Penyebab Tekanan Darah Rendah dan Cara Mencegahnya

Komentar
Penyebab Tekanan Darah Rendah dan Cara Mencegahnya
Penyebab tekanan darah rendah via hellosehat.com

Pernahkah Anda mengalami mata berkunang-kunang dan pusing ketika sedang berdiri cukup lama? Mungkin sebagian orang ada yang pernah merasakan hal ini. Sebenarnya hal tersebut adalah tanda-tanda tekanan darah rendah atau sering disebut hipotensi. Hal ini karena keadaan tekanan darah di dalam arteri lebih rendah daripada tekanan darah normal.

Gejala dan penyebab tekanan darah rendah juga bisa menyebabkan kepala terasa ringan, pusing, tubuh terasa tidak stabil, dan kehilangan kesadaran. Hal ini disebabkan oleh terhambat atau terbatasnya jumlah darah yang mengalir kedalam organ vital seperti otak dan ginjal.

Apa penyebab tekanan darah rendah? Penyebab tekanan darah rendah lainnya yang banyak ditemukan, diantaranya dehidrasi, perdarahan, dan peradangan berat. Tensi darah yang rendah juga bisa disebabkan oleh penyakit-penyakit tertentu. Sehingga tekanan darah rendah ini tidak boleh dianggap remeh oleh penderitanya.

Maka dari itu, Anda perlu untuk mengetahui berbagai penyebab tekanan darah rendah untuk menghindari masalah kesehatan serius di masa depan.

Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan membagikan apa saja yang menyebabkan tekanan darah rendah yang harus Anda ketahui untuk mencegah berbagai penyakit membahayakan datang. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan informasi tentang penyebab tekanan darah rendah.

Penyebab Tekanan Darah Rendah

1. Kehamilan

Pada saat hamil, wanita akan mengalami peredaran darah yang lebih cepat dari biasanya. Hal ini dikarenakan, selama kehamilan terdapat perubahan hormon yang menyebabkan pembuluh darah membesar sehingga mengakibatkan tekanan darah menurun. Tekanan darah ini mulai turun pada awal kehamilan atau umum terjadi pada usia kehamilan trimester kedua.

2. Penyakit jantung

Penyakit jantung memang merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh setiap orang. Penderita penyakit jantung ini sering kali juga mengalami darah rendah. Tekanan darah rendah ini juga bisa dijumpai pada penderita gagal jantung dan serangan jantung. Hal ini disebabkan karena darah akan dialirkan dalam tubuh tidak dapat dipompa baik oleh jantung yang bermasalah, sehingga terjadi penurunan tekanan darah.

3. Hormon yang berubah

Kondisi kesehatan setiap orang tentunya sangat dipengaruhi oleh hormon tubuh kita. Salah satunya tekanan darah rendah yang berhubungan adalah Penyakit Addison. Penyakit Addison adalah penyakit yang terjadi pada sistem imun tubuh yang menyerang dan merusak kelenjar-kelenjar adrenal. Penyakit Addison ini akan menyerang dua buah kelenjar yang berukuran kecil yang berada di atas ginjal. Kedua kelenjar inilah yang memproduksi hormon untuk mengendalikan tekanan darah dan menjaga keseimbangan garam dan air dalam tubuh. Tekanan darah yang rendah juga dapat terjadi karena kelenjar-kelenjar adrenal rusak, misalnya terjadi infeksi atau tumor pada kelenjar tersebut.

4. Dehidrasi

Dehidrasi sering terjadi karena tubuh mengalami kekurangan cairan. Selama dehidrasi atau kekurangan cairan ini, darah yang bergantung pada air tidak dapat memasok peredaran darah ke seluruh tubuh dengan baik. Sehingga, kondisi ini dapat menurunkan volume darah pada arteri dan vena yang menyebabkan darah rendah terjadi.

5. Sedang mengkonsumsi obat-obatan

Jika Anda sedang atau sering mengkonsumsi obat-obatan tertentu, Anda juga dapat berisiko terserang darah rendah ini. Apalagi jika Anda sedang mengalami sakit tertentu. Beberapa obat yang dapat mempengaruhi darah rendah ini antara lain alpha blocker (obat darah tinggi), beta blocker, dan obat antidepresan. Maka dari itu, kurangilah mengkonsumsi obat-obatan ini agar terhindar dari tekanan darah rendah.

6. Kondisi neurologis

Parkinson adalah penyakit yang menyebabkan kondisi tubuh seseorang sehingga dapat mempengaruhi sistem saraf. Tekanan darah rendah ini sendiri terjadi karena bagian sistem saraf otonom dalam tubuh sudah terganggu.

Sistem saraf otonom sendiri merupakan bagian sistem saraf yang mengontrol fungsi-fungsi tubuh seperti berkeringat dan sistem pencernaan. Selain itu, sistem saraf ini juga berfungsi untuk melebarkan dan menyempitkan pembuluh darah di dalam tubuh. Sehingga, apabila terjadi masalah pada sistem saraf otonom, pembuluh darah tetap dalam kondisi melebar dan tidak dapat menyempit kembali yang bisa menyebabkan darah rendah.

Baca Juga:

7. Anemia

Saat seseorang mengalami anemia, tubuh akan sangat kekurangan darah. Hal ini karena hemoglobin di dalam tubuh berada dalam jumlah di bawah angka normal. Hal inilah yang dapat menjadikan tekanan darah di dalam tubuh menjadi sangat rendah. Maka dari itu konsumsilah makanan yang mengandung zat besi agar anemia dapat teratasi, contohnya seperti bayam atau sayuran hijau lainnya.

Cara Mencegah Tekanan Darah Rendah

Mencegah tekanan darah rendah bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi mineral yang cukup, karena dehidrasi akan menimbulkan tekanan darah menjadi tidak seimbang dan cenderung rendah. Selain itu, makan-makanan yang tepat waktu juga bisa menjadi cara untuk mencegah tekanan darah rendah datang lagi. Organ tubuh akan menyuplai nutrisi dari makanan yang Anda makan lewat darah, sehingga organ tersebut pasti sangat membutuhkan darah yang banyak pula. Selain itu, menghindari pemakaian obat penenang yang berlebihan juga dapat menyebabkan tekanan darah Anda menurun.

Nah, itulah tadi apa saja penyebab tekanan darah rendah yang bisa Anda ketahui untuk mencegah terjadinya tekanan darah rendah datang lagi. Selain itu, penerapan pola hidup sehat juga akan mendukung kualitas kesehatan Anda menjadi lebih baik lagi.

Demikian penjelasan tentang apakah penyebab tekanan darah rendah yang wajib Anda ketahui. Semoga bermanfaat.
Top