Resep Tempe Bacem Jawa, Sederhana, Pedas, Enak dan Gurih

 01 Apr 2019  Khoirul Rizky F
Resep Tempe Bacem Jawa, Sederhana, Pedas, Enak dan Gurih

Image Source: sipendik.com

Penggemar tempe belum lengkap jika tidak mengenal bacem tempe. Rasanya yang sedikit manis dan aroma bumbunya akan selalu dirindukan bagi yang menikmatinya.

Selain itu, lauk sederhana tapi nikmat dan praktis untuk dibuat adalah salah satu ciri dari resep tempe bacem. Bumbunya terasa sampai kebagian dalam tempe, sehingga cocok untuk lauk makan.

Apalagi saat pagi hari enaknya makan masakan yang praktis dan tidak terlalu berat di lidah maupun perut. Oleh karena itu, tempe bacem ini bisa diandalkan menjadi salah satu menu masakan saat pagi hari.

Dan juga sangking cukup digemari banyak orang, hasil pencarian di google untuk resep tempe bacem. Terdapat sekitar 1.753 resep yang bisa diandalkan menjadi masakan rumahan yang mudah dibuat dan tentu saja enak. Dan juga masih banyak lagi varian resep tempe bacem enak lainnya!

Bahkan hasil pencarian di google, terdapat juga kumpulan resep dan bagaimana cara membuat tempe bacem dalam bahasa inggris dan juga dalam bahasa jerman. Oleh karena itu, anda sudah terbayang dengan kelezatannya?

Nah, bagi yang ingin membuat sendiri tempe bacem dirumah namun tidak mengetahui resep cara membuatnya. Tenang, pada kali ini kita akan membahas resep dan bagaimana cara membuat tempe bacem yang lezat.

Untuk masalah bahan-bahan yang digunakan terbilang cukup sederhana, seperti gula jawa, bawang merah dan putih, kecap manis, dan sebagainya. Jadi, tidak perlu khawatir untuk masalah bahan-bahan yang digunakan.

Langsung saja simak berikut ini resep dan cara membuat tempe bacem yang mempunyai cita rasa legit dan istiwewa, dengan cara termudah dan bisa anda coba langsung dipraktekkan di rumah.

Baca Juga:

Berikut Ini Resep dan Cara Membuat Tempe Bacem Jawa

Resep Tempe Bacem Jawa, Sederhana, Pedas, Enak dan Gurih

Image Source: mytempe.org

Bahan:

  • 2 potong tempe
  • 3 gelas air kelapa

Bahan Untuk Bumbu:

  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm gula merah
  • 1 sdt ketumbar
  • Serai, daun salam dan garam
  • 5 sdm Kecap Manis Bango
  • 2 cm lengkuas

Cara Membuatnya:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar.
  2. Memarkan lengkuas dan serai.
  3. Tumis semua bumbu masukan tempe dan air kelapa ungkep sampai air habis menggunakan api kecil biar bumbu benar benar meresap.
  4. Setelah matang goreng sebentar.
  5. Siap dihidangkan.

Demikian penjelasan diatas tentang resep dan cara membuat tempe bacem yang enak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!