Doa Malam Isra' Miraj Lengkap Dengan Arti dan Hikmah Dibalik Peristiwa Ini

Komentar

Sumber gambar tribunnews.com

Di bulan April ini bertepatan dengan Isra' Mi'raj 2019, banyak keutamaan yang bisa diamalkan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meraih syafaat Rasulullah SAW.

Bacaan doa Isra Miraj 2019 beserta amalannya ini dilakukan pada malam Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab 1440 Hijriyah.

Isra Mi’raj yang diperingati tiap 27 Rajab, pada tahun 2019 ini, jatuh pada Rabu, 3 April 2019, tepat pada tahun 1440 H

Ada sejumlah amalan dan doa yang cocok dibaca malam Isra Miraj 2019. Wajibbaca.com akan merangkumnya untuk kalian, amalan baik yang bisa dilakukan dengan membaca doa malam isra' miraj.

Al-Arif Billah Sayyidi Imam Muhammad Bin Abdul Wahid anNazhifiy (1270 H-1366 H) mengatakan:

“Siapa saja yang membaca doa ini pada malam 27 Rajab, akan Allah Taala ijabah segala doanya, diangkat kedudukannya dan dihidupkan hatinya dengan aneka kebaikan.

Doa tersebut sebagai berikut:

اللهُمَّ اِنِّي أَسْأَلُكَ بِمُشَاهَدَةِ أَسْرَارِ الْمُحِبِّيْنَ، وَبِالْخَلْوَةِ الَّتِي خَصَّصْتَ بِهَا سَيِّدَ الْمُرْسَلِيْنَ، حِيْنَ أَسْرَيْتَ بِهِ لَيْلَةَ السَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ، أَنِ ارْحَمْ قَلْبِي الْحَزِيْنَ، وَتُجِيْبَ دَعْوَتِي يَا أَكْرَمَ اْلأَكْرَمِيْنَ.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia para ahlul mahabbah dengan kemuliaan khalwat (pertemuan tersembunyi)

yang hanya Engkau berikan kepada Nabi Muhammad pemimpin para Rasul ketika Engkau berikan kesempatan kepada beliau pada malam 27 Rajab, berikanlah hatiku yang sedang galau akan kasih sayang-Mu serta kabulkan doa-doaku, Wahai yang Maha memiliki kedermawanan.

Pelajaran Dari Kisah Isra’ dan Mi’raj

1. Isra dan mi’raj ini termasuk sebesar-sebesar tanda yang menunjukkan kebesaran dan kemuliaan Allah Ta’ala.

2. Peristiwa ini juga menunjukkan keutamaan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam di atas seluruh nabi dan rasul ‘alaihimus shalatu wassalam.

3. Isra dan mi’raj terjadi dengan jasad dan ruh beliau, dalam keadaan tidak tidur.

4. Keutamaan air zam-zam, yang digunakan Jibril untuk mencuci hati.

5. Allah adalah Dzat Yang Maha Tinggi, tinggi sifatnya dan tinggi Dzat-Nya. Allah berada di atas langit ketujuh, di atas ‘arsy-Nya, dan terpisah dari makhluk-Nya. Inilah aqidah kaum muslimin, aqidah ahlus sunnah wal jamaah dari dahulu hingga sekarang.

6. Mengimani perkara-perkara gaib yang disebutkan dalam hadis di atas, seperti: Buraq, Mi’raj, para malaikat penjaga langit, adanya pintu-pintu langit, Baitul Ma’mur, Sidrotul Muntaha beserta sifat-sifatnya, surga, Qolam (pena) yang menuliskan takdir, dan selainnya.

7. Diwajibkan meminta izin sebelum masuk ke rumah orang lain.

8. Ketika pemilik rumah bertanya kepada orang yang minta izin masuk dengan pertanyaan, “Siapa?” Maka orang tersebut harus menyebutkan namanya dan tidak menjawab dengan ucapan, “Saya”.

9. Penetapan tentang hidupnya para Nabi di kubur-kubur mereka. Akan tetapi dengan kehidupan barzakhiah, bukan seperti kehidupan mereka di dunia.

Imam Al-Baihaqy telah mengarang satu kitab khusus berjudul Hayatul Anbiya`i fii Quburihim (“Hidupnya Para Nabi di Kubur-Kubur Mereka”).

Syaikh Sholih Alu Asy-Syaikh menyebutkan dalam Syarh Al-‘Aqidah Ath-Thohawiyah beliau bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam dalam Mi’raj menemui ruh para Nabi kecuali Nabi Isa, karena beliau belum wafat.

10. Banyaknya jumlah para malaikat dan tidak ada yang mengetahui jumlah mereka kecuali Allah.

Begitulah tadi Doa Malam Isra' Miraj Lengkap Dengan Arti dan Hikmah Dibalik Peristiwa Ini. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sudah membacanya, dan admin sangat bereterima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca artikel yang admin tulis dari awal hingga akhir.

Berikan tanggapan kalian dikolom komentar mengenai artikel yang sudah admin tulis.
Top