5 Tempat Bersejarah yang Disinggahi Rasulullah Saat Isra' Mi'raj

Komentar

Sumber gambar Tribunnews.com

No 1 Menjadi Impian Semua Orang

Hari ini bertepatan dengan malam Isra' Mi'raj, malam yang sangat bersejarah bagi umat islam seluruh dunia. Bila ditilik dari asal usulnya hari yang jatuh pada 27 Rajab ini merupakan bagian kedua dari perjalanan Nabi Muhammad SAW.

Dalam perjalanannya selama satu malam, Nabi Muhammad mendapatkan perintah untuk menunaikan salat lima waktu yang kemudian menjadi rukun Islam.

Di sisi lain, selama melakukan perjalanan, ada beberapa tempat yang disinggahi oleh Nabi Muhammad. Tempat-tempat bersejarah itu kemudian menjadi destinasi wisata religi yang kini diminati oleh umat Muslim. Apa sajakah tempat-tempat tersebut?

Berikut wajibbaca.com merangkumnya untuk kalian, bebarapa tempat yang disinggahi Rasulullah saat Isra' Mi'raj.


Sumber gambar charismainsani.id

1. Masjidil Haram

Ada cerita yang mengisahkan sebelum peristiwa isra atau keberangkatan dada Nabi Muhammad dibelah dan dibersihkan oleh Malaikat Jibril menggunakan air zamzam. Peristiwa ini terjadi di Masjidil Haram, Mekkah. Saat melakukan ibadah umrah atau haji, sudah pasti umat Muslim akan mengunjungi masjid ini.


Sumber gambar zurich.co.id

2. Madinah

Tempat selanjutnya yang disinggahi oleh Nabi Muhammad adalah Yastrib yang kemudian dikenal dengan nama Madinah. Di sana Malaikat Jibril mengatakan kepada Nabi Muhammad kota tersebut merupakan tujuan hijrah.

Baca juga:

  1. Doa Malam Isra' Miraj Lengkap Dengan Arti dan Hikmah Dibalik Peristiwa Ini
  2. Seorang Ibu Tidur Diatas Makan Anaknya, Ini Penyebab Anaknya Meninggal

3. Gunung Sinai

Tempat lain yang ditunjukkan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad selama melakukan perjalanan adalah Gunung Thursina atau Gunung Sinai. Dikatakan gunung ini merupakan tempat di mana Allah berbicara langsung dengan Nabi Musa dan memiliki ketinggian mencapai 2285 meter.

4. Bethlehem

Dalam perjalanan menaiki buraq, Nabi Muhammad juga sempat singgah di Bethlehem. Dikatakan tempat tersebut merupakan tempat kelahiran Nabi Isa.

5. Masjidil Aqsa

Perjalanan Nabi Muhammad sampai juga di Masjidil Aqsa yang merupakan masjid tertua setelah Masjidil Haram. Di sana terdapat Baitul Maqdis yang merupakan tempat Nabi Muhammad berangkat menuju Sidratul Muntaha dengan cara melewati langit yang berlapis-lapis dan bertemu dengan para nabi.

Kemudian dilanjutkan dengan menghadap Allah dan menerima perintah salat lima waktu.

Begitulah tadi 5 Tempat Bersejarah yang Disinggahi Rasulullah Saat Isra' Mi'raj. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sudah membacanya, dan admin sangat bereterima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca artikel yang admin tulis dari awal hingga akhir.

Berikan tanggapan kalian dikolom komentar mengenai artikel yang sudah admin tulis.
Top