10 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Komentar
manfaat daun jambu biji
Image Source: pertanianku.com

Salah satu buah yang sudah dikenal kaya manfaat adalah jambu biji. Rasanya yang manis menjadikan buah ini cocok untuk jus buah maupun dimakan langsung. Namun tidak hanya buah, daun jambu biji ternyata juga memiliki banyak manfaat. Buah jambu biji merupakan salah satu buah yang dikenal punya beragam vitamin yang diperlukan untuk tubuh.

Apa saja khasiat daun jambu biji? Banyak produsen pada bidang farmasi yang menggunakan ekstrak daun jambu biji untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Selain manfaat jambu biji yang sering digunakan sebagai bahan jus. Anda mungkin sudah tahu ragam manfaat kesehatan dari buah jambu biji. Namun, tahukah Anda kalau daun jambu biji juga bermanfaat bagi kesehatan?

Daun jambu biji memberikan berbagai manfaat kesehatan. Bahkan, daun jambu biji dapat digunakan seperti obat karena dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan memberikan ragam manfaat dari daun jambu biji yang dikenal dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Baca Juga:

Manfaat daun jambu biji bagi kesehatan

1. Mengatasi diare

Apa saja manfaat daun jambu biji? Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan yang pertama adalah mengatasi diare. Daun jambu biji telah dikenal luas sebagai obat alamiah yang akan sangat manjur mengatasi diare. Tak perlu harus mengunyah daun jambu biji yang tentu tidak akan nikmat dimakan, kita bisa mendapatkan ekstrak jambu biji di apotek-apotek terdekat untuk diminum saat kita mengalami diare, khususnya diare akut. Selain itu, pakar kesehatan juga menemukan fakta menarik bahwa kandungan alami daun jambu biji ternyata akan sangat efektif dalam menekan frekuensi dan keparahan dari buang air besar diare.

2. Mencegah diabetes

Beberapa jenis penyakit berbahaya ternyata juga bisa dicegah dengan mengonsumsi daun jambu biji. Pakar kesehatan menyebutkan jika ekstrak daun jambu biji bisa mencegah munculnya penyakit diabetes. Hal ini terjadi karena daun jambu biji ternyata kaya akan serat sehingga penyerapan gula dalam darah pun akan cenderung bisa menjadi lebih lambat dan tidak akan menimbulkan diabetes. Sangat penting bukan manfaat daun jambu biji sebagai pencegah diabetes ini?

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Menumpuknya kadar kolesterol dalam tubuh tentu bisa membawa berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Dengan banyak mengkonsumsi daun jambu biji, kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam pembuluh darah yang berlebihan dapat diturunkan secara siginfikan, sehingga secara tidak langsung hal tersebut dapat mencegah penyakit penyumbatan darah, serangan jantung, atau stroke.

4. Zat anti kanker dan tumor

Apa manfaat daun jambu biji untuk kesehatan? Manfaat daun jambu biji bagi kesehatan yang selanjutnya adalah sebagai zat anti kanker dan anti tumor. Daun jambu biji ternyata memiliki zat anti kanker dan anti tumor layaknya likopen atau quercetin yang melengkapi vitamin C untuk melawan berbagai antioksidan dan radikal bebas. Beberapa jenis penyakit kanker layaknya kanker lambung, kanker prostat, kanker payudara, atau kanker mulut bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji.

5. Menyembuhkan sakit gigi dan gusi

Penyakit gigi dan gusi tentunya dapat mengganggu kelancaran aktivitas sehari-hari. Namun, ada kalanya penyakit gigi dan gusi muncul secara tiba-tiba hingga tak bisa dihindari. Jika Anda sedang mengalami sakit gigi dan gusi, ada baiknya jika Anda memanfaatkan daun jambu biji untuk menyembuhkannya. Ekstrak daun jambu biji memiliki zat anti inflamasi sehingga bisa meredakan sakit gigi dan gusi yang sedang Anda alami.

6. Mengobati alergi

Anda sering merasa terganggu dengan penyakit alergi? Jika Anda sering mengalami alergi yang merugikan, tentu Anda harus segera mencari obatnya. Manfaat daun jambu biji selanjutnya yang bisa Anda ambil adalah mengobati alergi. Daun jambu biji memiliki zat yang sangat bermanfaat untuk mengobati alergi, yaitu histamin. Maka, jika Anda mengalami alergi, Anda dapat mengonsumsi ekstrak daun jambu biji untuk menyembuhkannya.

7. Mengobati penyakit bronkitis

Penyakit bronkitis adalah penyakit pernapasan yang membutuhkan penanganan tepat. Daun jambu biji merupakan obat alami untuk penyakit bronkitis. Manfaat daun jambu biji bagi kesehatan terkait dengan penyembuhan penyakit bronkitis adalah dapat mengencerkan lendir dalam saluran pernapasan, membuka paru-paru, dan melegakan napas.

8. Mencegah perdarahan pada demam berdarah

Perdarahan yang terjadi pada demam berdarah bisa berujung fatal jika tidak lekas ditangani. Untuk mencegah perdarahan pada pasien demam berdarah, trombosit dalam darah perlu dinaikkan agar perdarahan tidak terjadi. Manfaat daun jambu biji bagi kesehatan untuk penyakit demam berdarah adalah mampu menaikkan jumlah trombosit secara signifikan. Manfaat daun jambu biji bagi kesehatan ini sudah lama dikenal di masyarakat, sehingga daun jambu biji juga disebut sebagai obat herbal yang paling ampuh untuk demam berdarah.

9. Turunkan berat badan

Anda sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan? Jika benar, Anda bisa memanfaatkan konsumsi ekstrak daun jambu biji untuk membantu menurunkan berat badan Anda. Manfaat daun jambu biji bagi kesehatan yang terkait dengan penurunan berat badan berhubungan dengan khasiatnya untuk mencegah dipecahnya pati kompleks menjadi gula. Konsumsi ekstrak daun jambu biji secara rutin jika Anda sedang melakukan program penurunan berat badan.

10. Meningkatkan kualitas sperma

Bagi mereka yang tengah menjalani program untuk memiliki buah hati, menjaga kualitas sperma sangat penting agar pasangan segera hamil. Manfaat daun jambu biji bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk meningkatkan kualitas sperma. Manfaat daun jambu biji bagi kesehatan yang ke-10 ini tentunya akan membawa dampak positif untuk keharmonisan rumah tangga.

Nah, itulah manfaat daun jambu biji bagi kesehatan. Setelah mengetahui besarnya manfaat daun jambu biji bagi kesehatan, masih ragukah Anda untuk mengonsumsi daun jambu biji ini?

Demikian apa manfaat daun jambu biji untuk kesehatan agar menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.
Top