Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat dan Alami

Komentar
Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat dan Alami
cara menghilangkan panu secara alami image kliksehat.co

Panu adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur yang mengganggu kulit, sehingga timbul bercak warna yang lebih gelap atau lebih terang dari pada kulit. Gejala panu adalah adanya pola bercak-bercak putih pada kulit. Cara mengatasi gejala panu adalah dengan menjaga tubuh kita bersih dari kuman.

Penyakit panu terjadi karena kulit berminyak, hidup di iklim panas dan sistem kekebalan tubuh melemah. Panu ini biasanya tumbuh di sekitar  leher, punggung, dada, dan lengan. Cara menghilangkan panu yang efektif yaitu dengan menjaga tubuh agar terhindar dari penyaki panu, meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga :
Cara membasmi tanda-tanda panu adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan kita. Penyakit panu ini tidak menular atau menimbulkan rasa sakit, tetapi seharusnya kita segera mencari cara menghilangkan panu dengan cara alami. Simak artikel di bawah ini tentang cara menghilangkan panu dengan cepat dan alami.

Cara Menghilangkan Panu dengan Bahan Alami

1. Kunyit

image unsplash.com/oshakey

Kunyit mengandung minyak volatile yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Juga terdapat kandungan kurkumin yang merupakan anti-oksidan kuat yang mampu menetralkan radikal bebas. Kombinasi curcumin dan minyak volatile akan berguna untuk membasmi jamur penyebab panu.

Ada dua cara yang dapat digunakan. Yang pertama adalah dengan mengambil 1 ruas jari kunyit, kupas lalu usap-usapkan pada bagian yang terinfeksi jamur selama 5 menit dan diamkan. Yang kedua adalah dengan menumbuk halus 2 ruas jari kunyit lalu oleskan pada bagian yang terkena jamur. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

2. Bawang Putih

Image unsplash.com/asthetik

Seringkali kita menggunakan bawang putih hanya sebagai bahan dapur saja. Ternyata Anda juga bisa menggunakan bawang putih sebagai obat alami untuk menghilangkan panu. Pada bawang putih ada kandungan allicin yang merupakan komponen biologis aktif yang berguna sebagai zat anti bakteri, bawang putih juga mengandung banyak antioksidan.

Kandungan yang terdapat pada bawang putih membuatnya terkenal untuk digunakan sebagai anti virus, anti bakteri, dan anti jamur. Caranya adalah ambil bawang dan buang kulitnya, lalu potong menjadi bagian-bagian kecil, kemudian gosokkan pada bagian panu. Lakukanlah cara menghilangkan panu secara alami ini sehabis mandi.

3. Jeruk Nipis

Image unsplash.com/besluk

Jeruk nipis mempunyai senyawa Flavonoid yang merupakan antioksidan yang kuat. Anti-oksidan berfungsi untuk melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang merupakan molekul tak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Caranya campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis dengan 1 sdm belerang yang telah ditumbuk halus. Campurkan hingga keduanya menjadi krim. Oleskan pada panu, diamkan sampai mengering, lalu bersihkan dengan air hangat.

4. Lengkuas


Image tribunews.com

Selain berguna sebagai bumbu penyedap makanan, lengkuas juga mempunyai banyak kandungan yang berguna bagi kesehatan tubuh. Antara lain: sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, quercetin, galangin, dan masih banyak lagi. Anda pun bisa menggunakan lengkuas sebagai cara menghilangkan panu di tangan secara alami.

Caranya, ambil lengkuas dan potong menjadi beberapa bagian, lalu gosok-gosokkan pada permukaan kulit yang terkena panu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah cara menghilangkan panu ini setiap sehabis mandi.

5. Minyak Kelapa

Image unsplash.com/cooking in color

Minyak kelapa dapat meningkatkan resistensi terhadap jamur, virus,dan bakteri. Kandungan yang terdapat pada minyak kelapa yaitu kandungan asam lemak berfungsi dapat menghentikan pertumbuhan jamur penyebab panu. Anda tinggal mengoleskan minyak kelapa murni pada kulit yang terkena panu, diamkan hingga kering.

6. Blimbing Wuluh


Image tribunews.com

Cara menghilangkan panu selanjutnya adalah dengan menggunakan belimbing wuluh. Belimbing wuluh memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Belimbing wuluh mengandung glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat. Juga mempunyai sifat anti jamur yang mampu untuk menghilangkan panu. Caranya yaitu 1 buah belimbing wuluh, potong menjadi 4 bagian. Usap-usapkan belimbing wuluh pada bagian yang terkena infeksi jamur selama 5 menit. Biarkan mengering.

7. Cuka Apel 

image unsplah.com/photoripey

Cuka apel mengandung zat yang berguna sebagai anti-mikroba. Kandungan senyawa anti-mikroba ini akan membantu kulit untuk mengontrol pertumbuhan jamur. Caranya adalah dengan campurkan 1 sdm cuka apel dan 1 sdm air hangat. Ambil kapas lalu oleskan pada panu. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

8. Yoghurt

Image unsplash.com/irinagrigorash

Yogurt mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh. Yaitu: protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6, dan vitamin B12 yang berguna untuk kesehatan. Caranya, oleskan yoghurt pada kulit yang terkena jamur. Diamkan setidaknya 20 sampai 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Demikianlah Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat dengan Bahan Alami. Semoga bermanfaat.
Top