10 Cara Aman Menurunkan Darah Tinggi / Hipertensi

 24 Jan 2019  Wahyu Fajar
10 Cara Aman Menurunkan Darah Tinggi / Hipertensi

Image Source: pintasehat.com

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit karena naiknya tekanan darah pada pembuluh darah dalam periode waktu yang cukup lama. 

Kenaikan tekanan darah disebabkan oleh penyempitan pembuluh sehingga menimbulkan timbunan lemak dan zat–zat lain. Bagaimana cara menurunkan darah tinggi?

Cara menurunkan darah tinggi

1. Dengan berolahraga

Bagaimana cara menurunkan darah tinggi dengan cepat? Berolahraga secara teratur, setidaknya 30 menit per hari dalam seminggu, dapat menjadi cara menurunkan darah tinggi secara perlahan namun pasti. Karena jika kamu berhenti berolahraga, maka tekanan darahmu akan meningkat kembali. Olahraga yang bisa kamu coba untuk menurunkan tekanan darah adalah jalan, joging, bersepeda, berenang, dan lain-lain. Sehingga dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan meningkatkan efisiensi jantung. Kombinasi tersebut akan mengurangi tekanan darah kamu.

2. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan adalah cara menurunkan darah tinggi setelah melakukan olahraga. Menjaga berat badan yang sehat untuk tipe tubuh kamu dapat membantu menjaga tekanan darah. Oleh karena itu, membuang berat badan berlebih sangat penting sebagai keberhasilan dari cara menurunkan darah tinggi

3. Kurangi konsumsi garam

Bagaimana cara menurunkan darah tinggi? Mengurangi garam dan meningkatkan konsumsi potasium atau kalium dapat menurunkan tekanan darah. Potasium dapat mengurangi efek garam terhadap tubuh serta mengurangi ketegangan pada pembuluh darah. Potasium banyak terdapat di makanan olahan susu seperti yoghurt, ikan, buah seperti pisang dan jeruk, dan sayuran berupa kentang, tomat, dan bayam. Tetapi setiap orang mempunyai respon berbeda terhadap garam.

4. Hindari stres

Bagaimana cara menurunkan darah tinggi saat hamil? Menghilangkan stres sangat penting bagi kesehatan tekanan darah. Cara mencegahnya dengan mengetahui pemicu stres dan cara untuk menghilangkannya. Seperti menonton, mendengarkan musik, jalan-jalan, dan banyak lagi. Dan berfikir yang positif saja agar stres tidak menjadi berlebih.

5. Berhenti merokok

Merokok dapat memicu tekanan darah dan meningkatkan detak jantung. Dalam jangka panjang, zat kimia pada tembakau dapat meningkatkan tekanan darah dengan merusak dinding pembuluh darah dan mempersempit arteri.

Mulai dari sekarang berhentilah merokok karena sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

6. Beraktivitas di luar ruangan

Cara menurunkan darah tinggi lainnya adalah dengan beraktivitas di luar ruangan supaya kulit terkena sinar matahari. Berdasarkan sebuah studi di tahun 2014, ditemukan bahwa ketika kulit terkena sinar matahari, reaksi kimia tersebut akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan tekanan darah menjadi turun.

7. Kurangi makanan berlemak

Mengurangi makanan berlemak dan cepat saji dapat menurunkan darah tinggi, karena didalam makanan tersebut mengandung banyak garam dan lemak yang berlebih sehingga dapat memicu darah Anda menjadi naik. Mulai sekarang kurangilah makanan berlemak dan cepat saji.

8. Batasi minuman yang berkafein

Bagaimana cara menurunkan darah tinggi secara alami? Kafein dalam teh, kopi, soda, dan coklat dapat merangsang tubuh menghasilkan berbagai hormon yang dapat pengaruhi tekanan darah. Maka sebaiknya Anda batasi porsi minuman-minuman ini. Anda bisa menggantinya dengan susu atau jus buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Ini adalah cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

9. Minum jus seledri

Seledri sudah lama dipakai di dalam penyembuhan tradisional China untuk cara menurunkan darah tinggi dengan alami. Penelitian sudah membuktikan bahwa minum jus seledri setiap hari menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini didukung oleh tingginya kalium, mineral serta antioksidan yang ada di dalam seledri. Seledri juga diketahui mengurangi hormon stres yang dapat mengakibatkan pembuluh darah mengerut.

10. Makan cokelat

Makan cokelat juga menjadi cara menurunkan darah tinggi. Tapi, konsumsilah cokelat dengan porsi sedikit, karena makan cokelat dalam jumlah banyak mungkin tidak akan membantu jantung Anda. Studi menemukan bahwa kakao kaya flavonoid yang dapat meningkatkan beberapa tanda kesehatan jantung dalam jangka pendek, termasuk menurunkan tekanan darah. Untuk lebih baiknya gunakan bubuk cokelat murni, yang sangat tinggi dalam flavonoid dan tidak mengandung gula.