebih efektif. Produksi nitrit oksida juga dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi buah bit, kacang kenari, dan kunyit.

Selain itu, untuk mencegah penyumbatan oleh kolesterol, Anda dapat mengkonsumsi ikan yang kaya asam lemak omega-3. Jangan lupa mengkonsumsi makanan kaya antioksidan seperti bawang bombay, buah-buahan sitrus, serta berbagai jenis buah beri untuk melindungi pembuluh darah dari radikal bebas.

2. Menghindari kebiasaan merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang tidak menyehatkan tubuh. Menghindari kebiasaan merokok juga merupakan salah satu cara melancarkan peredaran darah. Hal ini karena rokok mengandung berbagai bahan aktif yang berbahaya, salah satunya nikotin. Kandungan nikotin biasanya terdapat dalam semua jenis rokok, baik rokok tradisional, rokok elektrik, hingga rokok tanpa asap. Kandungan nikotin yang masuk dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi terganggu.

3. Menjaga berat badan ideal

Berat badan yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Perlu Anda ketahui, bahwa kelebiahan berat badan (obesitas) juga dapat menyebabkan peredaran darah terhambat. Obesitas tidak hanya menghambat sistem peredaran darah, tapi juga memicu penumpukan plak pada pembuluh arteri. Hal ini juga akan meningkatkan risiko mengalami serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner. Supaya Anda mendapatkan berat badan ideal, Anda cukup mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan menghindari jenis makanan yang meningkatkan kolesterol jahat pada tubuh.

4. Olahraga rutin

Setiap tubuh manusia sangat membutuhkan lebih banyak pasokan oksigen agar fungsi organ dalam tubuh tetap optimal. Untuk mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, caranya adalah dengan olahraga secara rutin. Olahraga yang dilakukan secara rutin, organ tubuh seperti jantung akan memberikan respons dengan memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh sehingga melancarkan peredaran darah. Selain itu, olahraga secara rutin juga dapat meningkatkan kemampuan pembuluh darah untuk melebar dan bekerja lebih efektif.

Baca Juga:

5. Mengelola stres 

Saat tubuh mengalami stres, pembuluh darah akan mengalami penyempitan yang menimbulkan sirkulasi darah menjadi terganggu. Stres memang tidak dapat dihindari, tetapi Anda juga perlu untuk menghindarinya agar tak semakin parah. Selain dengan cara seperti meditasi dan teknik pernapasan, Anda bisa melakukan beragam hal. Misalnya mendengarkan musik, minum teh hangat, melakukan yoga, dan sebagainya.

Nah, itulah tadi beberapa ccara melancarkan peredaran darah dengan alami yang bisa Anda ketahui mulai sekarang. Perlu Anda ketahui juga bahwa faktor penting untuk melancarkan peredaran darah adalah berasal dari gaya hidup sehat dan pola makan yang tepat. Yuk, mulai sekarang terapkan gaya hidup sehat agar tubuh terhindari dari risiko berbagai penyakit.

Demikian penjelasan tentang cara-cara melancarkan peredaran darah yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat.
Top