Cara Menaikkan Trombosit Dalam Tubuh Dengan Alami

 17 May 2019  Wahyu Fajar
Cara Menaikkan Trombosit Dalam Tubuh Dengan Alami

Image Source: liputan6.com

Bagaimana cara menaikkan trombosit? Trombosit adalah salah satu komponen tubuh yang cukup penting dan harus selalu dijaga. Jumlah trombosit yang rendah sangat berbahaya, apalagi bagi penderita demam berdarah. Sebenarnya ada cara alami yang bisa Anda coba untuk menaikkan trombosit dalam tubuh Anda.

Trombosit merupakan komponen darah dalam bentuk keping sel yang berperan utama dalam proses pembekuan darah. Jika ada pembuluh yang rusak, maka trombositlah yang akan menjadi penutupnya melalui pembentukan benang-benang fibrin sehingga akhirnya menjadi solusi alami dari kerusakan.

Oleh karena itu, orang yang memiliki trombosit rendah jarang sekali menyadarinya sehingga tak melakukan cara menaikan trombosit secara tradisional. Temukan berbagai cara menaikkan trombosit secara alami dan cepat tanpa obat yang bisa ditempuh untuk mengatasi penurunan atau kekurangan trombosit dalam artikel ini.

Apa cara menaikan trombosit? Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan jumlah trombosit kamu! Simak penjelasannnya dalam artikel ini.

Baca Juga:

Cara menaikkan trombosit melalui bahan makanan sehat

1. Jambu biji

Bagaimana cara menaikkan trombosit dengan cepat? Mungkin banyak yang sudah tahu jika jambu biji dapat digunakan sebagai cara menaikkan trombosit. Ketika ada teman atau saudara yang sedang sakit demam berdarah, biasanya orang yang menjenguknya membawakan buah jambu biji. Mengapa demikian? Hal ini karena buah jambu biji kaya akan vitamin C. Yang berguna untuk meningkatkan trombosit Anda, untuk mengkonsumsi jambu biji ini Anda bisa memakannya secara langsung atau dibuat jus.

2. Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang mudah dijumpai serta kaya akan vitamin K yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga bayam dapat disebut sebagai cara menaikkan trombosit. Cara menaikkan trombosit menggunakan daun bayam ini cukup mudah. Rebus 5 daun bayam (secukupnya saja) dengan 2 gelas air. Rebus hingga air menguap dan tinggal 1 gelas, kemudian minum airnya. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Biji-bijian

Vitamin B9 merupakan vitamin yang ada hampir pada semua biji-bijian. Selain itu, biji-bijian ini juga dapat menjadi cara menaikkan trombosit dalam darah Anda. Mengkonsumsi rutin biji-bijian akan menaikkan trombosit Anda dengan cepat untuk mencegah penyakit datang.

4. Kacang-kacangan

Almond, kacang tanah, walnut, pistachio, merupakan contoh kacang-kacangan yang mengandung vitamin D, K, dan fibrinogen. Vitamin tersebutlah yang membantu penyerapan kalsium sehingga bisa jadi cara menaikkan trombosit.

Cara menaikkan trombosit dari perilaku dan gaya hidup sehat

1. Mengkonsumsi makanan sehat

Cara menaikkan trombosit pada tubuh Anda yang pertama yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Rajin mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang diolah dengan cara yang baik pula seperti sayuran dan buah-buahan juga akan mendukung trombosit Anda naik.

2. Tidak mengkonsumsi makan tidak sehat

Cara menaikkan trombosit kedua adalah dengan tidak mengonsumsi makanan tidak sehat. Makanan olahan terutama yang berminyak, gula halus, dan junk food, minuman beralkohol serta berkafein sebaiknya perlu dihindari. Hal tersebut akan dapat menyebabkan jumlah trombosit menurun karena terhambatnya produksi trombosit oleh sumsum tulang.

3. Konsumsi makanan mengandung vitamin B12 dan asam folat

Salah satu vitamin yang berperan penting dalam cara menaikkan trombosit adalah vitamin B12 dan asam folat. Contoh makanan yang kaya akan asam folat seperti bayam, jeruk, kacang. Selain itu, makanan kaya vitamin B12 antara lain telur, susu, keju, hati ayam, daging kambing, dan masih banyak lainnya.

4. Konsumsi makanan mengandung asam lemak omega-3

Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 pasti sudah banyak yang tahu, salah satunya adalah telur omega 3 ataupun beberapa jenis ikan lainnya. Makanan yang mengandung omega-3 bisa juga berasal dari minyak ikan dan minyak biji rami. Asam lemak omega-3 dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjadi cara menaikkan trombosit.

5. Konsumsi makanan kaya akan vitamin C

Suplemen vitamin C merupakan cara menaikkan trombosit yang cukup mudah ditemukan pada buah jeruk. Mengkonsumsi vitamin C akan memperkuat sistem kekebalan tubuh serta menaikkan trombosit secara alami.

6. Minum air hangat

Nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap dengan baik jika Anda rutin minum air hangat. Dan ternyata minum air hangat ini ampuh sebagai cara menaikkan trombosit.

7. Perbanyak minum air mineral

Sel darah terbuat dari air dan protein, hal tersebut ada kaitannya dengan minum air mineral. Maka dengan minum banyak air, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah dan bisa menjadi cara menaikkan trombosit yang alami juga.

Nah, itulah berbagai cara menaikkan trombosit Anda, terutama bagi orang yang sedang menderita gejala demam berdarah. Apabila trombosit tak kunjung naik periksakan segera kedokter untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara menaikkan trombosit dengan cepat. Semoga bermanfaat.