Cara Mengobati Mata Bintitan di Rumah Secara Alami

 16 May 2019  Wahyu Fajar
Cara Mengobati Mata Bintitan di Rumah Secara Alami

Image Source: alodokter.com

Bagaimana cara mengobati mata bintitan? Bintitan merupakan kondisi saat bintil menyakitkan yang berbentuk seperti jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata. Hal paling utama sebelum kita membahas cara mengobati mata bintitan adalah mempelajari terlebih dahulu apa itu bintitan dan apa penyebabnya.

Bintitan biasanya timbul karena infeksi akibat penyumbatan pada salah satu kelenjar kecil yang memproduksi air mata. Meski tidak tergolong sebagai penyakit berbahaya, mata bintitan tetap saja sangatlah mengganggu. Sebagian besar bintitan hanya muncul pada salah satu mata antara kiri maupun kanan.

Selama ini ada banyak pilihan berbagai cara mengobati mata bintitan dengan alami sebagai obat mata bintitan yang dikenal masyarakat. Mata bintitan bisa bikin penglihatan jadi kurang nyaman. Selain menggunakan obat dari dokter, ada berbagai cara mengobati mata bintitan lainnya juga bisa Anda coba, lho.

Bagaimana cara mengobati mata bintitan secara cepat? Untuk menghilangkan mata bintitan ini, Anda bisa melakukan berbagai cara yang akan wajibbaca.com bahas dalam artikel berikut ini.

Baca Juga:

Mengobati mata bintitan di rumah

Bintitan biasanya dikeluhkan sebagai benjolan seperti jerawat yang terjadi pada kelopak mata. Benjolan ini bisa terasa nyeri, memerah, dan membengkak. Ada pula yang mengeluhkan bintitan bisa menyebabkan mata berair. Pembengkakan bintitan ini terjadi sekitar beberapa hari, sebelum mengempis dan sembuh.

Meski sekilas tampak menyelesaikan masalah, namun memencet bintitan hanya akan mengundang masalah lain.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan air hangat dan teh kantong sebagai obat mata bintitan:

1. Kompres air hangat

Cara mengobati mata bintitan ini, caranya cukup mudah. Berikut caranya:

  • Pertama tempelkan kompres air hangat, lalu pijat pada lokasi bintitan dengan lembut. 
  • Kompres bagian mata dengan air hangat tersebut selama 10 menit. 
  • Lakukan cara ini sekitar empat kali sehari.
  • Untuk mengompresnya, sebaiknya gunakan handuk bersih yang sebelumnya direndam dalam air hangat. Peras handuk hingga air tidak lagi menetes, lalu tempelkan kompres tersebut. Suhu hangat dari air tersebut akan membantu mengencerkan nanah di dalamnya dan mengempiskan bintitan secara alami.

2. Kompres teh kantong

Salah satu bahan alami untuk menyembuhkan mata bintitan selanjutnya adalah menggunakan teh kantong. Teh hitam dipercaya memiliki manfaat untuk mengurangi pembengkakan sekaligus mengandung antibakteri yang dapat membantu proses penyembuhan.

Cara menggunakan teh kantong sebagai obat mata bintitan yaitu dengan menyeduh terlebih dahulu teh tersebut dalam cangkir dengan air panas. Kemudian tunggu hingga satu menit dan angkat teh kantong tersebut dari cangkir. Jika sudah diamkan kantong teh hingga tidak terlalu panas. Lalu, tempelkan kantong teh pada mata sekitar 5-10 menit. Perlu Anda ketahui juga, jika kedua mata mengalami bintitan, sebaiknya jangan gunakan kemasan teh kantong yang sama.

3. Bersihkan mata dengan lembut

Selain menggunakan cara yang disebutkan diatas, Anda juga bisa mengobati mata bintitan dengan rajin membersihkan lokasi mata yang terinfeksi. Caranya menggunakan air bersih atau sabun dan shampo yang lembut. Lakukan dengan mata tertutup agar tidak menimbulkan iritasi pada mata. Hindari juga penggunaan make up atau losion di sekitar mata, serta pemakaian lensa kontak, agar tidak terjadi penyebaran infeksi.

Nah, itulah beberapa cara mengobati mata bintitan dengan alami yang bisa Anda coba di rumah.

Bintitan memang bukan penyakit serius, tapi kondisi ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika obat mata bintitan alami di atas tidak segera membantu meredakan kondisi Anda, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Dokter mungkin akan memberikan obat-obatan antibiotik untuk mengobati mata bintitan yang terinfeksi.

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara menyembuhkan mata bintitan. Semoga bermanfaat.

KOMENTAR