11 Manfaat Udara Bagi Kehidupan Manusia Sehari-hari

 18 May 2019  Khoirul Rizky F
11 Manfaat Udara Bagi Kehidupan Manusia Sehari-hari

Image Source: sciencing.com

Siapa yang tidak tahu dengan udara? Udara adalah substansi yang berada di sekeliling kita dan suka atau tidak suka, seluruh kehidupan dan substansial yang berada di bumi paling tidak melibatkan sifat dari udara.

Nah, berbicara mengenai udara. Sebenarnya banyak pembahasan mengenai udara yang bisa kita bahas. Namun pada kali ini kita akan membahas mengenai beberapa manfaat udara bagi kehidupan manusia di bumi.

Udara merupakan salah satu unsur kehidupan yang ada di bumi. Udara ini sangat diperlukan oleh setiap makhluk hidup untuk bernafas. Udara yang di hirup ini berupa oksigen dan di keluarkan dalam bentuk karbon dioksida.

Hal tersebut dikarenakan semua bagian dan organ tubuh kita sangat membutuhkan udara atau oksigen, seperti kulit, otak, jantung dan organ tubuh lainnya, dan semua itu tidak akan mampu bekerja secara normal tanpa adanya udara yang masuk kedalam tubuh.

Oleh karena itu, manfaat udara terbilang sangat besar sekali bagi tubuh kita. Tapi tak hanya itu, tapi masih banyak lagi manfaat udara bagi kehidupan manusia sehari-hari.

Lalu apa saja kegunaan udara atau angin bagi kehidupan manusia? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak sedikit informasi mengenai beberapa contoh manfaat udara bagi manusia ini.

Baca Juga:

Beberapa Manfaat Udara Bagi Kehidupan Manusia

11 Manfaat Udara Bagi Kehidupan Manusia Sehari-hari

Image Source: healthline.com

1. Untuk bernapas

Semua makhluk hidup membutuhkan udara untuk bernapas atau istilah biologisnya adalah proses respirasi. Karena pada umumnya udara mengandung banyak sekali kandungan zat-zat seperti oksigen, karbon dioksida, helium, dan banyak lagi.

Jadi dengan adanya udara, kita semua sebagai makhluk hidup dapat bernapas. Kemudian manfaat karbon dioksida yang dihasilkan, digunakan oleh tumbuhan untuk melakukan proses respirasi.

2. Proses fotosintesis

Tumbuhan dapat memasak makanannya sendiri melalui proses yang dikenal dengan istilah fotosintesis. Proses inilah yang melibatkan manfaat matahari, klorofil dan juga manfaat udara bagi tumbuhan untuk mensuplai nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut. Bayangkan apabila tanaman tidak dapat melakukan proses fotosintesis, pastilah banyak tanaman akan mati.

3. Pembangkit listrik

Disebut apakah udara yang bergerak? Ya. Jawabannya adalah angin. Angin merupakan salah satu bentuk udara yang mengalami pergerakan, pergerakan udara atau angin inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu energi alternatif, yaitu pembangkit listrik tenaga angin.

4. Pemanfaatan energi

Angin, selain dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik, dapat juga dimanfaatkan sebagai salah satu sumber energi lain. Misalnya kapal atau perahu layar yang memanfaatkan angin dan mengkonversikannya menjadi energi gerak.

5. Penyebaran spora

Beberapa jenis tumbuhan, seperti bunga dan jamur memiliki proses perkembang biakan yang unik. Manfaat udara berguna untuk menyebarkan spora dan benih-benih mereka untuk dapat tumbuh dan berkembang biak.

Dengan memanfaatkan udara, maka tumbuhan dapat tumbuh dan tetap lestari serta tidak akan mengalami kepunahan. Hal inilah yang menjadikan manfaat tanaman hias bisa kita rasakan keindahannya sampai sekarang.

6. Sebagai penyejuk alami

Udara yang bergerak atau juga yang dikenal dengan nama angin merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan. Angin dapat membantu memberikan rasa sejuk dan nyaman bagai anda, terutama ketika berada pada kondisi cuaca yang sangat panas. Selain itu, udara yang dingin dan sejuk pun dapat membantu anda menjadi lebih rileks dan nyaman dalam beraktivitas.

7. Menyerap radiasi sinar matahari

Kita semua pasti sudah mengetahui apa saja manfaat sinar ultraviolet dan bahayanya dari radiasi sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh matahari. Nah, salah satu manfaat udara yang paling penting ialah mampu menyerap kandungan sinar ultraviolet yang masuk ke dalam bumi kita.

Dengan adanya udara sebagai penyerap sinar ultraviolet, maka kadar sinar ultraviolet yang mengenai tubuh kita menjadi berkurang dan efek dari radiasinya akan semakin kecil.

8. Sebagai jaringan komunikasi

Seberapa sering anda menggunakan macam-macam alat komunikasi dan manfaatnya seperti telepon, radio, dan internet? Pastilah anda sering sekali memanfaatkan semua hal tersebut.

Namun, perlu anda ketahui bawah semua jaringan komunikasi yang ada di bumi ini memanfaatkan gelombang radio yang dihantarkan melalui udara. Singkatnya adalah, udara dapat membantu dan menyediakan jalur komunikasi yang kita gunakan sehari-hari.

9. Melindungi bumi

Pernahkah anda bayangkan apa yang akan terjadi ketika bumi bertabarkan dengan asteroid, planet, dan benda angkasa lainnya? Akibatnya sangatlah buruk. Maka dari itu, manfaat udara yang ada di bumi merupakan pelindung satu-satunya dari bumi untuk menghindari dan melindungi bumi dari resiko tabrakan dengan benda angkasa lainnya.

10. Perantara gelombang suara dan bunyi

Sebagaimana yang kita ketahui, yang dapat menghantarkan bunyi-bunyian serta gelombang suara adalah udara. Ketika tidak terdapat udara, maka kita tidak dapat mendengar satu bunyi-bunyian. Begitu pula manfaat musik yang kita dengarkan adalah hasil bunyi-bunyian karena adanya udara.

11. Pengantar cahaya

Manfaat udara lainnya ialah udara mampu menjadi pengantar cahaya. Ini artinya setiap cahaya yang muncul, tidak akan sampai kepada indera penglihatan kita tanpa adanya bantuan udara. Maka dari itu keberadaan udara sangatlah penting bagi kehidupan kita sehari-hari

Demikian penjelasan diatas mengenai beberapa contoh manfaat udara bagi kehidupan manusia. Semoga bermanfaat!