Doa Malam Isra` Miraj Lengkap dengan Arti Serta Hikmah Dibaliknya

Penulis Penulis | Ditayangkan 02 Apr 2019




sumber gambar tribunnews.com

Jangan sia-siakan malam berlalu begitu saja.

Malam Isra Miraj adalah malam yang istimewa bagi Umat Islam. 

Sebab bertepatan dengan malam tersebut, turun perintah sholat untuk Umat Islam. 

Berikut adalah amalam malam Isra’ Miraj dan doa yang dipanjatkan di malam mulia tersebut. 

Malam Isra Miraj selalu diperingati Umat Islam pada tanggal 27 Rajab dalam kalender Hijriyah. 

Isra Miraj adalah salah satu kejadian penting bagi Umat Islam. 

Dikisahkan pada peristiwa Isra Miraj tersebut Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Mekkah ke Masjidil Aqsa dan dinaikkan ke langit sampai pada Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. 

Saat itulah kemudian Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan shalat lima waktu. 

Kisah Isra Miraj dengan gamblang diceritakan dalam Al Quran surat Al Isra ayat 1: 

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلاً مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الأَقْصَى 

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha” Al Isra’:1 

Makna Isra Miraj 

Secara bahasa, Isra’ berasal dari kata ‘saro’ yang berarti perjalanan di malam hari. 

Adapun secara istilah, Isra` adalah perjalanan Rasulullah SAW bersama Jibril dari Mekkah ke Baitul Maqdis (Palestina). 

Sementara itu Miraj secara bahasa berarti adalah suatu alat yang dipakai untuk naik. 

Adapun secara istilah, Mi’raj bermakna tangga khusus yang digunakan oleh Rasulullah SAW untuk naik dari bumi menuju ke atas langit.

Peristiwa Isra Miraj artinya perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW dari Masjid Haram ke Masjid Aqsha yang sangat ajaib. 

Dalam tempo singkat kurang dari semalam Nabi berhasil menembus lapisan-lapisan spiritual yang amat jauh bahkan hingga ke puncak yakni Sidratil Muntaha. 

Walaupun terjadi dalam sekejap, tetapi memori Rasulullah SAW berhasil menyalin pengalaman spiritual yang sangat sarat makna dari sana.

Mulai dari perjalanan horizontalnya (ke Masjid Aqsha) sampai perjalanan vertikalnya (ke Sidratil Muntaha). 

Pengalaman dan pemandangan dari langit pertama hingga langit ketujuh dan sampai ke Sidratil Muntaha.

Dalam peristiwa itulah, spiritualitas Rasulullah diisi dengan spirit luar biasa sehingga malaikat Jibril sebagai panglima para malaikat juga tidak sanggup menembus puncak batas spiritual tersebut. 

MasyaAllah inilah kehendak Allah untuk Nabi Muhammad SAW.

Amalan Isra Miraj

Ada sejumlah amalan Isra Miraj dan doa malam Isra Miraj yang dianjurkan untuk dibaca pada malam tersebut. 

Wajibbaca.com akan merangkumnya untuk kalian, doa dan amalan Isra Miraj yang bisa dilakukan. 

1. Doa malam isra miraj 

Amalan Isra Miraj yang dianjurkan dan diutamakan adalah doa malam Isra Miraj. 

Al-Arif Billah Sayyidi Imam Muhammad Bin Abdul Wahid anNazhifiy (1270 H-1366 H) menjelaskan: 

“Siapa saja yang membaca doa ini pada malam 27 Rajab, akan Allah SWT ijabah segala doanya, diangkat kedudukannya dan dihidupkan hatinya dengan aneka kebaikan.”

Berikut adalah bunyi doa malam Isra Miraj yang dianjurkan untuk dibaca: 

 اللهُمَّ اِنِّي أَسْأَلُكَ بِمُشَاهَدَةِ أَسْرَارِ الْمُحِبِّيْنَ، وَبِالْخَلْوَةِ الَّتِي خَصَّصْتَ بِهَا سَيِّدَ الْمُرْسَلِيْنَ، حِيْنَ أَسْرَيْتَ بِهِ لَيْلَةَ السَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ، أَنِ ارْحَمْ قَلْبِي الْحَزِيْنَ، وَتُجِيْبَ دَعْوَتِي يَا أَكْرَمَ اْلأَكْرَمِيْنَ.

