Bangun Tidur Kulit Memar Kebiru-biruan Bukan Dijilat Jin, Ini Penjelasan Medis

 22 Apr 2019  Penulis
Bangun Tidur Kulit Memar Kebiru-biruan Bukan Dijilat Jin, Ini Penjelasan Medis

Sumber gambar Tribun Bali 

Pernahkah kalian saat terbangun di pagi hari lalu melihat dibeberapa bagian tubuh terdapat memar kebiru-biruan padahal tidak terjatuh. Memar yang muncul tiba-tiba ini banyak orang menganggap dijilat setan.

Jangan dipercaya itu hanya sebuah fiksi. Dalam ilmu kodekteran hal ini dapat dijelaskan dengan ilmu medis.

Ketika pembuluh darah kecil di bawah kulit robek atau pecah, paling sering karena benjolan atau jatuh. Darah bocor ke jaringan di bawah kulit dan menyebabkan warna yang kebiruan dan hitam.

Saat memar sembuh, biasanya dalam 2 sampai 4 minggu, mereka akan berubah warna termasuk hitam keunguan, biru kemerahan, atau hijau kekuningan.

Mengutip health.detik.com saat kulit mudah memar itu mungkin kalian tidak ingat jika apa yang menyebabkannya. Memar dengan mudah bukan berarti kalian memiliki masalah kesehatan yang serius jika hanya muncul sesekali saja.

Baca Juga:

1. Jangan Anggap Biasa Ibu Hamil Alami Keputihan, Bisa Picu Masalah Serius

2. 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Cepat

Meskipun demikian, kondisi seperti ini bisa menyebabkan tubuh mudah memar-memar tanpa sebab. Memar biru yang muncul tiba-tiba dapat disebabkan oleh:

  1. Obat, seperti aspirin atau pengencer darah
  2. Infeksi
  3. Gangguan pembekuan darah seperti hemofilia, penyakit won Willebrand, trombositopenia atau gangguan pembekuan darah lainnya.
  4. Penyakit hati, sirosis, leukimia atau multiple myeloma
  5. Malnutrisi seperti kekurangan vitamin B12, c, K, atau asam folat

Begitulah tadi Bangun Tidur Kulit Memar Kebiru-biruan Bukan Dijilat Jin, Ini Penjelasan Medis. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sudah membacanya.

KOMENTAR