10 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dicoba

 10 May 2019  Vernandhea
10 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dicoba

image source images.pexels.com

Bagi penderita hipertensi, mengkonsumsi obat penurun darah tinggi mungkin masih menjadi cara utama untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Namun, tahukah anda bahwa selain mengkonsumsi obat yang sebenarnya harus kita perhatikan adalah asupan makanan yang masuk kedalam tubuh kita.

Jika anda ingin menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara alami, coba sertakan beberapa makanan penurun darah tinggi di bawah ini sebagai salah satu daftar asupan makanan anda sehari hari. Berikut ini beberapa makanan penurun darah tinggi yang wajib dikonsumsi diantaranya:

-Pisang

-Sayuran hijau

-Yogurt

-Susu skim

-Kentang

-Buah berry

-Buah bit

-Oatmeal

Nah, pada artikel ini kami akan membahas apa saja makanan yang terbukti sebagai makanan penurun darah tinggi paling cepat bagi penderita hipertensi yang mungkin sampai saat ini anda masih bingung untuk memilih makanan yang dapat mengontrol tekanan darah anda yang tinggi.

Tanpa perlu minum obat, penderita hipertensi dapat mengkonsumsi makanan penurun darah tinggi untuk menjaga kesehatannya dan mengimbanginya dengan pola hidup sehat agar tekanan darah tinggi anda dapat terjaga.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menghindari risiko fatal seperti serangan jantung, ada baiknya anda mengetahui makanan penurun darah tinggi alami yang dapat membantu mengontrol dan mengurangi tekanan darah tinggi yang anda miliki.

Makanan penurun darah tinggi yang paling aman untuk dikonsumsi harus berasal dari bahan alami, seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan ikan, karena hipertensi dapat menyerang siapa saja termasuk ibu hamil yang mempunyai tekanan darah tinggi dan patut untuk diwaspadai.

Ada beberapa makanan penurun darah tinggi untuk ibu hamil yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah ibu hamil seperti buah pisang, sari cuka apel, dan mengonsumsi makanan yang kaya magnesium, seperti tahu, alpukat, pisang, almond, dan susu kedelai.

Sebenarnya sangat banyak sekali makanan yang diyakini dapat menurunkan darah tinggi, Namun jangan bingung untuk memilih makanan penurun darah tinggi yang tepat karena di artikel ini kami sudah merangkum 10 makanan penurun darah tinggi yang sudah dipercaya ampuh dalam menurunkan darah tinggi. Ingin tahu lebih lengkap tentang apa saja makanan penurun darah tinggi yang dipercaya ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Simak rangkumannya berikut ini:

Baca Juga:

10 Makanan penurun darah tinggi

1.Pisang

10 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dicoba

Selain harganya yang murah dan mudah didapat, buah pisang juga bermanfaat sebagai makanan penurun darah tinggi. Kandungan kalium yang tinggi dalam buah pisang dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh para penderita hipertensi, dengan makan satu buah pisang cukup untuk membantu tekanan darah lebih stabil.

2. Sayuran Hijau

10 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dicoba

Sayuran hijau seperti bayam, lobak hijau, sawi, dan lainnya mengandung kalium dan kalsium yang berguna sebagai makanan penurun darah tinggi, jadi kalau ingin tekanan darah tinggi anda tetap normal perbanyak makan sayuran hijau ya.

3. Yogurt

10 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dicoba

Yogurt juga dipercaya nih untuk menurunkan darah tinggi, karena yogurt sangat tinggi akan kalsium. Perlu untuk kita menambahkan kalsium ke dalam asupan sehari-hari, karena kekurangan kalsium adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi loh.

4. Susu Skim

10 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dicoba

Susu skim juga mengandung kalsium tinggi yang dapat membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah. Sebagai salah satu minuman dan makanan penurun darah tinggi, susu skim ternyata mengandung lemak rendah yang dapat menjaga kondisi tubuh tetap sehat tanpa harus khawatir tekanan darah akan naik.

5.Kentang

10 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dicoba
Makanan yang populer sebagai pengganti nasi saat diet ini memang dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang mengandung kalium dan magnesium tinggi. Kedua mineral ini mampu menurunkan tekanan darah, dalam mengkonsumsi kentang sebaiknya cukup direbus atau dipanggang tanpa tambahan garam ya.

6.Buah Berry

10 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dicoba

Buah yang dikelompokkan kedalam buah berry seperti blueberry, raspberry, dan strawberry  ini mengandung senyawa flavonoid yang dapat mencegah tekanan darah tinggi dan juga dapat membantu sebagai makanan penurun darah tinggi. Untuk mengkonsumsi buah berry anda bisa menambahkan yogurt atau bisa juga dijadikan salad buah.

7.Buah Bit

10 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dicoba

Buah bit mungkin masih terasa asing didengar, namun jika anda mencari tahu bahwa minum jus bit ternyata dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Ada sebuah penelitian menyatakan bahwa minum jus bit setelah 6 jam dapat menurunkan tekanan darah sistolik loh.

8.Oatmeal

10 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dicoba

Sarapan dengan oatmeal biasanya dilakukan saat seseorang sedang menjalankan diet, Namun jangan salah oatmeal tidak hanya berfungsi saat diet saja tapi juga sebagai makanan penurun darah tinggi karena mengandung natrium rendah, lemak rendah, dan serat tinggi.

9.Buah Delima

10 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dicoba

Siapa sangka kalau minum jus sari buah delima dapat membantu menurunkan darah tinggi, dengan mengkonsumsi jus sari buah delima setiap hari selama satu bulan dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, jus sari buah delima sangat baik bagi jantung karena kaya antioksidan.

10.Mentimun

10 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dicoba

Nah, kalau yang satu ini adalah jenis sayuran umum yang sering kita jumpai sebagai lalapan. Namun, mentimun tidak hanya berfungsi sebagai lalapan saja karena mentimun adalah salah satu dari makanan penurun darah tinggi yang sudah dikenal sebagai sayuran yang mampu menurunkan hipertensi.

Demikianlah ulasan tentang 10 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dicoba, tidak ada salahnya untuk mencoba memasukkan salah satu dari 10 makanan diatas dalam daftar menu makanan anda agar tekanan darah tetap stabil dan jangan lupa untuk mengimbanginya dengan menerapkan sistem pola hidup sehat ya.

KOMENTAR