Artinya :

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia para ahlul mahabbah dengan kemuliaan khalwat (pertemuan tersembunyi) yang hanya Engkau berikan kepada Nabi Muhammad pemimpin para Rasul ketika Engkau berikan kesempatan kepada beliau pada malam 27 Rajab, berikanlah hatiku yang sedang galau akan kasih sayang-Mu serta kabulkan doa-doaku, Wahai yang Maha memiliki kedermawanan.”

Pada saat malam dan siang tanggal 27 bulan Rajab, atau ketika malam Isra dan Mi’raj, kita dianjurkan untuk menghidupkan malam tersebut dengan memperbanyak ibadah, dzikir dan doa kepada Allah. 

Dalam buku Panduan Shalat Sunah Lengkap, KH. Muhammad Sholikhin menjelaskan bahwa di antara amalan yang dianjurkan saaat malam Isra Miraj adalah doa malam Isra Miraj berikut ini:

اَللَّهُمَّ طَهِّرْ لِسَانِيْ مِنَ اْلكَذِبِ وَقَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَعَمَلِيْ مِنَ الرِّيَاءِ وَبَصَرِيْ مِنَ اْلخِيَانَةِ فَأِنَّكَ تَعْلَمُ خَائِنَةَ اْلاَعْيُنِ وَمَا تُخْفِي الصُّدُوْرُ

Allohumma thohhir lisaanii minal kadzibi wa qolbii minan nifaaqi wa ‘amalii minar riyaa-i wa bashorii minal khiyaanati fa innaka ta’lamu khoo-inatal a’yuni wa maa tukhfish shuduuru. 

Artinya :

"Ya Allah, sucikanlah lisanku dari dusta, sucikanlah hatiku dari kemunafikan, sucikanlah amalku dari riya, sucikanlah penglihatanku dari khianat, sesunguhnya Engkau mengetahui pengkhianatan mata dan apa yang disembunyikan oleh hati."

2. Dzikir malam isra miraj 

Selain doa malam Isra Miraj, ada amalan Isra Miraj lainnya yang paling mudah untuk dilakukan yakni dengan membaca dzikir. 

Ada satu dzikir yang pernah diajarkan Nabi Ibrahim kepada Nabi Muhammad SAW saat Rasulullah mengalami perjalanan Isra Miraj. 

Dzikir Malam Isra Miraj yang dianjurkan dibaca ialah sebagai berikut: 

 لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّ

Laa haula walaa quwwata illa billah

Artinya :

"Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah."

Adapun Zikir dilihat dari yang diriwayatkan oleh Abu Ayyub Al Anshari ra.

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لَيْلَةَ أُسْرِىَ بِهِ مَرَّ عَلَى إِبْرَاهِيمَ فَقَالَ مَنْ مَعَكَ يَا جِبْرِيلُ قَالَ هَذَا مُحَمَّدٌ .فَقَالَ لَهُ إِبْرَاهِيمُ مُرْ أُمَّتَكَ فَلْيُكْثِرُوا مِنْ غِرَاسِ الْجَنَّةِ فَإِنَّ تُرْبَتَهَا طَيِّبَةٌ وَأَرْضَهَا وَاسِعَةٌ. قَالَ « وَمَا غِرَاسُ الْجَنَّةِ ». قَالَ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Artinya: 

“Rasulullah SAW pada malam Isra’, pernah melewati Nabi Ibrahim ‘alaihis salam.

Nabi Ibrahim ketika itu bertanya pada malaikat Jibril, “Siapa yang bersamamu wahai Jibril?” Ia menjawab, “Muhammad.”

Ibrahim pun mengatakan pada Muhammad, “Perintahkanlah pada umatmu untuk membiasakan memperbanyak (bacaan dzikir) yang nantinya akan menjadi tanaman surga, tanahnya begitu subur, juga lahannya begitu luas.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa itu ghirosul jannah (tanaman surga)?” Ia menjawab, “Laa hawla wa laa quwwata illa billah

(tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah).” (HR. Ahmad, 5: 418)

Hadis tersebut secara sanad dhaif, namun Syaikh Al-Albani berujar isi hadis itu shahih karena punya berbagai macam penguat.

Meski begitu, mayoritas ulama tidak mewajibkan agar zikir itu dibaca hanya di malam Isra Miraj.

Sebab dzikir itu bisa dibaca kapan saja dan dalam keadaan apa pun.

3. Memperbanyak Istighfar

Amalan Isra Miraj lainnya adalah memperbanyak membaca istighfar. Istighfar disebut sebagai doa yang paling mustajab. 

Saat hidup sedang susah, amalan istighfar bisa mengangkat kesusahan kita. 

Bulan Rajab disebut juga sebagai bulan istighfar karena Allah akan mengampuni seberapa pun banyaknya dosa yang kita lakukan. 

Salah satu amalan yang dianjurkan adalah membaca sayyidul istighfar saat pagi dan sore. 

Barang siapa yang membaca ini dan meninggal, maka ia akan dimasukkan ke dalam Surga: 

Adapun bacaan istighfar ialah sebagai berikut: 

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ وَأَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَعْتَرِفُ بِذُنُوبِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Artinya

“Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan berusaha selalu ta’at kepada-Mu, sekuat tenagaku Yaa Allah. Aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan yg kuperbuat. Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku, dan kuakui pula keburukan-keburukan dan dosa-dosaku. Maka ampunilah aku ya Allah. Sesungguhnya tidak ada yg bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Hikmah Isra Miraj 

  • Isra dan mi’raj adalah salah satu tanda yang menunjukkan kebesaran dan kemuliaan Allah Ta’ala.
  • Peristiwa ini juga menunjukkan keutamaan Nabi Muhammad SAW di atas seluruh nabi dan rasul.  
  • Isra dan mi’raj terjadi dengan jasad dan ruh beliau, dalam keadaan tidak tidur.
  • Allah adalah Dzat Yang Maha Tinggi, tinggi sifatnya dan tinggi Dzat-Nya. Allah berada di atas langit ketujuh, di atas ‘arsy-Nya, dan terpisah dari makhluk-Nya. Inilah aqidah kaum muslimin, aqidah ahlus sunnah wal jamaah dari dahulu hingga sekarang.
  • Mengimani perkara-perkara gaib yang disebutkan dalam hadis di atas, seperti: Buraq, Mi’raj, para malaikat penjaga langit, adanya pintu-pintu langit, Baitul Ma’mur, Sidrotul Muntaha beserta sifat-sifatnya, surga, Qolam (pena) yang menuliskan takdir, dan selainnya.
  • Diwajibkan meminta izin sebelum masuk ke rumah orang lain.
  • Ketika pemilik rumah bertanya kepada orang yang minta izin masuk dengan pertanyaan, “Siapa?” Maka orang tersebut harus menyebutkan namanya dan tidak menjawab dengan ucapan, “Saya”.
  • Penetapan tentang hidupnya para Nabi di kubur-kubur mereka. Akan tetapi dengan kehidupan barzakhiah, bukan seperti kehidupan mereka di dunia.Imam Al-Baihaqy telah mengarang satu kitab khusus berjudul Hayatul Anbiya`i fii Quburihim (“Hidupnya Para Nabi di Kubur-Kubur Mereka”).Syaikh Sholih Alu Asy-Syaikh menyebutkan dalam Syarh Al-‘Aqidah Ath-Thohawiyah beliau bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam dalam Mi’raj menemui ruh para Nabi kecuali Nabi Isa, karena beliau belum wafat.
  • Banyaknya jumlah para malaikat dan tidak ada yang mengetahui jumlah mereka kecuali Allah.

Itulah amalan Isra Miraj dan doa malam Isra Miraj beserta arti. 

Serta beberapa hikmah yang bisa diambil dari peristiwa Isra Miraj. 

 Semoga memberikan wawasan dan bermanfaat bagi pembaca. 

loading...